Honda Blade 2023, Perpaduan Vega-R dan Supra Bapack

Warungasep.net – HVN yang merupakan ATPM Honda di Vietnam resmi merilis motor baru bernama Honda Blade 2023. Hadir dengan perpaduan desain motor bebek Honda yang legendaris tapi dengan citarasa yang baru untuk menyasar konsumen generasi muda. Yang unik, motor ini memiliki kemiripan dengan beberapa produk motor yang sudah ada, penasaran? Ini dia bentuknya.

Hmm, sporty abiez sih desainnya. Ciri khas Honda. Mereka selalu pintar untuk memberikan kombinasi warna-warna yang sporty. Seperti warna hitam dengan strip kuning lengkap dengan suspensi dan kaliper rem yang dibalut warna merah. Tentunya selera anak muda banget.

Tapi, untuk memberikan banyak pilihan untuk konsumennya mereka juga menghadirkan versi standar dengan velg jari-jari juga dengan rem depan teromol. Bahkan untuk memberikan kesan ekslusif, mereka juga menghadirkan versi special edition dengan warna matte dengan stripe emas yang elegan.

Pihak HVN menjual Honda Blade 2023 ini dalam 3 tipe, yang paling murah dengan rem teromol dibanderol 19,2 Juta VND atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 12,5 jutaan rupiah. Hmm, sangat-sangat murah banget tentunya. Sedangkan untuk tipe termahal dibanderol 22,3 Juta VND atau setara Rp. 14,5 jutaan.

Sangat murah untuk harga produk motor bebek disana. Yupz, segmentasinya juga motor ini masuk kedalam kategori motor keluarga di kelas entrylevel. Ya setara dengan Honda Revo kalau di Indonesia, walaupun pihak HVN juga punya varian Revo series tapi dengan nama berbeda yakni Honda RSX110 yang jauh lebih sporty dibanding Revo Koperasi di tanah air, hehe…

Oh ya, kenapa diberi nama Honda Blade? Bukankah Blade itu varian motor bebek yang sempat eksis di Indonesia dan kini sudah didiscontinue? Label “Blade” sendiri memang selalu identik dengan produk Honda. Cukup banyak yang menggunakan nama ini, sebut saja Honda CBR1000RR-R FireBlade, kemudian ada juga maxi skutik pesaing Aerox yaitu Honda AirBlade 160, dan di India ada motor sport ganteng yang nama Honda XBlade. Dan Honda Blade di Vietnam sebenarnya sudah eksis sejak lama, dan ternyata modelnya cukup awet alias belum ganti sejak beberapa tahun terakhir.

Kalian bisa lihat, desain Honda Blade 2023 di Vietnam ini cukup familiar, desainnya seperti perpaduan beberapa produk diantaranya body belakang mirip dengan Honda Supra-X 125R versi awal, kemudian lampu depannya mirip Honda Supra Fit gen awal, dan body samping depannya banyak yang bilang mirip dengan motor bebek Yamaha Vega-R versi lawas, benarkah?

Fitur-fiturnya pun sangat sederhana, basic motor awal tahun 2000an, sebut saja lampu serba bohlam, rantai berpenutup atau tankcase dan panel speedometernya masih analog. Jika kalian lihat, akan berasa nostalgia dengan tampilan speedonya Supra Bapack, lengkap dengan gear indikatornya yang khas, hehe…

Walaupun begitu, Blade versi 2023 ini sudah melakukan beberapa impovement, diantaranya foot step belakang menggantung, behel belakang diecast, kunci kontak berpengaman magnet otomatis, dan juga suspensi yang dibalur warna-warna menarik.

Bagaimana dengan mesin? Yupz, pastinya kalian akan penasaran dengan poin yang ini, hehe… Honda Blade versi Vietnam ini mengusung mesin baru 110cc 1 silinder SOHC bertenaga 6,18 Kw pada 7500 rpm dan torsi 8,65 Nm pada 5500 rpm, itu terlihat dari cover crankcase mesin sebelah kiri yang berbeda dengan yang dipakai Revo Koperasi.  Mesin baru ini diklaim lebih irit, dengan hasil pengetesan konsumsi bahan bakar 1,85 liter untuk menempuh jarak 100 km. Lumayan…

Inilah Honda Blade 110 2023 versi Vietnam…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!