AHM Pajang Motor Listrik Honda EM1 e: di IIMS 2023

Warungasep.net – Seakan menjadi tradisi dimana ada pameran otomotif, pabrikan berlomba-lomba memamerkan teknologi lewat produk terbaru atau juga model prototype. Dan di ajang IIMS 2023 yang digelar di JIEXPO Kemayoran Jakarta mulai tanggal 16-26 Februari, PT. Astra Honda Motor (AHM) memajang salah satu produk motor listrik yang bernama Honda EM1 e:, Wah, apakah motor ini sudah dijual?

Sayangnya Honda EM1 e: yang merupakan model global yang sudah mulai dijual di Eropa ini hanya sebatas diperkenalkan untuk daya tarik pengunjung juga sebagai langkah studi dan upaya menangkap animo masyarakat sebelum meluncurkan dua model sepeda motor listrik Honda di Indonesia pada tahun ini.

Sebelummnya, AHM telah menyampaikan strategi dan roadmap sepeda motor listrik Honda di Indonesia hingga tahun 2030, dengan rencana memasarkan sejumlah kendaraan listrik sebagai bagian dari Honda e:Technology.

Baca : AHM Akan Rilis 2 Motor Listrik di Tahun 2023, Target Terjual 1 Juta Unit Per Tahun?

Dan sekarang kita coba ketahui lebih detail tentang sekutik ini, ya walaupun belum dijual jadi tidak salahnya kita mengenal mengenai fitur dan spesifikasinya.

Sebenarnya skuter listrik Honda ini merupakan rebadge dari mocin atau lebih tepatnya produk Honda China yakni Honda U-Go. Skuter listrik yang sudah dijual di Indonesia tapi lewat importir umum bukan lewat jalur resmi AHM. Nah, pihak Honda Eropa menamai ulang skuter ini menjadi Honda EM1 e atau yang punya arti kepanjangan dari Honda Electric Moped.

Baca : Honda EM1 e: 2023, Inilah Skuter Listrik Pertama Honda di Eropa

Sayangnya, pihak Honda Eropa tidak mengungkapkan spesifikasi teknis dari skuter listrik mereka ini. Namun mereka mengklaim jika skuter listrik ini akan dirilis secara resmi pada musim panas tahun 2023 nanti sekalian mengungkap spesifikasi lengkapnya.

Namun dari keterangan singkat, Honda EM1 ini merupakan model pertama dari 10 model motor listrik yang akan diperkenalkan di Eropa dan juga pasar Global dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan. Hal ini bertujuan sebagai komitmen Honda untuk tujuan Netralitas Karbon yang berencana untuk meng-elektrifikasi semua produknya secara bertahap hingga tahun 2040 mendatang.

Jika melihat spesifikasi Honda U-Go yang diproduksi oleh Wuyang Honda China, skutik ini menggunakan mesin listrik penggerak hub belakang 1200 Watt yang mampu mengeluarkan tenaga 1,8 Kw atau setara 2,4 hp dan topspeed 53 km per jam. Tapi Honda U-Go menggunakan baterai model tanam, sedangkan Honda EM1 pakai model baterai yang bisa dilepas pasang seperti PCX Electric.

Yang menarik untuk pasar Eropa, pihak Honda menawarkan Honda Mobile Power Pack e:,dengan baterai terpisah yang bisa ditukar atau bisa diisi ulang secara langsung dengan lisrik rumah. Mereka mengklaim dengan kondisi penuh baterai tersebut mampu mencapai jarak sejauh 40 km.

Terbilang kecil, karena memang skuter listrik pertama Honda di Eropa ini ditujukan untuk kerja ringan untuk transportasi kota yang unik dan menyenangkan. Desain yang diusung Honda U-Go aka Honda EM1 ini juga terlihat unik, sederhana dan futuristik.

Fitur-fiturnya juga cukup lengkap sebut saja lampu serba LED, Panel speedometer full digital, riding mode, USB Socket charger dan juga smartkey. Motor ini punya bobot yang cukup ringan yakni hanya 83 kg saja dengan ban ukuran mungkin 90/90-12 inch dibagian depan dan 100/90-10 inch dibagian belakang, sayangnya rem cakramnya cuma depan saja, belakang masih teromol.

2 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Honda U-GO GT 2023, EM1 Sporty Pakai Cakram Belakang dan Bisa Connect Smartphone - WARUNGASEP ★★★☆☆

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!