Ada 5 Perbedaan Antara Mesin eSP dan eSP+160cc Honda

Warungasep.net – Akhir pekan kemarin, saya bersama Blogger dan Vlogger diajak PT, Astra Honda Motor (AHM) untuk membedah daleman mesin Honda 160cc series yang dipakai oleh Honda Vario160, Honda PCX160 dan juga yang paling baru ada Honda ADV160. Yang menarik mesin 160cc Honda tersebut mengusung teknologi baru yang diberi nama eSP+. Nah, tentunya kalian penasaran, apasih bedanya mesin eSP dan eSP+ apakah cuma tempelan emblem doang, atau ada tambahan-tambahan fitur baru? Untuk itu yuk kita kupas secara lengkap…

Sebenarnya jika dikupas secara lengkap kayaknya terasa berat banget ya, apalagi sekarang kalian tentunya males baca kalau saya nulis panjang-panjang, hehe… Jadi mending saya singkat dan rangkum saja ya, tapi akan saya coba jabarkan secara jelas dan mudah dipahami.

Oke, mesin eSP atau yang punya arti Enhanced Smart Power adalah eSP adalah penamaan untuk mesin terbaru inovasi Honda, melalui aplikasi teknologi mutakhir dan ACG starter, untuk menghasilkan performa tinggi dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan. Pertama kali teknologi ini dibenamkan pada mesin Honda PCX125 generasi awal, kemudian dipakai oleh produk-produk skutik baru Honda hingga saat ini.

Nah mesin eSP ini punya 10 poin karakteristik utama diantaranya sbb :

10 Karakteristik mesin ESP (biasa)

1. ACG Starter & ISS

Start halus direalisasikan melalui elektronik yang dikontrol ACG starter, yang berfungsi baik
sebagai starter dan AC Generator.

2. Fuel Injector

Honda mengklaim jika ukuran diameter lubang injector eSP Honda ini adalah yang terkecil didunia, bayangkan saja ukurannya cuma 0,13 mm, kebayang kan gimana kecilnya? hehe… Nah, keunggulannya bisa membuat partikel bahan bakar yang di semprotkan oleh injektor sangat halus, sehingga didapatkan campuran udara dan bahan bakar yang lebih Homogen, sehingga pembakaran lebih sempurna.

3. Roller type rocker arm

Ciri khas mesin eSP Honda dengan mesin standar Honda lainnya ada para rocket arm dibagian head silinder yang menggunakan roller. Sehingga membuat gerakannya lebih halus dan mengurangi gesekan yang membuatnya lebih hemat bahan bakar.

4. Compact Combustion Chamber

Lebih compact, sehingga meningkatkan torsi mesin. Intake portnya berubah jika dibanding mesin Honda konvensional, dibuat lebih rata sehingga lebih responsif diputaran rendah sampai menengah. Wah pantas ya, mesin eSP Honda selalu lebih jengat. Ini salah satu faktor penyebabnya.

5. Offset Cylinder dan Spiny Sleeves

Offset silinder sudah mulai diterpak di Honda Kharisma di awal tahun 2000-an lalu, yang bertujuan untuk mengurangi gesekan. Dan di mesin eSP ditambahkan teknologi Spiny Sleeves yaitu dibagian inner cylinder atau dibagian dalam silinder(tempat pembakaran), memiliki desain yang bentuknya mirip kulit jeruk (spiny) yang bertujuan memperbaiki kemampuan pendinginan, kemudian mengurangi distorsi lubang silinder dan kemudian Sleeve yang lebih tipis & dapat mereduksi bobot

6. Light Weight Piston dan Crankshaft

Berat piston dibuat lebih ringan begitu juga dengan pin piston-nya yang lebih pendek, sehingga kombinasinya menjadi lebih ringan. Begitu juga bagian crankshaft-nya yang lebih compact dan kuat.

7. Breather passage

Jika biasanya pada motor bebek atau sport kita orang awam pastinya selalu menemukan pipa kecil untuk sirkulasi udara atau biasa disebut lubang pernafasan yang letaknya dibagian atas mesin, sedangkan di mesin skutik tidak ada. Solusinya pada teknologi eSP ini mereka menggunakan system Breather yang merupakan Saluran pernafasan tambahan pada sisi kiri engine untuk keluar masuknya udara antara crankcase & cylinder head kemudian dibuang melalui lubang dibagian depan mesin dan dimasukan lagi ke saringan udara.

8. Built-in Liquid Cooling System

Mesin eSP memiliki U-shape rib disekitar cooling inlet sehingga menaikkan efisiensi pendinginan, yakni cover radiator yang sedikit miring kedepan untuk membelokan udara sehingga mengurangi 30 persen friction loss dan juga membuat kipas raditor menjadi lebih kecil.

