Teaser Motor Listrik Baru Yamaha, Rilis Tanggal 30 Desember 2022

Warungasep.net – Sebuah teaser calon motor listrik baru Yamaha muncul dan viral di media social, dari foto teaser tersebut tampak siluet calon produk baru yang mudah sekali kita tebak karena jelas terlihat merupakan bentuk dari pada skuter listrik Yamaha Neos. Model tersebut direncanakan akan rilis akhir bulan sekaligus akhir tahun ini tepatnya tanggal 30 Desember 2022. Bahkan, bukan hanya Neos, Yamaha juga menampilkan siluet motor listrik bergaya classic dengan lampu bulat. Penasaran? Berikut foto full teaser produk baru Yamaha.

Bisa kalian lihat, desain motor tersebut mirip XSR155. Hmmm, apakah bakal ada XSR facelift yang akan rilis bersamaan dengan Yamaha Neos? Tapi sebelumnya, perlu diketahui jika teaser tersebut bukan berasal dari Yamaha Indonesia, melainkan dari negara tetangga Yamaha Vietnam.

Jika benar tersebut adalah XSR155, wajar saja karena motor sport 155cc bergaya retro modern Yamaha tersebut belum pernah masuk di negara tersebut. Tapi jika melihat siluet Yamaha Neos, ini yang menarik karena sebelumnya Yamaha Neos baru dijual untuk pasar Eropa saja, dan Vietnam sepertinya akan menjadi negara pertama kebagian jatah skuter listrik kelas entry dari Yamaha untuk pasar Asia.

Buat yang belum tahu, Yamaha Neos atau sebenarnya Neo’s sendiri bukan nama baru tapi sudah ada dan masih menjadi line up produk Yamaha di segmen skutik 50cc untuk para pemula di Eropa. Karena sengaja Yamaha menghadirkan Neos ini sebagai langkah awal masa transisi dari motor bensin menuju era motor listrik, dan mereka melakuan penetrasi di segmen skutik pemula di kelas entry. Karena kedepannya, mereka juga akan merilis skuter listrik yang mirip seperti Nmax, yang belum dijual dan masih dalam tahap pengembangan.

Desainnya juga gak jauh beda dengan Neos versi mesin bensin, dengan ciri khas dual headlight bulat yang semi klasik, tapi bedanya Neos Electric ini sudah lebih modern, mengikuti trend atau bahkan terkesan seperti kendaraan di masa depan seperti di film-film sci-fi.

Desainnya Yamaha banget dengan body serba membulat. Bagian depannya seperti Yamaha EC-05 di Taiwan, dan body belakang mirip dengan Yamaha Freego di Indonesia. Tapi dimensinya lebih ramping dan fungsional dengan dek rata yang luas dan juga jok model tandem yang sepertinya bisa dipakai boncengan( skutik 50cc di Jepang biasanya tidak bisa dipakai boncengan).

Yamaha Neos ini sangat ringan. Bobotnya cuma 96 kg itupun sudah termasuk baterai Lithium Ion berkapasitas 50,4 V/19,2 Ah yang bisa dilepas PNP yang berat baterainya mencapai 8 kg, dan Yamaha juga memberikan opsi jika pemiliki untuk bisa menggunakan 2 baterai. Dan untuk mengisi daya, baterai ini memerlukan waktu selama 8 jam untuk bisa terisi penuh yang bisa dipakai sejauh 37 KM untuk satu baterai dan jika dipasang double, maka jaraknya bisa lebih jauh mencapai 68 KM.

Yang menarik dari Yamaha Neos ini adalah mesin listriknya yang terletak di bagian samping. Yamaha menyebutnya sebagai Yamaha Integrated Power Unit atau YIPU yang letaknya berada di tengah poros roda belakang sehingga motor ini digerakan bukan pakai CVT atau rantai, tapi langsung menuju roda. Sedangkan MCU atau Motor Control Unit bentuknya seperti cover CVT yang juga berfungsi sebagai swing arm dengan single suspensi belakang yang punya fungsi sebagai pengatur output daya.

Karena dihadirkan untuk segmen pemula dan dibuat untuk bisa setara skutik bensin 50cc, Jika dilihat dari spesifikasi yang diungkap di situs web resmi Yamaha Eropa, Yamaha Neos memiliki output power sebesar 2,5 Kw atau setara 3,4 Ps pada putaran 400 rpm, dan torsinya gede banget mencapai 136 Nm pada putaran yang cukup rendah di angka 50 rpm, wuiih setara torsi moge nih, hehe,,,

Jika dilihat dari belakang skutik terlihat unik, dengan posisi lampu rem dan sein yang terpisah dan menyatu dengan spakbor belakang. Sedangkan untuk fiturnya, jelas sangat syarat akan skutik di era modern, sebut saja lampu serba LED, panel speedometer full digital yang letaknya di setang kemudi, rem depan cakram dan depan teromol, bagasi luas yang muat helm half face, dan motor ini sudah dilengkap 2 mode eco yakni STD dan ECO yang bisa lebih hemat baterai, lalu sudah pakai teknologi smartkey atau keyless juga bisa terkoneksi dengan aplikasi di smartphone.

Di Eropa sana, Yamaha Neos terdapat 2 varian yakni warna putih dan juga hitam. Berikut foto studionya :

Oh ya, untuk pasar Eropa sendiri motor ini cukup banyak pesaingnya salah satunya adalah Super Soco CPX 2020Piaggio One 2022 dan yang paling baru rilis dari Honda kemarin di Eicma yaitu Honda EM1  . Kita tunggu saja, jika Vietnam duluan maka ada kemungkinan Indonesia juga kebagian.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!