Review Produk MForce Yang Dijual di Indonesia, Dari Motor Listrik Hingga Moge Skutik

Warungasep.net – Hari rabu kemarin. PT. MForce Indonesia (MFI) yang merupakan ATPM beberapa produk impor seperti CFMoto, SM Sport, WMoto dan SYM mengajak beberapa rekan Media, Blogger dan Vlogger melakukan gathering untuk pengenalan lebih dekat produk-produk andalan mereka yang dijual di Indonesia, tak hanya itu pihak MFI juga mempersilahkan untuk mencoba alias icip-icip produk mereka yang tentunya untuk lebih memperkenalkan beragam keunggulan produknya kepada pembaca.

MForce dengan 4 merk yang dinaunginya punya total sebanyak belasan produk yang dijual di Indonesia, dan pihak MFI memajang sekitar belasan produk termasuk diantaranya adalah produk yang masih berupa prototype alias belum dijual.

Dari belasan produk dari mulai skutik, maxi skutik, motor bebek, motor sport naked, moge hingga ATV tersebut kita bisa coba satu persatu, sayangnya karena keterbatasan waktu, hanya beberapa saja yang telah kita coba, ditambah kondisi hujan di area tes ride yang terletak di parkiran markasnya MFI di daerah Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Saya pun sempat mencoba tesride dan review beberapa produk MFI, diantaranya motor 250cc CFMoto, maxi skutik WMoto dan SYM dan juga motor listrik, dan berikut rangkumannya.

1, WMoto Draco 250i

Saya baru tahu jika motor yang sebenarnya rebranding dari produk Zongshen RT3 atau yang di Malaysia diberi nama sama yakni yakni WMoto RT3 ni telah resmi dijual di Indonesia setelah saya diundang oleh MFI, tuh kan saya aja gak tahu, apalagi pemirsa, hehe…

FYI, WMoto Draco ini adalah motor maxi skutik di kelas 250cc, punya desain yang elegan dengan fitur-fitur berkelas dan mengutamakan kenyamanan. Itu terlihat dari ergonomi ridingnya yang santai, walaupun memiliki dimensi yang besar, tapi jok-nya lumayan rendah, saya yang hanya memiliki tinggi badan 165mm bisa menapak sempurna.

Saat dinaiki, nuansa mewah terasa dibagian dasbor, ya walaupun masih pakai model analog digital(beda dengan versi luar yang sudah pakai TFT termasuk kamera), tapi terlihat modern, setang kemudi juga tinggi sehingga terasa percaya diri dan nyaman, spion berada di tebeng depan sehingga terasa banget nuasa bigbike-nya.

Dimensi yang besar, tapi saat dibawa motor ini terasa ringan, padahal skutik ini mengusung mesin ala motor sport lho, yupz mengusung mesin 249cc 1 silinder 4 klep DOHC dan sudah EURO4. Powernya mencapai 23 Hp dan torsi 22,3 Nm. Di Indonesia, pesaing Forza dan Xmax ini dibanderol Rp. 65 Jutaan OTR Jakarta.

2. SYM Maxsym TL500

Maxi skutik dengan sensasi mesin moge, mungkin itulah gambaran saat coba motor ini. Maxsym TL500 adalah produk global di segmen premium Sanyang Motor alias SYM, Desain motor ini gak perlu diragukan lagi, punya model lampu depan yang agresif layaknya monster, dimensinya yang gambot dan ergonomi riding yang nyaman dan tampilan yang gagah menambah rasa percaya ridi saat dinaiki.

Menjadi top of the line-nya produK SYM, maka bicara soal fitur tentu gak bisa diragukan lagi, lampu serba LED, panel speedometer TFT warna serta seabrek fitur canggih lainnya menjadi keunggulan pesaing Yamaha TMax dan Kymco AK550 ini.

Sensasi suaranya juga terasa moge banget, wajar saja karena mengusung mesin 2 silinder DOHC 456cc bertenaga 30 Kw pada 6750 rpm dan torsi maksimum diangka 42,5 Nm pada 6250 rpm. Moge skutik SYM yang di jual di Indonesia ini dibanderol dengan harga, Rp. 192 Jutaan untuk OTR Jakarta.

3. CFMoto 250CL-X

Keunggulan motor ini ada dari segi desain, mengusung konsep motor naked bergaya retro modern, itu terlihat dari  lampu depan bulat LED, tanki membulat, body belakang yang minimalis tanpa spakbor digantikan dengan mudguard juga dengan jok tebal bertekstur ala motor cafe racer.

Tak ketinggalan, motor pesaing Honda CB250R juga Husqvarna Vitpilen ini dijejali beberapa fitur modern, selain lampu yang sudah serba LED, juga sudah dilengkapi panel speedometer full digital serta riding mode, mesin dengan assist slipper clutch, suspensi depan upside down, knalpot model underbelly dan rem kaliper radial dengan ABS dual channel dari Bosch Jerman. Ynag unik dari motor ini adalah desain headlight-nya yang membentuk huruf”X” sebagai karakternya dan dipadukan dengan lampu bulat yang memancarkan aura classic.

