Lawan Balik Transalp 750, KTM Rilis Versi Anyar 790 dan 890 Adventure 2023

Warungasep.net – Kemunculan pendatang baru di segmen sport adventure di kelas moge medium seperti Honda Transalp 750 dan Suzuki V-strom 800, membuat pemain lama harus segera update dan upgrade produknya untuk menarik hati konsumennya. Salah satunya adalah KTM yang memang sudah duluan hadir dengan 2 produk sport adventure di kelas ini. Dan baru-baru ini, pabrikan asal Austria ini merilis updatean terbaru dari KTM 790 Adventure dan kakaknya KTM 890 untuk model tahun 2023. Apa saja yang berubah?

KTM 790 ADVENTURE 2023

Pertama kita bahas KTM 790 Adventure terlebih dahulu, awalnya motor yang dulu saat pertama rilis di tahun 2018 lalu, motor ini menjadi lawan Yamaha Tenere 700 tapi dikabarkan discontinue dan digantikan dengan varian dengan mesin yang lebih besar(versi 890). Dan ternyata, di tahun ini KTM kembali memproduksi motor ini diengan perubahan desain, fitur dan mesin yang signifikan.

Yang menarik, khusus untuk KTM 790 ADV versi 2023 ini, pihak KTM ternyata tidak merakitnya di daerah asalnya, Mattighofen Austria, melainkan diproduksi dan dirakit di negara China. Waah jadi Mocin dong, hehe…

Itu karena, KTM bekerjasama dengan pabrikan Mocin CFMoto sehingga seperti yang kita tahu, beberapa produk CFMoto juga menggunakan basic mesin dari KTM, seperti CFMoto TRG1250  dan CFMoto MT800. Walaupun diproduksi di China, tapi pihak KTM mengklaim KTM 790 ADV diproduksi di fasilitas kelas satu mereka dengan standar tertinggi. Prosesnya akan diawasi oleh staf KTM di lapangan. Kerja sama lintas benua ini bukan yang pertama untuk KTM dan akan memastikan semangat petualangan dapat disalurkan langsung ke pelosok dunia. Dengan kata lain, pastinya untuk memangkas ongkos produksi sehingga bisa dibuat lebih murah banderolnya.

Kita lihat desainnya, berbeda dengan generasi pertama. KTM 790 ADV ternyata berbeda signifikan. Jika sebelumnya punya desain yang mirip cengcorang atau belalang sembah, hehe… Untuk versi anyarnya ini lebih nampak aura motor Rally-nya dengan desain half fairing yang memanjang dan tertutup sehingga lebih tampak kokoh, padat dan tentunya lebih aman dari benturan karena sudah dijejali beragam macam aksesories pengaman.

Hand guard, engine guard dari perpaduan plastik cetak dan alumunium yang ringan menjadi part standar bukan aksesories terpisah. Untuk versi terbaru ini pun memiliki windshiled yang lebih tinggi dan lebih lebar. Secara visual jelas motor ini lebih menarik dan lebih modern.

Bukan hanya tampilannya saja yang menggoda, fitur-fitur elektronik canggih pun dijejalkan untuk memanjakan para penggunanya. Walaupun cuma sekeda motor yang buat blusukan, motor ini sudah dilengkapi lampu serba LED, panel speedometer TFT warna yang bisa terkoneksi dengan smartphone via aplikasi KTMconnect yang bisa menampilkan peta navigasi dan juga bisa menyimpan kontak untuk melakukan panggilan telepon.

Tak kalah canggih dengan moge premiu, motor ini juga sudah dijejali beragam kontrol elektronik seperti Traction Control, Wheelie Control, rem ABS dengan beragam settingan seperti saat off road, cornering dll, Quick Shifter, Riding Mode dan Cruise control. Di sektor kaki-kaki, motor ini menggunakan suspensi depan Upside down 43 mm WP APEX dan sok belakang canggih yang bisa disesuaikan dengan ketinggian pengendaranya.

Lanjut ke bagian dapur pacu, KTM 790 ADV mengusung mesin LC8c 799cc 2 silinder DOHC berpendingin cairan dan sudah memenuhi syarat regulasi Euro 5, dengan perubahan box filter baru yang lebih lega motor ini mampu menghasilkan power puncak diangka 95,2 hp pada 8.000 rpm dan 88 Nm pada 6.500 rpm, Tinggi joknya bisa diatur dari 860mm menjadi 840mm, kapasitas tangki 20 liter dan bobot 199 kg.

KTM 890 ADVENTURE 2023

Selain 790 ADV, KTM juga merilis kakaknya yaitu KTM 890 Adventure. Memiliki desain yang identik yakni perubahan bentuk half fairing yang lebih sporty, gak seperti belalang sembah lagi, hehe…, bahkan fitur-fiturnya pun sama. Bedanya mungkin sedikit gak terlalu signifikan dan sepertinya motor ini masih diproduksi di negara asalnya Austria, sehingga masih punya pride motor Eropa, hehe…

KTM 890 ADVENTURE 2023

Perbedaan lainnya dari versi 890 ADV adalah spek mesinnya, kakaknya ini mengusung kapasitas mesin yang lebih besar yang sama dengan versi nakednya KTM Duke 890 yakni DOHC 2 silinder 899cc atau naik 90cc dari versi 790-nya. Powernya meningkat dari semula hanya 95 Hp menjadi 105 Hp @ 8000 rpm, dan dengan perubahan gear box, kopling dan pengurangan bobot membuat torsinya lebih jengat dari versi sebelumnya, yakni 74 lbft pada rpm yang lebih rendah di angka 6500 rpm.

Terakhir, untuk harga kedua motor adventure kembar KTM ini belum diumumkan dan akan mulai dijual pada bulan April tahun depan. Khusus untuk KTM 790 Adventure tersedia 2 pilihan warna yakni warna putih dan hitam dan keduanya memiliki stripe orange yang khas, sedangkan untuk KTM 890 Adventure versi 2023 dijual dalam 2 warna antara lain perpaduan warna orange putih dan hitam.

KTM 790 Adventure 2023

KTM 890 Adventure 2023

KTM 890 ADVENTURE 2023
KTM 890 ADVENTURE 2023

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!