Honda CL300 2023 Rilis Duluan di China ?

Warungasep.net – Di ajang EICMA Milan kemarin, Honda menggebrak pasar bigbike kelas menengah dengan menghadirkan Honda CL500 2023, Motor bergaya Scramber yang merupakan produk legendaris Honda yang dihadirkan kembali dalam versi modern termasuk fitur-fiturnya. Dan yang menarik, tak hanya dalam versi 500cc-nya, Honda CL series juga ternyata dihadirkan dalam versi kecilnya yakni versi 300cc yang diberi nama Honda CL300 2023, Dan motor hadir duluan di China.

Cukup mengejutkan, entah kenapa melakukan debut motor Scrambler bermesin 300cc ini di negeri China, bukan di Eropa atau Thailand yang jadi basic produksinya, tapi menurut sumber dari media Inggris Bennets.co.uk, Honda melakukan joint venture dengan Sundiro Honda yang merupakan APM Honda di Tiongkok, entah pihak Sundiro memproduksinya sendiri atau cuma merakitnya saja alias CKD, yang jelas pasar Domestik China sepertinya menjadi sangat potensial seiring dengan banyak dirilisnya motor premium Honda disana, bahkan beberapa diantarnya diproduksi secara lokal dengan beberapa perbedaan spek dan desain dibandingkan versi globalnya.

Sebenarnya versi kecil dari Honda CL series ini bukan cuma CL300 saja, karena sebelumnya Honda Jepang telah mengungkap model baru Honda CL250, sayangnya belum dirilis secara resmi karena rencananya akan diluncurkan di tahun depan.

CL300 with Accessories

Kembali kita bahas CL300 produk Sundiro Honda, sama seperti CL500 yang merupakan diversifikasi produk dari Honda Rebel 500, maka CL300 juga menggunakan basic mesin daripada Honda Rebel 300 yang sebelumnya sudah hadir duluan di China.

Mengusung mesin 286cc 1 silinder DOHC berpendingin cairan, powernya lebih rendah hanya 26,1 Ps dibandingkan Rebel 300 yang mencapai 27,7 Ps, bahkan jika dibandingkan saudaranya yang lain seperti CB300R yang mencapai 30 PS, sepertinya CL300 ini menjadi motor 300cc paling rendah di kelas 300cc Honda.

Tidak ada perbedaan fitur dengan CL500, Karena CL300 juga memiliki beberapa commonte part dengan kakaknya, seperti lampu depan bulat LED, lampu serba LED, Panel speedometer full digital berbentuk bulat.

Untuk mendukung gaya Scramblernya, CL300 juga memeliki beberapa bagian yang terlihat classic sebut saja suspensi depan teleskopik dengan pelindung karet, kaki-kaki menggunakan ban dual pupose asimetris dengan velg depan 19 inch dan belakang 17 inch, dan yang unik dari motor ini adalah posisi knalpotnya yang berada di samping jok ala-ala motor trail jadul.

Terakhir, untuk harga Honda CL300 ini belum diumumkan, dan di web resmi Sundiro Honda, motor pesaing QJmotor Flash 350, Royal Enfield HUnter 350 dan Zontes GK350 ini dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna putih, silver dan matte black.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!