Warungasep.net – Ketika pertama kali saya lihat foto motor ini yang viral di media social saya kira adalah produk baru KTM. Tapi ternyata ini adalah motor baru Benelli yang dipajang di EICMA Milan kemarin. Inilah Benelli TNT 500 2022, salah satu evolusi desain pabrikan Italia-China yang bisa dibilang cukup radikal.

Walaupun masih berupa konsep, tapi desain motor ini berbeda dengan TNT series lainnya. Benelli memberi nama motor konsep ini dengan nama Benelli Tornado Naked Twin 500 yang rencananya akan mulai dijual pada tahun 2023 mendatang bersama dengan jajaran calon produk baru Benelli lainnya yang juga mengalami perubahan desain yang jauh berbeda dengan konsep produk mereka yang sudah ada sebelumnya.

Berbeda dengan TNT series lainnya. Benelli TNT 500 ini memiliki desain yang radikal, futuristik dan juga sporty. Yang paling unik dari motor ini adalah desain headlightnya. Desain original Benelli ini menggabungkan dua buah DRL LED yang membentuk alis di kiri dan kanan dengan headlight utama berbentuk projie LED dengan shape kotak dan bertumpuk. Benelli menyebut desain baru ini sebagai The Future Family Naked Bike Benelli.

Dengan gaya motor street fighter, motor ini memiliki desain tangki kekar yang muat 14 liter BBM, Shroud tajam dan sport, tapi dengan body belakang yang minimalis. Sekilas bagian ekornya ini mirip KTM Superduke dikombinasikan dengan rangka tabung baja teralis yang membuatnya tampak padat.

Area kaki-kaki juga terlihat mogelook menggunakan ban gambot berukuran 120/70-17 inch dibagian depan dan 160/60-17 indh dibagian belakang, suspensi depan model upside down dengan double front disck brake berkaliper radial. Suspensi belakang monoshok menggunakan swing arm banana dan kenalpot underbelly yang membuatnya tampak laki banget.

Untuk fiturnya, motor ini dibekali lampu serba LED,panle speedo TFT, tak ketinggalan rem Antilock braking system atau ABS dikedua remnya. Sedangkan mesinnya, motor ini menggunakan basis mesin produk terlaris mereka yaitu Benelli TRK502 dan juga Leoncino 500 yakni mesin 500cc 2 silinder bertenaga 47 Hp pada putaran 8000 rpm dan torsi maksimum diangka 46 Nm pada 6000 rpm.

Untuk pasar Eropa kabarnya, Benelli Tornado Naked Twin aka TNT 500 ini akan dijual pada tahun depan. Dan tak menutup kemungkinan juga akan dipasarkan secara global. Apakah termasuk Indonesia? Melihat banyaknya line up Benelli di tanah air, makan tak menutup kemungkinan juga akan masuk sini, waah bisa saingan sama Honda CB500F nih nantinya…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!