Kawasaki Eliminator 400 2023 Rilis di Jepang, Niru Honda Rebel ?!

Warungasep.net – Seperti yang digosipkan sebelumnya, ternyata benar! Motor baru geng Ijo itu namanya adalah Kawasaki Eliminator 400 2023. Motor bergenre classic cruiser bermesin 400cc yang sama dengan Kawasaki Ninja 400 dan Z400 tapi dengan diversifikasi desain yang sama sekali berbeda. Joknya lebih rendah, lebih ergonomis dan sepertinya lebih nyaman buat touring.

Pihak Kawasaki tidak menambahkan angka 400 dibelakang label Eliminator. Tapi ada kemungkinan, karena menggunakan basic mesin Ninja maka kedepannya akan ada versi 250ccnya dengan nama Kawasaki Eliminator 250. Sama seperti Ninja 250 dan Z250 serta Versys 250.

Sekarang kita bahas desainnya. Motor classic cruiser biasanya identik dengan motor-motor endemik Amerika Serikat sebagai contoh Harley Davidson. Jok yang rendah, setang kemudi yang tinggi dengan body belakang melengkung menutupi ban belakang. Itulah yang ditonjolkan pada Kawasaki Eliminator, tentunya dengan kearifan desain Jepang yang khas dengan menambahkan unsur modern.

Sebenarnya, Kawasaki punya label sendiri untuk produk dengan model seperti ini yaitu Kawasaki Vulcan series yang diantaranya bermesin 1000 dan yang paling kecil ada Vulcan S 650cc. Cuma entah kenapa mereka memilih nama Eliminator ketimbang Vulcan untuk varian 400cc-nya.

Nama Eliminator sendiri bukan produk baru karena merupakan nama produk legendaris untuk motor bergenre yang sama yang muncul di tahun 80-90an. Dan jika melihat dari genrenya, sepertinya Kawasaki Eliminator ini akan berhadapan langsung dengan Honda Rebel yang jika dilihat dari konfigurasi mesinnya yang 2 silinder, pasti buat nyaingin Honda Rebel.

Walaupun sebenarnya, sekarang ini lagi marak motor bergenre custom classic di kelas 350cc – 400cc apalagi setelah hadirnya Honda CB350 series, yang baru ada Harley Davidson X350 apalagi produk India yaitu Royal Enfield 350 series yang cukup dominan di pasar global yang sepertinya Kawasaki kali ini masuk di pasar red ocean.

Detail desain Elimnator ini sama sekali berbeda dengan Ninja 400 yang jadi basicnya, perbedaanya mencakup kontruksi rangka yang dibuat melandai kebelakang, area depan lebih tinggi dengan tangki tear drop yang memanjang. Area mesin dibuat tel4njang yang mengekspose 2 pipa knalpot.

Aura klasik terpancar dari lampu depan bulat, spion dan panel meter serba bulat. Ban-nya juga bulat juga tentunya, hehe… Tapi dengan kaki-kaki asimetris dimana ban depan menggunakan velg 18 inch dan belakang 16 inch. Suspensi belakangnya ganda dan knalpotnya agak mendatar mengikuti alur body belakang.

Untuk fiturnya, walaupun bertampang jadul tapi lampu-lampunya semua sudah LED baik lampu depan, belakang serta lampu sein. Panel speedometernya full digital yang bahkan bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi Rideology. dan di bagian mesin sudah dilenngkapi Assist and slipper clutch.

Spesifikasi Kawasaki Eliminator mengusung mesin yang sama dengan Ninja yakni mesin 398cc 2 silinder DOHC berpendingin cairan. Power maksimum motor ini mencapai angka 48 PS pada putaran 10ribu Rpm dan torsi 37 Nm pada putaran 8000 rpm. Bobot motor ini sedikit lebih berat dibanding Ninja, yakni mencapai 176 kg, tapi lebih ringan dibanding Rebel 500 yang mencapai 191 kg.

Tinggi jok ini rendah banget hanya 735 mm, kapasitas tangki 12 liter dan ukuran ban 130/70-18 inch dan 150/80-16 inch dibagian belakang.

Terakhir, Kawasaki Japan menjual Eliminator versi 2023 ini dalam 2 tipe diantaranya tipe standar yang terdiri dari 2 warna yaitu hitam dan putih dibanderol 759.000 Yen atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 87 jutaan.

Dan satu lagi Kawasaki Eliminator SE dengan perbedaan tambahan aksesories berupa cover haedlight, karet uril pelindung sok depan dan detail lainnya seperti kamera perekam drive yang kompatibel dengan aplikasi GPS Mitsuba Sankowa yang dibanderol lebih mahal mencapai 858.000 Yen atau sekitar Rp.98 jutaan Lebih mahal dari harga Rebel 500 di negeri Jepang sana. Tipe ini hanya satu warna sjaa yaitu warna hitam.

Kawasaki Eliminator STD

Kawasaki Eliminator SE GPS Mitsuba

Kira-kira bakal rilis di Indonesia pakai mesin 250cc enggak ya? Kita tunggu saja….

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!