Warungasep.net – GPX Racing hari ini merilis GPX Drone 150 versi 2023. Maxi skutik produk lokal Thailand ini hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh dan tentunya menyesuaikan trend dari negeri asalnya. Pesaing Nmax dan PCX di segmen skutik besar 150cc ini hadir dalam 3 varian baru, banderol harga termurah dari skutik ini adalah Rp. 31,5 jutaan. Lalu apa keunggulannya? yuk kita intip lebih detail…

Bicara soal desainnya, GPX Drone 150 ini seperti perpaduan beberapa desain maxi skutik Jepang, sebut saja bagian tengahnya mirip dengan PCX, bagian body samping depan mirip Forza, dan tampang depan-nya terlihat seperti Maxi skutik Yamaha, terutama desain tail light yang terpisah.

Buat kalian yang belum tahu, skutik ini adalah hasil kolaborasi antara pabrikan lokal GPX dengan perusahaan otomotif raksasa asal Taiwan, San Yang Motor atau yang lebih kita kenal dengan SYM.

GPX DRONE 150 Skutik kolaborasi GPX Thailand dan SYM Taiwan

GPX DRONE 150

Itu terlihat dari bagian crankcase CVT skutik ini terdapat tulisan embose SYM. Kolaborasi mereka terwujud antara GPX yang mengembangkan desain sedangkan SYM tentunya sudah sangat advance banget soal teknologi mesin dengan beragam macam produknya yang sudah mendunia.

Hasil kolaborasi tersebut membuat baik GPX dan SYM memiliki nama produk masing-masing, yang menarik produk mereka juga di ekspor ke Eropa, sebut saja untuk pasar Taiwan skutik ini punya nama berbeda yakni SYM Jet-X 150, sedangkan yang dijual di Eropa hadir dalam varian mesin yang lebih kecil yakni 125cc.

Baca : SYM JET-X 125, Rebadge GPX Drone Untuk Pasar Eropa

Oh ya, GPX Drone ini bisa dibilang hadir sebagai pesaing eksistensi maxi skutik Jepang yang sudah hadir sebelumnya yaitu PCX150 dan juga Nmax 155. Karena GPX Drone ini mengusung mesin 149,6cc 1 silinder SOHC 2 klep berpendingin cairan. Sayangnya, untuk detail output power dan torsinya tidak diumumkan. Bobot motor ini mencapai 150 kg, tinggi jok 780 mm, kapasitas tanki 7,5 liter dan tak lupa ukuran kaki-kakinya tidak jauh beda dengan PCX yakni menggunakan velg 14 inch dengan ukuran 110/90 untuk depan dan 110/80 untuk belakang.

Salah satu keunikan dari maxi skutik ini ada pada bagian fiturnya, pemirsa bisa lihat gambar diatas… Rem belakang skutik ini sudah pakai cakram dengan sytem pengereman CBS, tapi yang unik adalah posisi cakramnya berada di bagian dalam sisi kiri dekat CVT, bukan diluar bagian kanan seperti maxi skutik pada umumnya.

Fitur-fiturnya juga terbilang canggih ya, sebut saja sudah pakai lampu depan, lampu belakang, lampu sein dan DRL LED. Panel speedometer digital full colors, tapi bukan TFT. punya dua USB Socket charger di bagian gloves box depan dan juga untuk versi tertingginya sudah pakai keyless ignition.

Tapi, ada yang aneh dengan maxi skutik ini adalah posisi tanki-nya yang berada dibawah jok, walaupun begitu bagasinya cukup luas hingga bisa muat helm full face. Lha, jika tankinya dibelakang lalu, di bagian tengah tempat biasanya tanki, jadi apa dong? Nah, kalo itu belum tahu juga sih, hehe…

Terakhir, pihak GPX Thailand menjual Drone 150cc ini dalam 3 varian, diantaranya tipe standar yang masih pakai kunci mekanis biasa dibanderol 77,500 Baht atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 31,5 jutaan, varian termurah ini dijual dalam 1 pilihan warna yakni warna biru, kemudian ada varian keyless atau smartkey dengan warna yang lebih ngejreng dan menyala yakni warna master green atau hijau dan energetic red yakni warna merah. Dan varian paling mahal hadir dalam varian special edition dengan warna yang lebih mewah dan dibanderol lebih mahal mencapai 79,500 Baht.

Nah, kira-kira jika seandainya maxi skutik GPX ini hadir di Indonesia, pastinya maxi skutik di kelas 150cc gak cuma PCX vs Nmax atau ADV150 vs Aerox saja nih, tapi sayangnya gak ada tanda tanda GPX ini masuk ke tanah air, kecuali ke Malaysia saja. semoga kepengen…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!