Kymco KRV180 Nero 2023, Diklaim Lebih Kentjaang…!!!

Warungasep.net – Kymco Taiwan merilis banyak produk baru di pertengahan Maret ini. Saking banyaknya saya sampai bingung bahas yang mana, hehe… Tapi ada satu yang paling menarik nih, namanya Kymco KRV180 Nero 2023. Motor skutik iconic Taiwan ini hadir dengan tampilan baru, dan yang bikin penasaran adalah klaim jika tenaga motor ini ada peningkatan menjadi lebih kencaang…! Benarkah? Yuk kita intip detailnya.

Dari namanya Nero berarti “hitam” dalam bahas Italia. Tapi, pihak Kymco menjual KRV180 versi 2023 ini dalam 3 varian warna. Tapi dari foto studionya, KRV180 Nero ini tidak ada varian warna hitam. Lah keluar konteks dong jadinya, hehe… Diantaranya ada warna Graphite Green dengan warna hijau doff yang terkesan misterius, kemudian ada warna silver dan satu lagi warna Algae Blue dengan nuansa biru yang unik.

Tapi untuk membuatnya beda dari versi sebelumnya, pihak Kymco memberikan sentuhan detail yang membuat lebih mewah. Diantaranya stripe grafis yang minimalis, kemudian jok yang terbuat dari suede berkualitas dengan tekstur serta jahitan bordir bertuliskan KRV180 yang membuatnya terkesan ekslusif.

Kymco ini ini tidak seperti maxi skutik pada umumnya yang menggunakan rangka backbone, KRV 180 justru memiliki model ala-ala skutik khas Taiwan, yaitu maxi skutik dek rata, dengan body dan kaki-kaki gambot, pakai windshield didepan stang kemudi telanjang, posisi lubang tanki didepan dan bagasi yang luas didalam jok.

Dan karena skutik ini ditujukan sebagai pesaing di kelas maxi skutik sporty yang sudah ada sebelumnya seperti SYM DRG BT, SYM MMBCU , Yamaha Force 155 dan PGO Tigra, motor ini menggunakan model suspensi belakang horizontal backlink suspension yang menjadi ciri khas skutik endemik Taiwan.

Karena persaingan begitu ketat, tentunya sebagai pabrikan yang punya pangsa pabrikan terbesar di Taiwan (Baca : Penjualan Suzuki Saluto di Taiwan Cuma Segini ?! ) Kymco memberikan banyak keunggulan pada produk terbaru mereka ini dalam segi fitur electronic canggih, diantaranya sbb ;

Fitur Kymco KRV180 2023

  • Traction Control
  • Lampu depan, belakang, lampu sein dan DRL serba LED
  • Panel speedometer full digital
  • Electric Socket Charger
  • Keyless ignition
  • Rem cakram depan dan belakang dengan Antilock Braking System (ABS)
  • System transmisi penggerak drive belt PTM

Dan yang cukup bikin penasaran adalah platform mesin KRV180, Sepertinya Kymco begitu all out dalam men-developt mesin baru dengan melakukan inovasi bentuk transmisi yang tidak umum. Bagaimana tidak, jika pada skutik biasanya menggunakan CVT dibagian samping kiri motor, sedangkan KRV 150 ini bagian CVT-nya disembunyikan dibagian tengah, menonjol kesebelah kanan, sedangkan posisi radiator berpindah, bukan disamping kanan melainkan disamping kiri.

Mesin KRV 180 ini tidak sesuai labelnya… Skutik ini memiliki kubikasi mesin 175cc 1 silinder 4 klep berpendingin cairan. Untuk versi 2023 KRV180 Nero ini diklaim memiliki tenaga yang lebih tinggi dibanding versi sebelumnya. Cuma sayang di web resmi mereka tidak dicantumkan berapa sdetail spek power dan torsinya.

Tapi jika melihat versi tahun 2022 misalnya, motor ini memiliki tenaga maksimum angka 16,7 Ps pada putaran 7500 rpm dan torsi 15, 6 Nm pada 6000 rpm. Untuk lebih detailnya pemirsa lihat dibawah ini :

Kymco KRV180 2022 Spesification

Engine type: water-cooled four-stroke OHC 4V single cylinder
Displacement: 175.1cc
Maximum horsepower: 16.7ps@7 ,500rpm
Maximum torque: 15.68Nm@6 , 000rpm
Curb weight: 133.5kg
Seat height: 795mm
Wheelbase: 1,400mm
Fuel tank capacity: 7.2L
Tire size: front wheel 110/70-13,
Rear wheel 130/70-13
Front shock: periscope type front fork
Rear shock: horizontal single-gun shock absorber
Front brake: one-way double-piston caliper single disc
Rear brake: single disc

Sayangnya dengan berbagai keunggulan desain, spek maupun fitur, motor ini tidak dijual di Indonesia, saat ini mungkin baru sampai ke negeri tetangga Filipina saja. Padahal, seandainya mereka mendatangkan si keren KRV ini ke Indonesia, pasti akan menciptakan trend maxi skutik gaya dan teknologi baru di tanah air. Dan bisa jadi mendorong pabrikan lainnya seperti SYM dengan DRG BT-nya dan Yamaha dengan Force 155 nya juga ikutan ekspansi ke tanah air. Tapi mau dijual berapa? di Taiwan sana, motor-motor skutik keren kayak gini rata-rata dibandrol lebih dari 40-50 jutaan.

Seperti harga KRV180 versi 2023 ini misalnya, pihak Kymco Taiwan menjualnya dengan harga 121.800 Yuan atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 60jutaan. Ajegile, harganya hampir setara skutik 250cc Yamaha Xmax 250 di Indonesia nih. Ahh, mending beli apa?

Semoga kepengen…

6 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!