Vario 160 2023 di Vietnam Ada Versi Sporty dan Premium Yang Lebih Mewah

Warungasep.net – Vario 160 melakukan debut perdananya di Indonesia awal tahun lalu, dan kemudian motor skutik bermesin 160cc eSP+ produk PT. Astra Honda Motor (AHM) ini pun diekslpor ke beberapa negara seperti Filipina dan Thailand dengan nama berbeda yakni Honda Click 160 dan menyusul beberapa waktu di Malaysia. Dan kemarin tanggal 22 Desember, Vario 160 secara resmi mengaspal juga di negara Vietnam. Lalu, apa saja perbedaan antara Vario 160 di sana dengan yang ada di tanah air? Yuk kita ungkap lebih detail.

Cukup mengagetkan mendengar Vario yang merupakan produk Indonesia bisa masuk ke pasar Vietnam, alasannya pertama biasanya produk AHM tidak ada yang dijual disana karena Vietnam punya basis produksi motor sendiri dan bahkan beberapa produknya sudah banyak yang diekspor ke luar negeri termasuk Eropa.

FYI, beberapa produk ATPM Honda Vietnam (HVN) tidak ada yang dijual di Indonesia, sebut saja si bebek super Honda Winner-X dan si gagah Honda Airblade tidak ada yang masuk kesini, Belum lagi produk andalan HVN lainnya seperti Honda Lead 125, Honda SH125, Honda SH Mode dan juga yang kemarin baru rilis Honda SH160i. Juga sebaliknya, produk andalan AHM tidak ada yang masuk ke Vietnam, coba saja cek apakah disana ada Honda ADV160, atau Honda CB150X dan Supra bapack berlampu bohlam? Nah, karena disana punya produk Supra bapack sendiri yakni Honda Future 125 yang lebih canggih, hehe…

Jadinya, kebanyakan produk asal Indonesia masuk kesana lewat jalur Importir Umum(IU), Dan sepertinya entah karena demand atau kerjasama, beberapa produk AHM pun akhirnya sudah bisa resmi masuk kesana lewat jalur ATPM, diawali dengan masuknya Honda CBR150R tahun lalu, dan kini Vario 160. Masuknya ini entah lewat CBU, CKD atau mungkin mereka justru memproduksinya sendiri kita belum tahu. CMIIW ya jika saya salah.

Kembali bahas Vario 160 yang dijual di Vietnam, tidak ada bedanya dengan Vario 160 yang dijual di Indonesia. Desainnya identik dengan dual headlight LED, body besar, ban gambot dengan rem cakram belakang sebagai keunggulannya.

Mesinnya pun sama, sudah mengusung mesin 157cc eSP+ 4 klep berpendingin cairan, Fiturnya punya panel lcd digital, smartkey system, USB socket charger dan rem ABS single channel. Sempat muncul berita jika Vario 160 disana sudah bisa connect smartphone, setelah saya confirm ternyata belum, Vario 160 belum support fitur HSVCS seperti Honda SH160 atau Forza 350.

Yang menarik dari Vario 160 versi Vietnam adalah varian dan tipenya yang lebih banyak. Pihak HVN menjual Vario 160 versi 2023 ini dalam 4 tipe dengan 4 varian warna berbeda termasuk harganya juga berbeda. Sebut saja untuk tipe termurah tersedia dalam warna hitam dengan banderol harga 51,6 juta Dong atau setara Rp. 34 jutaan. Terbilang mahal jika dibandingkan Vario 160 di Indonesia versi std yang dibanderol Rp. 26jutaan.

Tersedia juga tipe premium dengan warna yang unik yakni warna biru gelap yang dipadukan dengan jok warna coklat yang mewah, dan 2 lagi merupakan varian tertinggi yakni tipe special edition yang tampil dengan warana merah doff dan satu lagi bergaya sporty dengan warna silver dengan tambahan aksen merah dibagian logo juga suspensi belakang yang dibalut warna merah. Vario160 Sport Edition yang merupakan tipe tertinggi ini dibanderol 56,1 Juta Dong Vietnam atau setara Rp.37jutaan. Berikut foto studionya :

Vario 160 Vietnam 2023 std
Vario 160 Vietnam 2023 Premium Edition
Vario 160 Vietnam 2023 Special Edition
Vario 160 Vietnam 2023 Sport Edition

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!