CVT Mesin eSP+ ADV160, PCX160 dan Vario 160 Ternyata Beda ? Ini Penjelasannya

Warungasep.net – Pada acara bedah mesin eSP+ 160cc Honda akhir pekan kemarin, banyak info menarik yang saya dapatkan. Dari mulai diskusi dan tanya jawab seputar masalah yang terjadi di motor konsumen ( Baca : AHM menjawab Crankcase jebol ), dan juga info tentang mesin 160cc Honda yang dipakai oleh Honda ADV160, PCX160 dan Vario 160 ternyata memiliki beberapa perbedaan.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT. AHM

Apa saja perbedaanya? Dan apa lagi fakta menarik tentang mesin 160cc esP+ Honda? Berikut ini hasil tanya jawab bersama pak Endro Sutarno yang menjabat sebagai Technical Service Divisonya AHM :

Pertanyaan : Kenapa Engine Mounting mesin eSP+ 160cc Honda dipindah menjadi menggantung diatas mesin?

Jawaban : “Alasannya pertama, untuk lebih mendinginkan bagian bawah mesin, jadi udara lebih leluasa. Kemudian, kenapa dipindah kebagian atas, untuk mengikat engine lebih kuat daripada yang dibawah Dan memang teknologi yang ini sudah dari awal, pertama yang pakai itu PCX125 generasi pertama” Jawab pak Endro.

Apakah ADV160 sudah pakai rangka eSAF

“Belum, untuk ADV160 masih menggunakan model rangka besi tubular namun punya desain baru” terangnya.

Alasannya kenapa tidak pakai rangka eSAF ?

“Teknologi eSAF itu memang bagus, cuma untuk digunakan di motor ini(ADV160) perlu banyak perubahan-perubahan, sedangkan yang ada sekarang itu kan baru di tipe yang menggunakan flat deck seperti Vario 160, karena basicnya hampir sama dengan dipakai oleh Beat, Scoopy dan juga Genio.”

Antara tubular dan Esaf apakah ada kelebihan dan kekurangannya?

“Kalo eSAF kelebihannya lebih ringan, tapi model besi tubular yang digunakan oleh ADV160 juga dibuat lebih ringan dibanding yang sebelumnya, karena setiap kita buat produk baru itu kita akan membuat desain frame yang lebih dan lebih baik lagi. Kemudian desain Tubular ADV160 yang baru ini didesain ulang untuk mendukung volume bagasinya menjadi lebih besar”.

Sudah HSTC, Tapi kenapa ABS cuma satu channel ?

“Karena ABS satu Channel masih cukup dan masih relevan digunakan di kelas-kelas skutik seperti ini” jawabnya.

Kenapa ukuran ban PCX dan ADV160 menggunakan ban belakang 13 inch

“Dari segi diametr keseluruhan sebenarnya jadi sama, dari tingginya juga, cuma yang belakang diameternya lebih kecil itu supaya menghasilkan tipe ban yang digunakan menjadi terlihat lebih gambot. Terus traksinya juga lebih bagus, juga lebih nyaman”.

Suspensi tabung ADV160 bisakah digunakan di PCX?

“Suspensi tabung sementara hanya untuk ADV160, tapi untuk dipakai di PCX bisa juga cuma pastinya akan ada sedikit penyesuaian.”

Apa saja perbedaan mesin eSP+ 160cc antara PCX, ADV Vario ?

“Kalau di PCX dengan Vario ada yang berbeda dibagian dalam CVT, diantaranya ukuran bearing dan Drive shaft, begitu juga dengan ADV160 baik diameter dan ukurannya beda. Terutama dari ukuran as-nya. Misalkan Vario ukuran diameter as driven shaftnya lebih besar, yang lainnya kecil. Beda lagi dibagian gear driven shaft punya PCX dan ADV ukurannya lebih besar dari Vario, lebih panjang , jadi intinya beberapa part daleman CVT antara PCX, ADV160 dan Vario ada beberapa yang beda gak bisa PNP” pungkasnya.

Jika masih bingung dengan jawabannya, Untuk penjelasan detail, kalian bisa lihat melalui video berikut ini :

Kenapa dibuat berbda, apa alasannya ?

“Alasannya untuk membedakan karakter dari masing-masing produk tersebut” jelasnya.

Apa yang bisa dirasakan perbedaan oleh konsumen

“Perbedaanya diantaranya dari tarikan pertama otomatis antara PCX dengan ADV pasi beda, terus topspeed juga, sedangkan untuk mesinnya semua sama, bedanya lagi di gear box terus kalau punyanya  Vario di bagian CVT-nya juga beda, baik itu Driven Pulley, Ukuran roller, juga ukuran Drive Belt itu beda dengan ADV160 dab PCX160.”

Di akhir sesi diskusi dan tanya jawab seputar mesin eSP+ 160cc Honda kemarin, pak Endro menambahkan informasi jika takaran pergantian oli periodik antara ketiga produk ternyata berbeda.

“Untuk Vario 160 dan PCX160 takaran olinya sama yaitu 0,8 liter untuk pergantian periodiknya, sedangkan untuk ADV160 berbeda, karena cuma 0,75 saja. Karena peletakan sudut mesin ADV160 sedikit miring, tapi bukan berarti takaran olinya lebih sedikit, tapi saat mengeluarkan oli, ada sisanya yang mengendap di dalam mesin dan lebih banyak dibanding PCX atau Vario. Jadi total olinya sama, cuma yang dikeluarkan beda, maka penggantian olinya juga berbeda. terangnya.

Bagaimana jika ada konsumen ADV160 yang masih awam, terus karena ketidak tahuannya menuangkan oli sebotol penuh, bagaimana? Pak Endro menjawab

“Sebotol penuh itu tidak disarankan(untuk ADV160), karena terlalu banyak dan berlebihan. Efeknya bisa mengakibatkan tarikan berat dan bocor oli, bisa rusak nantinya”. tutupnya.

 

1 Trackback / Pingback

  1. #TahukahAnda: Apa Beza Trenkuasa Honda Vario 160, PCX160, ADV160? – Sini Drive

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!