New Yamaha XMAX 300 2023 Rilis di Eropa, Skutik Pertama Yang Punya Fitur GPS Garmin

Warungasep.net – Beberapa hari menjelang pameran EICMA Milan, Yamaha Eropa merilis New Yamaha Xmax 300 versi 2023. Tak hanya tampil dengan wajah baru, tapi juga dilengkapi fitur-fitur canggih dan lengkap, salah satu yang menarik adalah maxi skutik Yamaha buatan Indonesia ini menjadi pelopor fitur GPS Garmin on board di panel speedometer TFT digital full warna, hmmm… Ini sih jadi fitur yang belum dimiliki lawannya di kelas yang sama, khususnya untuk produk skutik Jepang.

Pertama kita bahas desainnya, Ada beberapa perubahan radikal dari desain fisiknya, yang paling kentara adalah perubahan tampangnya. Pihak Yamaha menyebutnya sebagai perubahan X-shaped radikal LED headlight, itu terlihat dari bentuk headlamp yang dikombinasikan dengan DRL LED berbentuk kumis lele yang sekilas membentuk siluet huruf X jika dilihat dari depan. Perubahan juga terdapat pada sektor body belakang yang lekukannya lebih sporty dan juga jok yang dibuat lebih tebal dan bertumpuk, pastinya bakal lebih nyaman nih..

Perubahan lainnya terdapat pada posisi lampu sein depan yang tidak lagi dibawah, melainkan pindah ke bagian samping windshield. Terlihat lebih canggih dan futuristik. Serta perubahan lampu belakang yang lebih miring kebelakang. Tapi secara keseluruhan, walaupun banyak perubahan tapi masih mempertahankan karakter desaian Xmax yang khas dan bergaya sporty Eropa banget.

Fitur New Xmax 2023

Untuk membuatnya menjadi yang terbaik di kelasnya, Yamaha menambahkan beberapa fitur baru yang lebih canggih dan modern, sebut saja diantaranya :

  • Lampu semua LED, baik lampu depan, belakang dan lampu seinnya.
  • Adjustable screen and handlebar, fitur ini gak lagi menjadi ekslusif punya Forza, karena Xmax juga kini punya fitur ini.
  • Traction Control System atau TCS
  • Smartkey system
  • Smartphone Connectivity MyRide app
  • LCD panel speedometer(tipe standar)
  • TFT panel speedometer with onboard navigation system dari Garmin (tipe TechMax)

Nah, yang menarik ternyata Xmax ini punya 2 model panel speedometer, untuk tipe standar masih pakai panel speedometer LCD digital biasa, menggantikan model analog di versi sebelumnya. Sedangkan yang punya fitur GPS Garmin adalah varian special edition atau Yamaha Xmax 300 Techmax.

Varian tertinggi Xmax ini memiliki 2 buah panel speedometer bertumpuk, yang paling atas menampilkan kecepatan, fuel meter dan odometer dengan yara LCD biasa, sedangkan yang bawah layarnya TFT warna yang bisa menampilkan peta GPS garmin secara realtime jika dihubungkan ke aplikasi di smartphone lewat aplikasi Myride dan juga Garmin StreetCross app.

Bagaimana dengan mesinnya? Sepertinya Yamaha tidak melakukan perombakan di sektor mesin. Jika meihat tabel spesifikasi di situs resmi mereka, skutik pesaing Honda Forza  350 dan Suzuki Burgman 400 ini masih mengusung mesin 292cc 1 silinder SOHC 4 klep Blue Core Euro 5 berpendingin cairan. power maksimumnya berada di angka 20.6 kW @ 7,250 rpm dan Tosri sebesar 29.0 Nm @ 5,750 rpm.. Untuk lebih lengkapnya simak dibawah ini :

Spesifikasi Yamaha Xmax 300 2023 Eropa :

Engine type : Single cylinder, liquid-cooled, 4-stroke, SOHC, 4-valves
Displacement : 292cc
Bore x stroke : 70.0 mm x 75.9 mm
Compression ratio : 10.9 : 1
Maximum power : 20.6 kW @ 7,250 rpm
Maximum torque : 29.0 Nm @ 5,750 rpm
Lubrication system : Wet sump
Fuel system : Fuel Injection
Ignition system : TCI
Starter system : Electric
Transmission system : V-Belt Automatic
Front suspension system : Telescopic forks
Front travel : 110 mm
Rear suspension system : Unit Swing
Rear travel : 79 mm
Front brake : Hydraulic single disc, Ø 267 mm
Rear brake : Hydraulic single disc, Ø 245 mm
Front tyre : 120/70-15
Rear tyre : 140/70-14
P x l x t : 2,185 mm x 775 mm x 1,415 mm (adjustable screen 1,465mm)
Seat height : 795 mm
Wheelbase : 1,540 mm
Minimum ground clearance : 135 mm
Wet weight : 183 kg
Fuel tank capacity : 13 litres

Terakhir, untuk harga New Yamaha Xmax 300 versi 2023 ini belum diumumkan tapi untuk pasar Eropa sana dijual dalam 2 tipe diantaranya tipe standar yang punya 2 pilihan warna yakni abu-abu atau grey dan biru yang punya ciri khas velg biru, sedangkan untuk varian special Techmax punya 2 pilihan warna yakni warna Dark Petrol yang bernuansa hijau doff dengan velg emas dan satu lagi warna hitam doff yang sangar, berikut foto studionya :

Yamaha Xmax 300 2023 STD Icon Blue

Yamaha Xmax 300 2023 STD Sonic Grey

Yamaha Xmax 300 2023 TechMax Dark Petrol

Yamaha Xmax 300 2023 Techmax Tech Black

Nah, kabarnya selain hadir di Eropa New Xmax baru yang punya fitur canggih ini akan dijual juga di Indonesia, wajar saja karena disini merupakan basis produksinya. Tapi apakah juga akan punya fitur GPS dan TFT warna? Bikin penasaran… Dan pastinya akan sangat ditunggu banget nih, kita tunggu saja di pameran IMOS 2022 bentar lagi nih, semoga kepengen…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!