Saat dinaiki, motor ini joknya sangat ramah untuk tinggi badan orang Asia seperti saya, hehe… Bisa napak sempurna, Stang yang tinggi juga lebih nyaman, dan dengan mengusung mesin 250cc 1 silinder DOHC berpendingin cairan, powernya mencapai 20,5 Kw pada 9750 rpm dan torsi 22 Nm pada 7500 rpm. Terasa banget jengat dan enak dibuat pecicilan, sayangnya dengan mesin yang hanya 1 silinder ditambah dengan knalpot underbelly terasa cempreng suara knalpot standarnya, mungkin jika diganti dengan knalpot aftermarket akan lebih mantap lagi.

Pihak MFI membanderol motor ini dengan harga Rp. 62.350.000 OTR Jakarta.

4. CFMoto 250SR

Ini dia bintangnya saat acara kemarin, karena motor ini baru dirilis dengan banderol harga Rp. 63,5 Jutaan OTR Jakarta.

Kenapa kok bisa mahal? Ya, karena motor ini masih kategori impor CKD ya, walaupun begitu pihak MForce sudah merakitnya secara lokal dengan komponen lokal sekitar 20 persen, jadi itupun sebenarnya lebih murah.

Walaupun begitu CFMoto 250SR ini punya keunggulan dari segi desain yang sporty dan mogelook, memiliki desain lampu depan yang memiliki karakter unik dan aerodinamis, dimensinya pun gak terlalu besar, ramping dan cukup ringan. Memiliki keunggulan rangka model teralis, swing arm model banana, dan suspensi depan Upside down.

Mesinnya sama dengan 250CLX yakni mengusung mesin 250cc 1 silinder DOHC berpendingin cairan, powernya mencapai 20,5 Kw pada 9750 rpm dan torsi 22 Nm pada 7500 rpm.

Tapi yang bikin saya terkejut ada pada fitur dasbornya, menggunakan model TFT warna yang futuristik yang tak hanya bisa terkoneksi lewat smartphone lewat aplikasi, sehingga bisa menampilkan beragam infotainment bahkan bisa menampilkan peta navigasi, waah motor sekelasnya, mana punya fitur ini ya, hehe…

5. SM Sport SM3

Mengusung konsep desain Roadster bergaya classic modern, saya sendiri kurang begitu suka sama model motor seperti ini, sok belakang ganda, velg jari-jari terkesan jadul banget, hehe,,, tapi saya penasaran sehingga saya pun coba.

Dan setelah saya naikin, motor ini punya jok yang rendah dan stang kemudi yang tinggi sehingga posisi duduknya sangat ergonomis, mengingatkan saya pada Honda Rebel. Dan setelah saya ajak jalan, gilaa ini motor smooth banget, padahal mesinnya 400cc 2 silinder lho.

Suaranya juga gak terlalu blar-blar, tapi sensasi ridingnya itu lho yang empuk dan nyaman dan bisa diajak santai, kayaknya asyik nih kalau touring pakai motor ini. pokonya sekali coba langsung pengen. Cuma ya itu dia harganya yang mencapai Rp. 116,8 Jutaan OTR Jakarta, buat saya sih kemahalan ya, seandainya ada yang lebih murahnya ya.

6. CFMoto Zeeho AE8

Sebenarnya motor listrik CFMoto ini masih prototype, dan belum dijual secara resmi. Tapi pihak MForce memberikan kesempatan kepada kami untuk mencoba dan mereviewnya. Dan siapapun yang pertama kali melihat dan mencobanya saya jamin pasti pengen.

Dari segi desain, motor gak seperti motor listrik pada umumnya yang kecil dan aneh-aneh kayak mainan. CFMoto Zeeho ini terlihat seperti kendaraan masa depan di film-film sci-fi. Desainnya anti mainstream, itu terlihat dari desain headlamp bertumpuk dan sayap body dual layer yang aerodinamis, apalagi bagian belakangnya yang tertutup bagian sampingnya, dengan jok yang minimalis tapi dimensinya gak terlalu lebay, malah bisa dibilang ramping dan kecil, ya mungkin segede Vario lebih kecil dari Aerox, walaupun cuma pakai ban 12 inch seperti Scoopy, tapi terlihat proporsional.

Dari segi fitur jelas menarik, di Indonesia sepertinya baru CFMoto Zeeho ini yang menggunakan kunci kontak model kartu NFC, punya 3 mode riding, Panel speedometernya pun sudah pakai model TFT warna yang menampilkan beragam informasi termasuk konektifitas smartphone, rem ABS dan juga rem cakram depan belakang dengan kaliper Brembo.

Untuk spek mesinnya, bertenaga 10 Kw yang mampu dibawa sejauh 190 Km dalam sekali ngecas, dibawah jok terdapat dua baterai yang bisa dilepas, berat skutik ini 148 kg dan bertransmisi otomatis menggunakan penggerak drivebelt.

Untuk harganya, walaupun belum dirilis tapi pihak MForce Indonesia meberikan estimasi harga Zeeho AE8 ini direntang harga Rp. 60 sampai 65 jutaan, OTR Jakarta, rencananya sih akan mulai dipasarkan mulai tahun 2023 nanti.

Untuk mengetahui daftar harga produk MForce di Indonesia, bisa baca lengkapnya di artikel :

Semoga berguna…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

 

 

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!