Tikung ZX4R, Kove 400RR 2023 Bermesin 400cc 4 Silinder Rilis di Eropa

Warungasep.net – Walaupun sudah lewat, tapi banyak motor baru yang rilis di EICMA Milan yang belum semuanya terungkap. Salah satunya adalah Kove 400RR, Motor yang cukup menarik perhatian dan juga fenomenal kerena mengusung mesin 400cc 4 silinder yang tentunya gak ada saingannya di kelas ini. Cuma sayangnya kurang pemberitaan dan gak viral, mungkin alasannya karena stigma negative Motor China, hehe… Tapi, buat yang penasaran, yuk kita ungkap motor ini.

Buat yang belum tahu, Kove merupakan brad asal China yang melakukan ekspansinya ke berbagai dunia termasuk Eropa. Di negara asalnya, motor ini dikenal dengan nama Colove atau punya nama lain Excelle. Beberapa produknya sudah saya bahas, diantaranya

Datang ke pasar global, tentunya memaksa pabrikan Mocin ini untuk tampil beda dan kompetitif. Masuk ke segmen motor sport kecil di kelas dibawah 500cc tentunya sudah banyak persaingannya. Namun kebanyakan menggunakan konfigurasi mesin 1 silinder dan bahkan yang 2 silinder pun sudah sangat mainstream banget sekarang ini.

Motor sport 4 silinder di kelas ini pun sangat sedikit, tentu saja setelah Kawasaki merilis ZX25R dan gosipnya akan dilanjutkan dengan project Kawasaki ZX4R yang ternyata baru sebatas gosip, pabrikan Mocin berlomba lomba untuk bisa ikut dan berkompetisi. Sebelumnya QJMotor hadir dengan QJMotor 600RR, tapi itupun menggunakan basic mesin Benelli TNT600 yang sudah ada, setelah itu muncul pabrikan Mocin lainnya yang ikut mengembangkan mesin 4 piston, namun cuma sebatas konsep, atau cuma produk kloningan motor yang sudah ada.

Dan Colove atau Kove lah yang terjun lebih dulu. Bahkan bisa menjadi pelopor mesin 4 silinder di kelas 400cc di era modern. Ketikung deh Kawasaki yang ternyata belum juga menghadirkan ZX4R, hehe… Walaupun begitu, FYI mesin yang dikembangkan Kove ternyata menggunakan basic mesin Kawasaki jadul di era tahun 90an. Entah itu membeli patent atau meniru, Info lengkapnya baca :

Baca : Penampakan Colove 400RR, Sport Fairing Pakai Mesin Kawasaki 400cc 4 Silinder ?

Nah, jika melihat situs resminya, motor yang diberi nama Kove 400RR 2023 ini mengusung mesin 399cc DOHC 4 silinder inline berpendingin cairan. Menggunakan fuel injectin EFI dari Bosch dan ukuran bore x stroke 59 mm x 36,5 mm dan rasio kompresi 13:1 motor ini mampu memuntahkan power puncak diangka 50 kW atau setara 68 Hp pada putaran 13500 rpm, dan torsi maksimum 36 Nm pada 12000 rpm. Wuiih lumayan juga ya.

Detail lainnya, motor ini memiliki p x l x t 2.015 mm x 740 mm x 1.090 mm, jarak sumbu 1.383 mm. Karena ini motor dari Asia maka tinggi tempat duduknya cukup rendah hanya 795 mm, beratnya pun ringan banget hanya 160 kg, kapasitas tangki muat 15 liter BBM dan ukuran ban 120/70 dibagian depan dan 160/60 dibagian belakang, keduanya menggunakan velg 17 inch.

Bicara soal desain, Colove atau Kove 400RR ini memiliki desain yang dikembangkan sendiri. Sekilas motor ini memiliki karakteristik seperti ZX10RR terutama bagian headlampnya yang memiliki wajah agresif dengan dual headlight yang dipisahkan oleh airscoop.

Sisi aerodinamis sangat diperlihatkan, dengan adanya winglet dibagian samping, juga area ekor belakang yang juga tampak seperti sayap. Sektor body motor ini pun gak terlalu banyak lekukan, cukup sederhana, body fairing menutup bagian mesin, jadi gak terlalu kelihatan identitas motor 4 silindernya. Knalpotnya menggunakan model underbelly.

Bagian chasis, Kove 400RR menggunakan rangka model teralis, mereka menamainya dengan model woven frame. Kaki-kaki menggunakan suspensi depan Upside down, swing arm alumunium asimetris, namun sayangnya kaliper rem depan sudah dual front disc brake tapi masih menggunakan model kaliper dua piston biasa kayak motor supra bapack, hehe…

Fitur elektronik motor ini gak terlalu special, sepertinya gak ada riding mode, atau konektifitas smartphone atau mungkin ada? Soalnya tidak banyak informasi yang mengungkap motor ini. Terakhir, harga motor ini baik di negara asalnya China maupun Eropa belum terungkap. semoga berguna.

Sumber foto : Kove

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

4 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!