9. V-Matic

Pada mesin eSP menggunakan V-belt model double cog yang dimana perbedaanya jika pada matic konvensional memiliki permukaan atas yang rata dan dibawahnya bergerigi, tapi pada model double cog ini baik permukaan atas/luar dan dalamnya juga bergerigi. Tujuannya untuk membuat elastisitas karet yang lebih tinggi dan juga enaikkan effisiensi transmisi dari putaran bawah sampai putaran tinggi

10. Transmission

Terakhir, untuk system eSP Honda memiliki ciri salah satunya adalah model transmisi atau bahas bengkelnya adalah gearbox CVT yang letaknya dibagian belakang mesin yang berhubungan langsung dengan roda dibagian dalamnya memiliki bantalan tiga sumbu dalam unit transmisi secara eksklusif dirancang sesuai dengan beban yang diterima. Desainnya berbeda dengan mesin transmisi skutik konvensional yakni dnegan cara mengoptimimalisasi Rib, untuk mengurangi kerugian akibat pergolakan oli (agitation loss) sehingga bisa menggunakan lebih sedikit oli gear.

5 Tambahan karakteristik mesin eSP+

Nah, dari 10 ciri-ciri atau karakteristik mesin eSP Honda ini ada di semua skutik Honda yang dijual saat ini, tapi untuk mesin eSP+ semua karakter diatas masih dipertahankan tapi diberi tambahan 5 karakteristik baru. Sehingga sesuai namanya, maka mesin yang digunakan oleh 3 produk seperti ADV160, PCX160- dan Vario 160 memiliki 5 tambahan fitur baru, diantaranya :

1. Mekanisme 4 valve & Perubahan Bore-Stroke dan Compression

Salah satu perbedaan yang paling mencolok dari mesin eSP+ Honda adalah menggunakan mekanisme 4 katup atau valve atau juga bahas bengkelnya klep, berbeda dengan mesin sebelumnya yang masih 2 katup. Ukuran piston juga berubah menjadi memiliki karakter over bore, dengan ukuran 60 mm untuk diameter lubangnya dan 55,5 mm stroke-nya alias lebih pendek dibanding mesin sebelumnya. Tapi untuk meningkatkan volumetric efisiensinya ukuran rasio kompresinya ditingkatkan menjadi 12 banding 1.

2. High Rigidity Crankshaft With Roller Bearing Engine

Berbeda dengan mesin eSP biasa atau juga mesin konvensional yang menggunakan Ball Bearing, mesin eSP+ mennggunakan model Roller Bearing atau bahas bengkelnya Roller Bambu dibagian Crankshaft sebelah kanan, sedangkan sebelah kiri masih pakai ball bearing biasa.

Penggunaan model bearing roller ini bertujuan untuk mengurangi defleksi crankshaft akibat gaya inersia dan energy pembakaran saat putaran mesin tinggi, sehingga membuat gesekan berkurang, mengurangi Getaran juga mengurangi Noise jadi gak ngorok lagoi.

3. Piston Oil Jet

Ini sepertinya inovasi lagi dari Honda yakni Piston Oil Jet yang memiliki mekanisme menyemprotkan oli mesin ke sisi dalam piston sehingga pendinginan lebih effisien, Kelebahannya mencegah Knocking dan juga mencegah ignition timing advance [pembakaran awal].

Ini juga menjadi salah satu faktor penyebab, mesin 160c Honda walaupun punya kompresi 12 banding satu, tapi bisa menenggak Ron 88 maupun Ron 92. Mungkin untuk lebih detail lagi penjelasannya akan saya bahas terpisah.

4. Hydraulic Cam Chain Tensioner Lifter

Berbeda dengan mesin eSP atau skutik konvensional yang masih pakai tensioner model pegas, naah mesin eSP sudah menggunakan Cam Chain Tensioner Lifter dengan mengadopsi mekanisme hidraulic dengan memasukan tekanan oli kedalam tensioner untuk menekan rantai keteng atau cam chain. Sehingga lebih minim getaran dan gesekan juga untuk mengurangi noise yang efeknya membuat lebih hemat bahan bakar dan bisa mencapai output performance lebih baik.

5. Air Intake System

Satu lagi yang beda pada mesin eSP+ adalah system pemasukan udara di dalam boks filter yang menggunakan model retifire (Penyearah) dari lubang udara menuju ruang pembakaran. Tujuannya untuk mencapai driveability [kinerja kendaraan] yang optimal pada sudut bukaan throttle yang sempit, Kemudian untuk perluasan volume Air Cleaner  Volume udara ditingkatkan alias lebih besar dari 4,2L menjadi 4.9Liter. Perubahan juga terdapat pada diameter Throttle Body lebih besar 2mm yang semula hanya Ø26 mm menjadi Ø28 mm.

Itulah diantaranya 5 poin karakteristik tambahan yang menjadi ciri khas perbedaan antara mesin eSP dan eSP+ Honda. Di acara bedah teknologi mesin eSP+ Honda 160 series kemarin, kita juga mendapat banyak sekali informasi menarik untuk dibagikan untuk kalian, menganai kasus-kasus yang terjadi pada kendaraan konsumen, informasi tips dan trik dan juga penjelasan lebih mendalam mengenai teknologi-teknologi terbaru Honda yang terdapat pada motor terbaru Honda yang nanti akan saya bahas di artikel berikutnya. Jadi untuk informasi ini cukup segini saja.

Oh ya kalian juga bisa nonton video lebih detailnya dibawah ini, Jangan lupa subrek ya gaes, hehe…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

7 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!