Kawasaki Stockman 230 2023, Motor Baru Geng Ijo Buat Main Di Kebon

Warungasep.net – Bukan Kawasaki namanya kalau enggak jual motor out of the bo, gak ikut arus dan belum ada segmennya di Indonesia. Karena hari ini, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) merilis motor baru yang diberi nama Kawasaki Stockman 230 2023. Motor yang menggunakan basic KLX 230 ini digunakan khusus untuk aktifitas bisnis, seperti di perkebunan, pertanian atau juga di pertambangan yang biasanya tidak bisa dilalui motor biasa.

Desain motor ini tidak jauh beda dengan KLX 230, tapi yang versi lawas yang masih menggunakan suspensi depan teleskopik biasa (yang terbaru sudah pakai upside down, Baca : Kawasaki KLX230 SM 2022 ). Tapi diberi tambahan beberapa aksesories seperti rak bagian dibagian depan diatas headlamp dan dibagian belakang, menandakan jika motor ini lebih fungsional ketimbang untuk motor hobi.

Karena dirancang khusus menyesuaikan kondisi jalanan non aspal di Indonesia, Kawasaki Stockman 230cc dilengkapi dengan beberapa fitur diantaranya :

  • Ban off road supaya bisa melibas lumpur
  • lebih aman karena sudah diberi tambahan aksesories seperti skid plate untuk menahan benturan ke arah mesin
  • Rugged frame slider uantuk menahan body motor saat terjatuh
  • Handle lever guard dari alumunium yang ringan dan kokoh
  • Clutch lever lock untuk mengunci tuas kopling(hmm fungsinya apa ya? hehe)
  • Panel speedometer full digital
  • Double side stand

Nah, fitur standar ganda ini bukan standar dua pada umumnya, melainkan Kawasaki Stockman memiliki dua buah standar samping di kiri kanan, tentunya lebih aman bisa menopang motor dari kedua sisi saat keadaan diam, keren nih…

Ada juga beberapa perbedaan lainnya dibanding KLX230 standar, diantaranya jok yang lebih rendah dan datar, lampu depan yang lebih besar dan lebih terang tapi masih menggunakan lampu halogen biasa. satu lagi adalah spakbor belakang yang lebih lebar sehingga lebih aman dari cipratan lumpur dan roda belakang.

Dapur pacu Kawasaki Stockman mirip dengan KLX230 yakni mengusung mesin 233 cc 1 silinder SOHC berpendingin udara, Power maksimumnya mencapai  14.0 kW {19 PS} / 7.600 rpm dan torsi maksimum 19.8 Nm {2.0 kgfm} / 6.100 rpm. Roda depan menggunakan velg 12 inch dan belakang 18 inch.

Terakhir, harga Kawasaki Stock Man 230cc versi 2023 ini pihak Kawasaki Indonesia membanderolnya dengan harga Rp. 57.500.000 dan masih dalam kondisi off the road, wajar saja karena motor ini khusus digunakan di pegunungan, perkebunan dan tempat galian, hehe… Sayangnya, motor ini hanya tersedia dalam 1 pilihan warna saja yakni warna hijau jaitun atau Olive Green, dan akan mulai didistribusikan pada bulan Desember tahun ini. Semoga kepengen…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!