Warungasep.net – Kayaknya motor-motor baru Yamaha lebih mengedepankan teknologi nih disemua produknya, gak cuma di segmen moge saja tapi di kelas entry juga tak luput dari sentuhan modernisasi. Salah satunya adalah Yamaha R125 2023 yang kemarin rilis di Eropa. Biarpun cuma motor sport di kelas 125cc tapi sudah dijejeali fitur canggih ala Superbike Yamaha R1, bahkan desainnya pun berubah radikal menjadi radikal ala Moge Yamaha R7. Penasaran sebengis apa? Yuk kita ungkap lebih detail…

Pertama dari segi desain, seperti yang kita tahu jika Yamaha R125 ini merupakan kembaran Yamaha R15 untuk pasar Eropa. Jadi ketika Yamaha R15 berubah modelnya menjadi model generasi ke 4 atau R15 V4.0, Maka otomatis saudaranya di Eropa pun ukutan berubah. Dari segi headlamp kini pakai model single headlamp projie LED dibagian tengah lubang air scoop yang dipermanis dengan dual DRL LED dibagian sampingnya yang membentuk alis, jadi 3 model Yamaha R series punya headlamp serupa, pertama R7, R15 dan satu R125.

Bagaian body, tanki, fairing samping dan body belakang identik banget dengan Yamaha R15 dengan karakter racing yang kuat. Yang dibuat beda adalah pada bagian desain palang velg, suspensi depan Upside down warna hitam berukuran 41 mm dan juga kaliper rem ala moge tipe radial yang posisinya berada di sebelah kiri. Berbeda dengan R15 yang ada di sebelah kanan.

Dan satu lagi perbedaan signifikan adalah dai sektor elektronik, fitur Connected-nya sih sama seperti R15, cuma beda aplikasi saja. Tapi yang membedakan adalah Yamaha R125 versi 2023 sudah dibekali panel speedometer full TFT warna yang tentu saja selain bisa terkoneksi dengan smartphone tapi juga bisa menampilkan dua mode layar, antara lain mode Street dengan tampilan speedo standar, sedangkan mode Track lebih ke keperluan balap, seperti catatan laptime, dll. Area cokepit juga makin berkelas, terutama bagian stang kemudi yang dibaut mirip Superbike R1, keren…

Fitur unggulan lainnya dari pesaing Suzuki GX-R125 dan juga Ninja 125 ini pun masih dipertahankan diantaranya, frame Deltabox, swingarm banana, Assist and slipper clutch, Quick Shiter(opsional) dan juga Traction Control.

Bagaimana dengan mesinnya? Sepertinya masih sama dengan versi sebelumnya, Yakni mengusung mesin 125cc 1 silinder SOHC 4 klep berpendingin cairan dengan fitur Variable Valve Actuation atau VVA. Power maksimumnya berada diangka 15 Ps pada 10ribu Rpm dan torsi maksimum 11,5 Nm pada 8000 rpm. Detail lainnya dari motor ini memiliki bobot 144 kg, kapasitas tangki 11 liter, tinggi jok 820 mm dan ukuran ban 100/80 dan ban belakang 140/70keduanya pakai velg 17 inch tapak lebar.

Terakhir, untuk harga Yamaha R125 MY 2023 ini sepertinya belum diumumkan dan akan mulai dijual di tahun depan. Tapi model terbaru ini akan punya 2 pilihan warna diantaranya warna Racing Blue dan juga Tech Black yakni warna full hitam dengan tulisan R125 berwarna Tosca atau Cyan, berikut foto studionya :

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!