Tampilan Baru Yamaha XTZ250 2023, Tantang Suzuki V-strom 250?

Warungasep.net – Yamaha Brasil memang selalu punya line up produk yang beda dari negara lainnya, termasuk di segmen motor adventure bisa dibilang paling lengkap dari mulai 150cc, 250cc hingga moge, semua ada. Dan kali ini kita akan kenalan dengan produk sport adventure mereka di kelas 250cc yang diberi nama Yamaha XTZ250 yang untuk versi 2023 mendapat update tampilan baru. Wah, apakah motor ini akan jadi pesaing Suzuki V-strom 250 SX ?

Motor adventure Yamaha ini punya nama lain Yamaha Lander 250, Walaupun pakai spakbor depan menggantung, velg pakai spoke wheel dan knalpot undertail ala motor trail , tapi Desainnya berbeda dengan Yamaha WR series dengan kaki-kaki buat garuk tanah, Yamaha XTZ series ini lebih kearah motor dual purpose yang tak hanya bisa digunakan di lintasan off road tapi juga dibuat nyaman di jalan on road. tak hanya punya tampang macho khas motor penjelajah tapi juga punya fitur-fitur modern yang tak kalah dengan motor-motor di kelasnya, Salah satunya fitur rem ABS dual channel.

Tak hanya rem ABS, XTZ 250 ini sudah pakai lampu depan dan juga lampu rem LED, Oh ya, lampu depannya mirip headlamp Yamaha Byson FI lawas di India, kemudian speedometernya pun sudah LCD digital, kemudian punya jok yang lebih nyaman disertai grip belakang.

Pihak Yamaha Brasil menyebutnya jika XTZ 250 teranyar ini dirancang supaya terlihat gagah dan tangguh seperti Yamaha XT660R tapi punya kenyamanan seperti Yamaha Tenere series dengan jok yang dibuat lebih empuk dan nyaman. Itu terlihat dari stripe grafis baru versi 2023 dengan tulisan Yamaha Lander XTZ250 1996 yang legendaris. Ditambah lagi dengan ukuran tanki BBM yang lebih besar hingga muat 13,5 liter BBM yang siap untuk diajak menjelajah jarak jauh.

Bagaimana dengan spesifikasi mesinnya?
Motor ini merupakan diversifikasi daripada Yamaha Fazer 250, dimana memiliki mesin 250cc 1 silinder SOHC oil cooler yang jika menggunakan bahan bakar jenis Ethanol mampu mencapai power puncak 20,9 hp pada 8.000 rpm. Detail lainnya, motor ini memiliki suspensi depan berdiameter 41 mm, dan untuk kaki-kaki menggunakan ban Metzeler TOURANCE dengan ukuran 80 / 90-21 di depan dan 120 / 80-18 di bagian belakang serta bobot yang cukup ringan hanya 142 Kg saja.

Terakhir, harga Yamaha Lander XTZ250 versi 2023 ini dibanderol R$ 23.290.00 atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. Dan motor ini dijual dalam 3 pilihan warna antara lain warna Fire Red (Merah), Competition Blue (Biru) dan Dakar Areia (Beige).

Nah, apakah motor ini hadir sebagai pesaing Suzuki V-strom 250 SX? Ya, walaupun memiliki konsep desain, segmentasi dan spek yang setara tapi Yamaha XTZ250 ini bukan sebagai pesaing V-strom, melainkan sebagai pesaing Honda XRE300, Karena saat ini V-strom 250 tidak atau mungkin belum dijual di Brasil, semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!