Harley Davidson X350 2023 Resmi Dirilis, Pakai Mesin Benelli Buatan China ?!

Warungasep.net – Setelah muncul spyshotsnya beberapa tahun lalu, akhirnya tepat hari ini sejarah tercipta dimana pabrikan Amerika merilis produk baru yang diberi nama Harley Davidson X350 2023. Motor dengan kubikasi terkecil yang menggunakan basis mesin dan rangka dari produk asal China yaitu Benelli 302S. Penasaran dengan detailnya, yuk kita bahas lebih lengkap.

Harley Davidson x350 atau yang punya nama lain HD350 ini mengusung konsep perpaduan motor classic dan modern bergaya Flat Tracker yang terinspirasi dari produk legendaris HD XR750. Wajar saja, produsen Amerika ini sampai membuang gengsinya yang biasanya memproduksi Moge di kelas premium dan kini terjun di kelas motor bermesin kecil.

Apa lagi di kelas ini sudah banyak pesaingnya jadi bisa dibilang bukan blue ocean lagi tapi jadi red ocean setelah Honda menghadirkan CB350, apalagi pabrikan India malah sudah mendominasi dengan Royak Enfield 350series, dan bahkan bentar lagi Kawasaki juga akan hadir dengan produk barunya yang gosipnya akan diberi nama Eliminator dalam waktu dekat.

Dan motor ini melakukan debut perdananya di negeri China, karena memang disanalah motor ini diproduksi dan kemungkinan nantinya akan dijual untuk pasar Global. APakah Indonesia akan kebagian? Wah pasti bakal diincer sebagai koleksi anak pejabat nih, #eh.

Bicara soal desain. HD350 ini memang enggak ada aura Harley Davidson yang pada umumnya bergenre classic cruiser dengan mesin V-Twin berkapasitas besar. Karena motor yang hasil kolborasi antara Harley Davidson dengan perusahaan asal China, QianJiang Motorcycle ini menggunakan basic motor kecil dan hanya berkonfigurasi mesin inline twin.

Untuk spesifikasinya, HD x350 ini mengusung mesin 353cc 2 silinder berpendingin cairan. Power maksimum diatas kertas motor ini mencapai angka 27 Kw atau setara 36,7 Ps pada 11ribu rpm dan torsinya 31 Nm pada putaran rendah di angka 7000 rpm. Yupz, betul banget identik dengan mesin yang digunakan oleh QJMotor SRK350 yang juga sama-sama menggunakan basic mesin dari Benelli 302S atau Benelli 250 yang dijual di Indonesia. Coba bandingkan :

Baca : QJMotor SRK350, Motor Yang Mesinnya Dipakai Harley Davidson

Detail lainnya, motor ini memiliki berat 195 kg, 817 mm untuk tinggi jok-nya, kapasitas tangkinya bisa muat 13,5 liter dan ukuran ban 120/70 17 inch dibagian depan dan 160/60-17 inch untuk ban belakangnya.

Untuk fiturnya juga terbilang lengkap, diantaranya lampu serba LED, terumata lampu depannya yang berbetuk bulat sebagai identitas motor classic modern. Shape bulat juga terdapat pada bagian spion dan juga bagian lainnya. Panel speedometer digital, suspensi depan upside down yang bisa disetel juga rem depan ganda dengan kaliper rem radial. Belum diketahui apakah sudah ABS atay belum. Kemiripan dengan produk Qianjiang dan juga Benelli bisa dilihat dari bentuk rangka teralis dan juga model suspensi belakangnya yang menggunakan posisinyagak horizontal.

Yang jelas, desain yang disuung HD X350 ini benar-benar unik. Orang awam mungkin tidak akan menyangka jika motor ini adalah memiliki label dari brand legendaris Harley Davidson. Tapi sebenarnya desain seperti ini sudah digunakan oleh mereka untuk model yang sudah ada sebelumnya seperti Harley Davidson dan motor listrik HD Livewire.

Untuk harga HD X350 ini dijual dengan harga 33.388 Yuan untuk negeri China atau jika dikonversikan kedalam rupiah ya sekitar Rp. 77 jutaan rupiah, ya lebih murah dari ZX25R lah ya, hehe…

Mengacu pada bahasan media sana, harga tersebut lebih mahal 6000an yuan dari basicnya si QJMotor SRK350. Dan untuk model tahun 2023 motor ini dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna orange khas Harley, warna hitam dan juga warna abu-abu.

Semoga kepengen…

1 Trackback / Pingback

  1. Harley Davidson X500 2023 Resmi Dirilis, Pakai Mesin Benelli Leoncino ?! - WARUNGASEP ★★★☆☆

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!