Tak Secanggih Forza, Honda Rilis NSS350 2023 Buatan China !?

Warungasep.net – Honda resmi merilis produk baru yang diberi nama Honda NSS350 versi 2023. Maxi skutik baru ini hadir dengan konsep desain maxi skutik GT atau Grand Touring yang lebih sporty, serba tajam dan dijejali fitur-fitur canggih. Tapi sayangnya, walaupun sama-sama di kelas skutik 350cc tapi tak secanggih Forza 350 yang sudah duluan hadir, dan faktanya lagi maxi skutik Honda ini ternyata dibuat di China. Lhoo… Downgrade dong kualitasnya?

Sebenarnya Honda NSS350 ini adalah kembaran daripada Honda Forza 350. Khusus untuk sebagian di negara-negara Asia-Pasifik maxi skutik Honda ini punya nama sendiri berbeda dengan negara lainnya. Sedangkan untuk desain, spek mesin dan lainnya semuanya sama kecuali beberapa fiturnya saja.

Berbeda dengan Forza 350 yang melakukan debutnya di Thailand bulan Oktober lalu, kemudian di Eropa pada ajang EICMA Milan di awal Nopember, Honda NSS350 ternyata gak secanggih Forza 350. Yupz, jika Forza sudah dilengkapi fitur HSVCS atau Honda Smartphone Voice Control System fitur mirip Y-Connect Yamaha yang bisa connect smartphone lewat Bluetooth, NSS350 ternyata terbilang standar. Apalagi jika dibandingkan dengan Yamaha XMAX 300 yang sudah punya fitur speedometer TFT warna lengkap dengan peta navigasi aplikasi Garmin, jelas si NSS350 ini jauh ketinggalan, hehe…

Tapi fitur unggulan Forza juga terdapat pada NSS350 versi terbaru, sebut saja desain headlamp baru yang terinspirasi dari skutik Moge Honda Forza 750, begitu juga dengan DRL LED-nya yang lebih sederhana namun terlihat lebih futuristik, HSTC atau Honda Selectable Torwue System yang menjadi standar baru skutik Honda, ada juga panel speedometer baru kombinasi analog dan digital, USB Charger, rem dual channel ABS, Emergency Stop Signal dan yang unik punya electric adjustable windscreen yang gak dimiliki lawan sekelasnya.

Bagaimana dengan mesinnya? Setelah saya cek, ternyata power dan torsi Honda NSS350 sedikit lebih tinggi dari Forza, padahal mereka mengklaim mesinnya gak jauh beda, Sama-sama mengusung mesin baru eSP+ 4 klep, entah apa yang membedakannya, apakah komponennya?

Baik Forza dan NSS sama-sama mengusung mesin 330cc 1 silinder eSP+berpendingin cairan. Untuk power Forza 350 jika melihat situs resmi Honda Eropa berada diangka 21,5kW @ 7.500rpm dan torsi maksimum 31,5Nm @ 5.250rpm, sedangkan untuk NSS350, sedikit lebih tinggi yaitu power puncak diangka 21,6kw/7000rpm dan torsi maksimum 31,8nm/5500rpm, detailnya bisa dilihat dibawah ini :

Spesifikasi Honda NSS350 2023

Satu lagi fakta menarik, berbeda dengan Forza 350 yang diproduksi di Thailand. Honda NSS350 ini diproduksi di China. Entah itu cuma dirakit atau CKD, atau punya kandungan part lokal, yang jelas untuk menegaskan ini produk sesuai dengan standar kualitas Honda, pihak Honda China sampai menyebut dengan kata-kata “Made by Honda“, mungkin saking underestimate-nya konsumen disana terhadap produk lokal kali ya, hehe…

Tapi kemungkinan sih CKD. Dan ada alasan kenapa Honda NSS350 ini diproduksi secara lokal di China, adalah untuk menekan harga jual. Yupz, harga NSS350 versi 2023 ini pihak Sundrio Honda yang merupakan produsennya menjual dengan harga 49,800 Yuan atau setara Rp. 109 jutaan, jauh lebih murah dibanding harga sebelumnya yang tembus 56 ribu Yuan ketika masih didatangkan secara CBU.

Motor pesaing produk lokal seperti Aprilia SR-Max 300, Zongshen RT3, Dayang Vorei ADV350 dan  Kymco Downtown 350 ini dijual dalam 4 pilihan warna yang gak jauh beda dengan yang dijual di Eropa, berikut foto studionya :

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

1 Trackback / Pingback

  1. Akhirnya, Honda Forza 250 Versi 2023 Rilis Duluan di Japan, Tanpa HSVCS ?! – WARUNGASEP ★★★☆☆

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!