Hasil Final Motogp Valencia 2022, Suzuki Juara! Pecco Juara Dunia!

Warungasep.net – Final Motogp Valencia 2022 menobatkan Francessco alias Pecco Bagnaia sebagai Juara Dunia Motogp musim 2022. Pecco finish di P9, namun pesaingnya Fabio Quratararo hanya finish di P4, alhasil Pecco pun unggul dari total poin. Dan seri Final Motogp yang digelar di sirkuit Valencia ini berhasil diraih oleh Alex Rins, pembalap Spanyol ini tak terkejar dari awal hingga akhirnya dan mempersembahkan kemenangan terkahirnya untuk Suzuki di ajang balap Motogp, kedua ditempati pembalap KTM, Brad Binder dan ketiga ditempati Jorge Martin.

Alex Rins Juara

Jalannya balapan, What the hell, walaupun Martin yang pole, tapi yang memimpin selepas start adalah Alex Rins… Martin kedua, Marc P3, Fabio ke-4 didepan pesaingnya, Pecco Bagnaia yang berada di P6 dibelakang Miller.

Pecco vs Fabio

Lap 2 terjadi benturan antara Fabio vs Pecco, Keduanya menyajikan akasi saling salip untuk merebutkan P6. Lap 4, Fabio berhasil singkirkan Pecco dari P4, Seru nih… Lap 5, Rins masih memimpin, Martin P2, Marc P2, gak ada niatan buat salip-salipan nih yang depan, hehe…

Dan barulah di lap 6, Miller naik ke P3 setelah singkirkan Marc. Fabio masih di P5 didepan Pecco.  Aleix Espargaro terjatuh, posisi 3 klasemen diambil alih Enea. Alex Marquez dan Cal Crythlow menyusul crash.

Binder mengincar posisi 6 dari Pecco. Sementara Fabio makin didepan dengan gap 1,7 detik. Dan di lap 9, Binder berhasil singkiran Pecco dari P6. lAP 10, Marc yang berada di P4 terjatuh… Otomatis Fabio berada di P4, Posisi terdepan masih Rins, Martin dan Miller.

Lap 14, Pecco makin kedodoran posisinya tun ke P7 setelah disalip Joan Mir. Pecco pun makin tak aman karena dibelakangnya ada Oliveira yang membuntutinya. Lap 17, Zarco jatuh, Yellow flag sektor 3 dan 4. Oliveira ambil alih P6 dari Pecco.

Lap 18, Binder overtake P4 dari Fabio. Lap 19, Marini overtake Pecco yang turun ke P8, Dan kemudian dibuntuti Enea. Waduh gawat nih, hehe… Dan Enea pun dengan mudah singkiran Pecco dari P8.  6 Lap tersisa, Binder ambil alip P3 dari Miller. Rins masih memimpin, Martn P2 sayangnya di lap ke-23 atau 5 lap tersisa, Miller crash di balapan terkahirnya bersama Ducati.

2 Lap tersisa, Binder naik P2 setelah salip Martin. Pecco yang berada di P8 dibuntuti Morbidelli. Dan sepertinya rekan semuridnya Valentino Rossi ini main aman dan gak nyalip, hehe… Alhasil, Alex Rins pun berhasil membawa Suzuki GSX-RR finish pertama dan tak terkejar dari awal hingga akhir, Brad Binder pun membawa KTM RC16 finish ke-2 dan Jorge Martin bawa Desmosedici juara 3.

Dan Fabio pun finish di P4, sedangkan Pecco walaupun finish di P9, Tapi poinnya lebih unggul dari Fabio. Dan gelar World Championship musim 2022 pun didapat Pecco Bagnaia. Sejarah pun tercipta dimana setelah puasa gelar selama 15 tahun, akhirnya pembalap Ducati punya pembalap Juara Dunia setelah terkahir Casey Stoner. Dan Pecco pun menjadi pembalap Italia yang Jurdun setelah Rossi pada tahun 2009 lalu.

Untuk hasil race Final Motogp Valencia 2022 bisa kalian lihat dibawah ini :

Hasil Race Final Motogp Valencia 2022

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!