Yamaha Jog 2023, Skutik Honda Berbaju Yamaha

Warungasep.net – Kita kenalan dengan Yamaha Jog versi 2023 yang pada hari Valentine kemarin mendapat update tampilan warna baru yang lebih fresh dan lebih terleihat elegan dan merah. Ya, walaupun cuma skutik 50cc di kelas entry, tapi ada yang menarik, karena motor ini adalah skutik Honda berbaju Yamaha. Lho kok bisa gitu?

Lebih tepatnya sih, skutik Yamaha ini menggunakan basis mesin dan rangka yang merupakan produk Honda. Jadi, jika kita kira Honda dan Yamaha berkompetisi, tapi di negara asalnya yaitu Jepang, kedua raksasa perusahaan otomotif dunia ini justru bekerja sama.

Buat kalian yang belum tahu, sudah ada sejak tahun 2004 Honda dan Yamaha melakukan kerjasama, Nah, karena kedua pabrikan tersebut merupakan pabrikan asal Jepang, sehingga tak heran jika Yamaha menggunakan mesin 50cc Honda yang bertujuan untuk memangkas biaya produksi, dan motor ini juga hanya dipasarkan khusus untuk pasar domestik Jepang, alias motor Japanese Domestic Market atau JDM.

Bukan cuma Yamaha Jog saja, Yamaha juga menggunakan mesin Honda untuk 2 produk lainnya antara lain Yamaha Vino dan Yamaha Gear 50(lain kali akan saya bahas terpisah), hehe…

Baca : Scooter Classic Yamaha Vino 2022 Punya 6 Warna Baru, Cakep Mana Dengan Fazzio?

Oh ya, mesin yang digunakan sama dengan Honda Giorno aka Metropolitan juga Honda Ruckus aka Zoomer yang dijual di Amerika serikat, mengusung mesin 49cc 1 silinder berpendingin cairan dengan system injeksi PGM-FI. Ingat, walaupun kecil skutik ini sudah pakai radiator. Power motor terbilang kecil cuma 4,5 Ps pada 8000 rpm dan torsi 4,1 Nm pada 6000 rpm. Bobotnya cuma 81 Kg dan kapasitas tankinya 4,5 liter, walaupun kecil, bagasi skutik ini bisa muat helm model open face.

Bicara soal desain, Yamaha Jog ini mengusung desain skutik neo klasik tahun 90an sebelum milenium, dengan ciri khas bagian moncong depan yang panjang dan tanpa spakbor, lampu utama di stang kemudi menyatu dengan sein, desain body belakangnya juga lebih compact dan area dek yang cukup luas, walaupun begitu karena regulasinya, skutik 50cc seperti ini hanya muat dikendarai 1 pengemudi saja.

Fitur Yamaha Jog 2023 ini pun lumayan dan mirip dengan yang terdapat di skutik Honda, Diantaranya rem combi brake system atau CBS, secure lock dengan pengaman magnet, panel speedometer kombinasi analog dan digital tapi rem-nya masih menggunakan model teromol baik depan dan belakang dengan ukuran ban menggunakan velg 10 inch.

Terakhir, harga Yamaha Jog versi 2023 ini pihak Yamaha Jepang membanderolnya dengan 2 tipe harga, diantaranya tipe standar dengan banerol 181.500 Yen atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 20jutaan, dan tipe Deluxe dibuat lebih mahal mencapai 194.700 Yen atau lebih mahal Rp 2jutaan.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!