Warungasep.net – Sebuah penampakan video spyshots viral di media social, diduga merupakan calon produk baru dari pabrikan Italia yaitu Aprilia. Tapi motor tersebut bukan dites di Eropa yang merupakan negeri asalnya malainkan di India. Banyak media sana yang berspekulasi jika yang tampak adalah calon sport bike baru Aprilia di kelas menengah yang diduga akan diberi nama Aprilia RS400. Tapi buat konsumen di Indonesia yang bikin penasaran adalah konfigurasi mesinnya, apakah cuma 1 silinder, atau 2 silinder atau ngikutik ZX4RR yang rilis kemarin menggunakan 4 piston? Untuk itu yuk kita coba kita sedikit ulas.

Foto yang beredar luas tersebut merupakan screenshots dari Video yang viral di Instagram yang diunggah oleh salah satu akun bernama Evoindia, dalam captionnya ia menyebutkan jika motor yang tampak selalu berkeliaran di jalan-jalan di daerah Baramati, di Maharashtra India.

Indikasi jika motor tersebut adalah calon produk baru adalah penggunaan kamuflase di seluruh bagian body motor, namun ada beberapa detail yang identik dengan produk Aprilia, diantaranya desain headlamp yang menggunakan model triple headlight yang menjadi ciri khas keluarga Aprilia RS series.

Seperti yang kita tahu jika dari mulai RS series terkecil yakni Aprilia RS125, RS660 hingga superbike RSV4 memiliki desain wajah yang sama. Namun ada beberapa perbedaan yang menyesuaikan karakter yang menjadi regulasi atau trend disana, diantaranya body belakang yang menggunakan hand grap atau behel dan juga ergonomi riding yang lebih santai pakai model stang kemudi diatas yoke.

Bagaimana dengan mesinnya? Beberapa media India berspekulasi jika motor ini akan memiliki kubikasi mesin antara 300-400 dan berkonfigurasi 1 silinder. Alasannya karena di India sendiri sudah ada 2 pabrikan asal Eropa yang terjun ke segmen sport fairing kelas menengah seperti ini diantaranya KTM dengan varian KTM RC390 dan BMW dengan BMW G 310 RR yang rilis tahun kemarin.

Dan jika benar ini, Aprilia jadi pabrikan Eropa ketiga yang jualan motor sport di kelas 300-400cc. Hmmm, apakah nantinya Ducati dan Triumph mau ikutan? Hehe….

Saya coba sekilidi eh selidiki area mesinnya. Di bagian crankcase sebelah kiri mirip dengan punya kakaknya yaitu Aprilia RS660, coba perhatikan :

Baca ; Aprilia RS660 Dan 3 Moge 2 Silinder Lainnya Rilis di Indonesia, Segini Harga Resminya…

Sekarang bandingkan dengan focus ke area crankcase atau tutup mesin sebelah kiri, mirip bukan? Bahkan untuk posisi foot step pengendaran dan model frame nya mirip, cuma bedanya cakram rem depan cuma satu saja, berikut fotonya :

Calon Aprilia RS400

Jika bagian tersebut mirip, apakah ada indikasi jika si RS400 ini menggunakan platform mesin yang sama dengan RS600 tapi dengan spek yang lebih kecil? Kalo benar, bisa kita duga konfigurasi mesinnya mungkin menggunakan 2 silinder.

Karena untuk mesin 1 silinder, sebenarnya Aprilia sudah punya dan dikembangkan di negeri China. Bahkan sudah digunakan oleh varian sport bike Aprilia, namun bukan mengusung label RS series melainkan nama GPR250

Baca : Italia Banget! Aprilia GPR250R 2022 Kini Hadir Versi GP Tricolor

Adapun produk dengan nama Aprilia RS250SP hanya digunakan di Eropa untuk keperluan trackday atau balapan di sirkuit, dan bisa kita lihat bentuk crankcase-nya pun beda, cekidot :

Baca : Aprilia RS250SP 2020, Motor Khusus Balapan di Italia, Harganya Rp. 150jutaan

Tapi ya karena pesaing Eropanya semua menggunakan mesin 1 silinder, bisa jadi Aprilia juga ikut langkah yang sama, bisa lebih affordable alias terjangkau juga harganya nantinya. Tapi ya sekali lagi itu hanyalah spekulasi dan asal tebak-tebakan saja. Jadi ya kita tunggu saja, apakah ini benar Aprilia RS400 atau RS300, apakah mesinnya 2 silinder atau 2 silinder yang jelas jika nanti sudah rilis dan ada indikasi akan masuk ke Indonesia, sama seperti motor sport KTM dan BMW yang sudah lebih dulu masuk ke Indonesia, pasti harganya super mahal, karena impor, hehe…

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!