Warungasep.net – Yamaha ngamuk cak! Kalau kata cak IWB mah, bagaimana tidak selama 3 hari ini Yamaha Indonesia secara berturut-turut merilis motor baru. Setelah kemarin, XSR155 2023 dan Nmax 2023, kini giliran Yamaha R15 2023 Connected yang mendapat update. Motor sport fairing di kelas 150cc yang tak hanya punya performa paling kencang dan paling canggih di kelasnya ini mendapat penyegaran berupa varian warna baru, salah satunya ketambahan varian yang menggunakan velg berwarna kuning stabilo.

Yamaha R15 2023

Tidak ada perubahan desain, spesifikasi maupun fitur motor sport yang punya tagline “Connect with The R Spirit” ini. Yamaha hanya menambahkan satu varian warna baru yaitu warna Aggressive Grey. Untuk menemani dua warna yang sudah ada sebelumnya yakni warna Racing Blue dan Tceh Black.

Yamaha All New R15 Connected warna teranyar Aggressive Grey telah tersedia dengan mengusung konsep Liberate The Rage, menggambarkan motor berperforma tinggi dengan karakter racy yang kuat untuk mendukung aktivitas di perkotaan. Berkendara pun semakin percaya diri menggunakan Yamaha All New R15 Connected yang merepresentasikan motor R Series dengan keunggulan racy yang kental di jalanan kota.

Tampilan Yamaha All New R15 Connected dengan warna Aggressive Grey mampu menarik perhatian. Didominasi warna abu-abu pada body motor, daya tariknya bertambah dengan diberikannya aksen warna kuning. Menariknya lagi, pada velg juga dilabur dengan warna kuning yang kian mempertegas kualitas racy motor ini.

Jadinya kini Yamaha Indonesia punya 2 tipe Yamaha R15 connected versi 2023, diantaranya 3 pilihan warna untuk varian standar dan 2 varian warna Yamaha R15M Connected yang berwarna silver dan special edition WorldGP 60th Anniversary. Berikut foto studionya :

Yamaha R15 Connected std

Yamaha R15 2023 Aggressi militer grey
Yamaha R15 2023 Tech Black

Yamaha R15 2023 Icon Blue

Yamaha R15M ABS

Yamaha R15M ABS Icon Performance

Yamaha R15M SE 60th Anniversary

Yamaha R15M ABS SE 60TH Anniversary

Yamaha R15 Facelift 2023 atau di Indonesia punya nama barau yaitu Yamaha R15 Connected ini memiliki tampilan baru yang lebih racy dan modern, yang paling jelas terlihat perbedaan dari versi sebelumnya adalah desain headlight yang kini menggunakan model single headlight projie LED yang berada ditengah air soop dan dipadukan dengan dual DRL LED yang membentuk alias di kedua sisinya, Yamaha namai model seperti ini sebagai Class D Bi Functional LED Headlight. Model ini juga ternyata sama dengan yang digunakan moge Yamaha R7.

Kemudian perubahan juga terlihat pada desain body fairing yang lebih sporty dan lebih aerodinamis terutama desain body belakang yang bolong menyerupai moge Yamaha R series lainnya. Sedangkan untuk area kaki-kaki masih sama, termasuk suspensi Upside down, swing arm alumunium banan arm, kaki-kaki dengan ban tapak lebar dan rangka jenis twinspar yang dinamai Deltabox sebagai keunggulannya.

Dan untuk rinciannya, berikut ini adalah fitur unggulan dari Yamaha R15 Connected terbaru :

Fitur Yamaha R15 Connected versi standar

  • Lampu Class D Bi Functional LED Headlight
  • Twin Eyes LED Position Light atau DRL
  • Suspensi depan Upside down dari KYB
  • Rangka Deltabox
  • Swing arm banana
  • Assist & Slipper Clutch akan membuat tarikan kopling lebih ringan, sedangkan Slipper clutch berfungsi untuk mencegah terjadinya selip pada roda belakang saat melakukan engine brake, ketika menurunkan gigi secara cepat.
  • Panel speedometer full digital
  • Dengan teknologi Y-Connect yang dapat menghubungkan sepeda motor dengan smartphone pengendara melalui koneksi bluetooth.

Yamaha Indonesia merilis 2 varian R15 Facelift, selain tipe standar ada juga varian Yamaha R15M, keduanya sama-sama punya fitur yang gak dimiliki oleh pesaingnya yaitu Y-Connect, tapi untuk versi R15M terlihat semakin canggih dan eksklusif dengan tambahan fitur yang lebih lengkap diantaranya :

Fitur Yamaha R15M Connected 2022

  • Traction Control System (TCS) yang berfungsi mencegah ban belakang kehilangan traksi (selip) saat motor sedang berakselerasi di segala kondisi permukaan jalan.
  • Dual Channel Anti-lock Braking System (ABS) yang membuat kontrol pengereman semakin optimal.
  • Quick Shifter yang memudahkan pengendara melakukan perpindahan gigi ke atas, tanpa menarik tuas kopling.
  • Big Bike Engine Switch Off yaitu tombol starter yang terdiri dari tombol 3 in 1 cut off/on dan starter engine, memberikan sensasi berkendara terasa berbeda ala big bike.
  • Triple Clamp bergaya YZR-M1, fitur ini berfungsi memberikan keseimbangan kekuatan dan kekakuan sehingga meningkatkan handling pada motor.
  • Panel speedometer dengan dua pilihan tampilan yaitu Track Mode dan Street Mode .,
  • Jok dengan cover motif karbon membuat pengendara kian merasa spesial.
  • Dan juga 3D emblem logo R15M yang terletak di tangki dan fork caps biru berlogo R15M. Body motor pun dirancang memiliki fairing aerodinamis untuk menunjang posisi berkendara yang sporty racing.

Bagaimana dengan mesinnya? Apakah ada perubahan? Sepertinya masih sama dengan versi sebelumnya. Masih menjadi yang terkencang di kelasnya, terutama karena keunggulan fitur Variable Valve Actuation atau VVA yang dipadukan dengan mesin 155cc 1 silinder SOHC 4 klep berpendingin cairan, power pesaing CBR150R juga GSX-R150 ini mencapai angka 14,2 kW/10000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm/8500 rpm sehingga mampu mencapai akselerasi berkendara yang memuaskan. Untuk lebih detailnya berikut data lengkapnya :

Spesifikasi Yamaha R15 dan Yamaha R15M 2023

Terakhir, untuk bandrol harga Yamaha R15 versi terbaru 2023 ini terbagi dalam 3 tipe, diantaranya sbb :

Harga Yamaha R15 dan R15M 2022

  • Harga Yamaha R15 Connected : Rp. 39.740.000 OTR Jakarta
  • Harga Yamaha R15M ABS : Rp. 44.385.000 OTR Jakarta
  • Harga Yamaha R15M ABS SE 60th Annoversary : Rp. 44.995.000 OTR Jakarta

”Motor sport selalu memiliki penggemarnya, sesuai dengan karakternya dan hobi mereka. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Yamaha meluncurkan warna baru All New R15 Connected yang juga dibekali berbagai fitur dan teknologi update seperti Y-Connect. Menggunakan All New R15 Connected warna teranyar ini pun akan semakin meningkatkan rasa percaya diri, sehingga layak menemani biker sebagai partner berkendara,” ungkap Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing – Public Relations PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!