Honda CB300F Twister 2023 Rilis di Brazil, Upgrade Mesin Tapi Suspensi Depan Belum Upside Down

Warungasep.net – Honda Brazil merilis produk baru yang diberi nama Honda CB300F Twister 2023, mMotor sport naked yang merupakan successor daripada CB250F Twister ini hadir dengan upgrade mesin dengan kapasitas dan tenaga yang lebih besar, dari segi desain dan fitur juga lebih lengkap. Ada yang bilang jika motor ini cocok sebagai pengganti Honda Tiger di Indonesia. Benarkah? Mending yuk kita intip lebih detail.

Mungkin kalian familiar dengan nama dan model motor ini. Yupz, karena walaupun pihak Honda Brazil mengkalim jika motor ini dikembangkan oleh mereka sendiri untuk memenuhi kebutuhan konsumennya, tapi tak dapat dipungkiri jika motor ini kembaran dengan motor yang sama di Indonesia, bahkan namanya pun sama, bedanya versi Brazil ada tambahan identitas “Twister” di belakangnya mengikuti nama yang memang sudah ada sebelumnya.

Bisa dipastikan semua bagian desainnya sama, terinspirasi dari moge di kelas menengah Honda CB500F itu terlihat dari desain headlampnya yang lancip, versi kecilnya ini hadir dengan konsep motor sport naked yang manly alias gagah, body yang kekar dipadukan dengan desain yang serba tajam yang sporty, ciri khas produk Honda kekinian.

Begitu juga dengan fiturnya, sebut saja lampu serba LED, baik lampu depan, belakang hingga lampu seinnya. Panel speedometer full digital dengan negative display, USB Charger, assist and slipper clutch, ban tapak lebar dengan ukuran 110/70 dibagian depan dan 150/60 dibagian belakang dengan velg 17 inch, serta dilengkapi dengan dua system pengereman, rem CBS untuk tipe termurah dan rem ABS dual channel untuk tipe teratas.

Sayangnya, ada 2 fitur yang berbeda anatara CB300F di India dan CB300F Twister di Brazil, diantaranya yang paling kentara adalah model suspensi depan, jika CB300F India pakai suspensi Upside down, sedangkan di Brazil masih pakai model teleskopik biasa. Walaupun begitu pihak Honda Brazil menyebutkan jika ukurannya telah ditingkatkan dari sebelumnya 37mm(CB250 Twister) menjadi berukuran 41mm.

Begitu juga dengan system konektifitas smartphone, untuk versi Brazil ini tidak tersedia.Padahal Honda India memberikan fitur fitur Honda Smartphone Voice Control System (HSVCS). Dan motor ini juga tanpa fitur Honda Selectable Torque Control yang menjadi keunggulannya dibanding produk pesaingnya seperti Yamaha MT03, KTM Duke 390 dan juga Suzuki Gixxer 250.

Bagaimana dengan spesifikasinya, keduanya sama-sama mengusung mesin 293,52cc 1 silinder 4 klep SOHC berpendingin oli. Cuma bedanya untuk versi Brazil menggunakan model Flex One dimana konsumen bebas memilih bahan bakar yang akan digunakan baik itu etanol atau bensin. Power maksimumnya bisa mencapai 18 Kw atau setara 24,7 dan torsi 25,6 Nm. Motor ini memilik bobot 139 kg, tinggi jok-nya cukup rendah hanya 789 mm, dan kapasitas tangki yang cukup besar mencapai 14,1 liter. Tangkinya ini menggunakan cover plastik yang diklaim untuk melindungi tangki utama jika terjatuh, sehingga lebih murah ketika menggantinya ketika terjadi kerusakan, ujarnya, hehe…

Terakhir, harga Honda CB300F Twister MY 2023 ini dijual dalam 2 tipe, diantaranya tipe standar dengan rem CBS dibanderol R$ 18.900,00 atau setara Rp. 56 jutaan yang hanya tersedia satu warna saja yakni warna hitam , sedangkan warna lainnya yaitu kuning dan merah merupakan tipe ABS yang dijual lebih mahal mencapai R$ 19.800,00 atau setara Rp. 58 Jutaan.

Jadi, apakah ini cocok sebagai pengganti Honda Tiger? Wah, sepertinya kalian harus segera bangun, jangan kebanyakan mimpi, karena AHM sepertinya gak akan pernah menjual lagi motor sport naked di kelas 200 atau 250cc, hehe…

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!