Warungasep.net – Hari ini bertepatan dengan dirilisnya team Monster Energy Yamaha MotoGP, Yamaha Indonesia selaku tuan rumah memanfaatkan moment dengan merilis produk baru yakni Yamaha Grand Filano Hybrid Connected 2023. Skutik bergaya retro modern yang mengisi segmen kategori Classy Yamaha bersama dengan Yamaha Fazzio yang rilis terlebih dahulu tahun lalu. Hadir dengan model yang lebih classic dan lebih berkelas dengan fitur-fitur yang lebih canggih. Penasaran dengan spesifikasi, fitur dan harganya? Yuk kita kupas lebih detail…

Yamaha Grand Filano Hybrid 2023 Connected

Berbeda dengan Fazzio yang bernuansa serba ovale, Grand Filano Hybrid mengusung gaya yang sama dengan Piaggio Vespa yakni ala-ala skuter klasik Italia. Posisi lampu depan di setang kemudi dengan bentuk lancip, desain body yang membulat dan penggunaan ban 12 inch dengan tapak lebar yang lebih proporsional. Baik lampu depan, belakang dan lampu seinnya kini sudah serba LED, jadi walaupun skuter bergaya klasik tapi sudah dijejali fitur kekinian.

 

Fazzio mungkin menyasar konsumen generasi muda, sedangkan Grand Filano Hybrid terlihat lebih dewasa dan stylish sehingga lebih berkelas. Untuk mendukung gaya berkendara, skutik retro modern terbaru Yamaha ini juga dijejali beragam macam fitur kekinian, bahkan beberapa diantaranya belum dimiliki oleh skutik pesaing di kelasnya, sebut saja diantaranya sbb:

 

Fitur Yamaha Grand Filano Hybrid Connected

  • Panel meter kombinasi LCD negatie display dengan layar TFT
  • Smartkey system
  • Power Socket charger
  • LED Headlight
  • Kapasitas bagasi 27 liter
  • Spacius front pocket untuk menyimpan botol
  • Hazard Lamp
  • One push start
  • Smart Stop System
  • Wide and tubless tire
  • Convenince Footstep, pijakan kaki belakang yang lebih luas
  • Premium seat, kursi jok yang mewah dengan tulisan motif bordel
  • Lubang tanki di depan

 

Selain menggunakan mesin Blue Core Hybrid 125cc, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected disempurnakan oleh fitur canggih Yamaha Motorcycle Connect yang mendukung generasi masa kini untuk always on. Dengan teknologi Communication Control Unit (CCU), mampu menghubungkan sepeda motor dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connect. Fitur ini memudahkan pengendara untuk mendapatkan notifikasi telepon, pesan, lokasi parkir terakhir, rekomendasi perawatan oli dan aki, memonitor konsumsi bahan bakar, rincian berkendara dan notifikasi malfunction. Sehingga dapat mendukung kebutuhan gaya hidup pengendara masa kini untuk semakin berkelas.

 

Jadi, yang membedakan antara Fazzio dan Grand Filano adalah panel meter yang sudah TFT, Lubang tangki di depan sehingga bagasi lebih luas, lampu yang serba LED, pijakan kaki serta spion yang lebih terlihat retro. Sayangnya berbeda dengan kembarannya yang ada di Vietnam yakni Yamaha Grande 125 yang sudah ABS, rem Yamaha Grand Filano Hybrid ini masih pakai rem biasa dengan kombinasi rem cakram di bagian depan dan teromol dibelakangnya.

 

Untuk spesifikasi mesinnya, karena sudah mengusung nama “Hybrid”, maka sudah kita ketahui jika skutik ini menggunakan basis mesin yang sama dengan Yamaha Fazzio, yakni Teknologi Blue Core Hybrid yang memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yaitu tenaga yang dihasilkan dari mesin serta tenaga yang berasal dari Electric Power Assist Start yang membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus khususnya ketika melewati jalan menanjak atau membawa penumpang.

 

Semakin berkelas karena teknologi ini dilengkapi sistem One Push Start yang membuat mesin cepat menyala dengan satu sentuhan serta dilengkapi fitur Stop & Start System yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis saat motor tidak digunakan sehingga lebih menghemat bahan bakar.

 

Yamaha Grand Filano 2023 mengusung mesin 125cc Bluecore Hybrid bertenaga 6.1 kW(8.3PS)/6.500 rpm dan torsi maksimum diangka 10,4 Nm (1,1 kgf.m)/5000 rpm, pihak Yamaha Vietnam mengklaim jika motor ini lebih irit karena bisa menempuh jarak 100 km hanya dengan mengkonsumen 1,66 liter BBM saja. Untuk lebih detailnya lihat dibawah ini :

SPESIFIKASI Yamaha Grand Filano 125 Hybrid 2023

Jenis Blue Core Hybrid, berpendingin udara, 4-tak, 2-katup, silinder tunggal
Kubikasi mesin (CC) 125 cc
Diameter dan langkah piston 52,4 x 57,9 mm
Rasio kompresi 11.0 : 1
Power maksimum 6.1 kW(8.3PS)/6.500 rpm
Torsi maksimum 10,4 Nm (1,1 kgf.m)/5000 rpm
Sistem starter Electric
Sistem pelumasan pelumas
Kapasitas oli mesin 0,84 L
Kapasitas tangki bensin 4.0 LEBIH
Konsumsi bahan bakar (l/100km) 1.66
Sistem pengapian TCI (digital)
Sistem kopling Kering
Rasio transmisi 2.216-0.748 :1
Dimensi (panjang x lebar x tinggi) 1820mm x 684mm x 1155mm
Ground clearance 127mm
Berat basah 101 kg
Jenis Frame Underbone
Deviasi sumbu kemudi 26,7 derajat
Rem depan Rem cakram hidrolik tunggal
Rem belakang Rem tromol
Ban depan 110/70-12 47L
Ban belakang 110/70-12 47L

Terakhir, untuk harga Yamaha Grand Filano ini pihak Yamaha Indonesia menjualnya dalam 2 tipe, diantaranya tipe Neo atau varian standar yang dibanderol dengan harga Rp. 27 jutaan OTR Jakarta dan tersedia dalam 4 pilihan warna diantaranya warna NEO Dull Blue, NEO Red, NEO Beige, dan NEO Black, sedangkan satu lagi namanya tipe LUX dengan banderol harga yang lebih mahal 500ribuan dan hanya terdiri dari 2 pilihan warna yakni LUX White Pearl dan LUX Matte Blue.

 

Untuk pembahasan lebih lengkap termasuk komparasi, akan saya ulas di artikel berikutnya.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!