Khusus Brasil, Honda Rilis CB650R 2023 Matte Green Yang Beda Dari Negara Lain

Warungasep.net – Terkadang jika suatu produk tersebut laris dan menjadi pemimpin pasar di suatu negara maka secara ekslusif bisa menghadirkan varian yang beda dari negara lain. Salah satunya adalah Honda CB650R versi 2023 yang khusus untuk pasar Brasil hadir dalam varian warna special yang berbeda dengan negara lainnya. Penasaran? Yuk kita lihat lebih detail…

Pihak Honda Brasil kemarin merilis 3 warna baru Honda CB650R versi model year 2023. Salah satu yang menarik adalah warna Matte Green dengan 2 varian warna yang memang sudah ada di varian sebelumnya termasuk yang dijual di Indonesia yakni warna merah Pearlescent Red dan Metallic Grey. bedanya untuk varian terbaru hadir dengan detailing warna emas seperti di bagian velg, suspensi upside down dan juga penutup crankcase mesin.

Yang unik adalah CB650R varian Matte Green, kombinasi warna hijau dibagian tangki dipadukan dengan warna velg emas, membuat aura motor classic-nya lebih terasa yang sesuai konsepnya yaitu motor Retro Modern Neo Sport Cafe Honda. Warna ini juga identik dengan pesaingnya dari Kawasaki yaitu Kawasaki Z650RS.

Honda CB650R 2023 Versi Brasil

Yang menarik, warna Matte Green CB650R ini berbeda dengan CB650R yang dijual di Eropa yang kemarin rilis di EICMA. Yupz, CB650R versi 2023 di Eropa hadir dalam 4 pilihan warna baru, 2 diantaranya warna Candy Chromosphere Red dan Matt Jeans Blue Metallic yang sudah ada sebelumnya namun diberi ubahan detailing warna abu gelap dibagian shroud, ditambah 2 warna baru yakni warna Matt Dim Grey Metallic dan satu lagi warna yang sangar banget karena dibalut dengan warna serba hitam di semua bagian termasuk warna suspensi depannya, yang diberi nama CB650R Black Edition.

Honda CB650R 2023 Versi Eropa

HONDA CB650R 2023 European Version

Untuk versi Eropa untuk banderol harganya belum diumumkan karena akan mulai dijual di tahun depan, tapi harga CB650R versi 2023 untuk pasar Brasil dibanderol R$ 51.100,00 atau jika dikonversikan kedalam rupiah adalah sekitar Rp. 148jutaan off the road. Setengah dari harga CB650R yang dijual di Indonesia yang banderolnya tembus Rp. 280jutaan. gokilll…

Nah, untuk spesifikasi dan fiturnya sepertinya gak ada perubahan. Honda CB650R versi 2023 memiliki suspensi depan inverted telescopic Showa SFF-BP berukuran 41mm meningkatkan kenyamanan handling saat berkendara. Suspensi belakang dengan lengan ayun alumunium menghadirkan bentuk kurva dengan busur berada di atas knalpot di sisi kanan. Suspensi belakang yang memiliki pengaturan hingga 10 level disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Model ini memiliki fitur assist/slipper clutch membuat tuas kopling menjadi lebih ringan dari total keseluruhan dan mengurangai efek engine brake ketika melakukan penurunan gigi dengan cepat. Serta tampilan full digital panelmeter yang memberikan informasi lengkap termasuk Gear Position, Shift Up Indicator, putaran mesin, kecepatan, odometer, bahan bakar, meter perjalanan, rata-rata konsumsi bahan bakar, serta penunjuk waktu yang semakin memberikan kesan canggih. Fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) mampu menyesuaikan tenaga mesin untuk mengoptimalkan torsi di roda belakang dan mengurangi selip pada roda belakang semakin memberikan kenyamanan berkendara.

Penyematan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada CB650R menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak, dimana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Tak hanya memiliki desain yang memikat pecinta big bike, performa tinggi dan beragam fitur yang disematkan menjadi penyempurna CB650R. Memiliki kapasitas tangki BBM 15,4L , dan didukung mesin 4 silinder 650cc DOHC yang memiliki 6 perpindahan gigi, model ini menghasilkan power 66,5kW/11.000 rpm dilengkapi torsi kuat 60,7Nm/8.000 rpm. Model knalpot pada CB650R ini memiliki desain yang compact, sehingga menambah kesan maskulin sekaligus memberikan performa optimal pada putaran bawah-tengah dan menghasilkan suara yang berkelas.

Honda CB650R memiliki rangka diamond steel yang kokoh berbentuk elips yang dirancang untuk memberikan kesan compact dan pengendalian yang diinginkan pengendara. Profil jok pengendara yang pas membantu jangkauan kaki ke tanah, dengan ketinggian jok 810mm.  Velg aluminium menggunakan ukuran ban depan 120/70-R17 dan ban belakang ukuran 180/55- R17. Model ini menggunakan kaliper rem depan berpiston empat dengan disk berukuran 310mm dan rem belakang piston tunggal dengan disk 240mm menghasilkan daya pengereman yang berlimpah dengan ABS 2-channel terpasang sebagai standar.

HONDA CB650R Black Edition

Untuk pasar Indonesia kapan ya? Ada yang nunggu? Silakan komentarnya…

 

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!