Spyshots! KTM Ketahuan Lagi Ngetes Calon Moge 1000cc Baru ?!

Warungasep.net – Terbilang cukup moncer di ajang Motogp, tapi sayangnya KTM tidak punya motor sport berfairing berkapasitas mesin besar untuk dimiliki penggemarnya. Dulu sempat ada Superbike KTM 1190 RC8 V-twin namun tertinggal baik secara spek dan teknologi dan sampai saat ini KTM tidak punya line up produm Superbike, terkecuali untuk varian naked bike dan adventure sih banyak. Hingga akhirnya, media Jerman Motorrad.de mengungkap jika ternyata KTM ketahuan lagi ngetes motor baru yang diduga adalah calon moge baru mereka di kelas 1000cc. Benarkah?

Menurut media Jerman, calon motor baru KTM ini sepertinya akan masuk kedalam segmen Supersport bukan di kelas Superbike. Walaupun digosipkan motor ini akan memiliki kubikasi hampir menyentuh 1000cc, lebih tepatnya 999cc menggunakan basic mesin KTM Duke 890 yang diperbesar. Artinya motor yang digosipkan akan punya nama KTM RC 990 ini akan menggunakan konfigurasi mesin 2 silinder inline, bukan V-Twin atau V4 seperti moge Eropa kebanyakan.

Jik menggunakan mesin yang sudah ada, sebut saja Duke 899 yang memiliki power maksimum diangka 120an HP, maka jika motor ini memiliki kapasitas lebih besar, media Motorrad memberikan bocoran jika motor ini memiliki potensi power maksimum lebih dari 135-140an HP. Ya, pantes saja belum bisa disebut Superbike ya, soalnya powernya masih dibawan 200an HP, hehe…

Sebenarnya, KTM sudah punya produk Supersport yang sudah sukses terjual dan laris di pasaran yaitu dengan produk yang bernama KTM RC 8C, sayangnya motor yang ludes terjual secara online dalam beberapa menit ini diproduksi khusus untuk melaju dilintasa balap bukan dijalan umum, dan dibuat secara terbatas.

Dan sepetinya KTM mengembangkan motor baru yang terlihat di spyshots ini merupakan produk motor yang street legal, itu terlihat dari beberapa detail yang memiliki ciri motor jalanan pada umumnya, sebut saja lampu depan LED mono projector, spion bar end ala-ala anak ngabers, hehe dan juga foot-peg belakang, ditambah kelihatan bagaimana posisi ketika motor ini dipakai tandem berboncengan.

Beberapa detail dari dari motor ini berbeda dengan Duke , seperti model rangka, knalpot, suspensi dll. Yang paling kentara adalah desain fairingnya. Oh ya sebenarnya, spyshots KTM RC 999 ini sudah muncul sejak awal tahun ini yakni pada bulan Januari, media Inggris Motorcycle.com pernah memuat gambar spyshots calon moge baru KTM, dengan penampilan yang mirip dengna RC8C yang memiliki dual headlamp dibagian air scoop depan, seperti ini penampilannya :

Spyshost KTM RC 990 awal 2022, pict Motorcycle.com

Desain fairingnya lebih rapi,lebih proporsional dan esetetik. Tapi entah kenapa, selama setahun ini KTM telah merubah desainnya menjadi seperti foto spyshots yang diunggah media Mottorad.de tanggal 2 Desemeber kemarin, cekidot :

Spsyhost KTM RC 990 awal 2022, pict Motorrad.de

Desainnya berubah, terutama bagian depannya menjadi menggunakan model mono projector LED dengan detail bagian samping yang sepertinya lampu DRL. Cuma, apakah itu spionnya akan pakai model bar-end seperti anak Ngebers? Tentunya masih belum final, karena bisa jadi desainnya akan berubah lagi, menjadi lebih ganteng gitu misalnya? hehe…

Tapi seperti yang kita tahu jika KTM memang selalu menciptakan model motor trail, motor naked an adventure yang eye-cathcing, tapi untuk varian motor sportnya? Hmmm, ya begitulah, hehe… Desain mereka memang selalu original, meskipun nyeleneh dan unik. apakah motor ini akan rilis sebentar lagi? Kita tunggu saja… ya tunggu saja, gak beli sih, hehe…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

5 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!