Lifan KPV150 Pro 2023 Kini Berkamera dan Lampunya BMW Banget!

Warungasep.net – Tahukah kalian, jika dulu sebelum Honda ADV150 melakukan debutnya. Di negeri Tirai Bambu sana muncul sosok motor skutik bergaya adventure bermesin 150cc. Namanya Lifan KPV150. Selain bisa disebut sebagai pelopor, skutik ini memiliki keunggulan fitur diantaranya suspensi depan upside down dan juga sok belakang monoshock dan yang menarik tampang depan menggunakan model duck fender. Cukup representatif untuk disebut skutik adventure tulen jika dibandingkan ADV150 saat itu.

Tak hanya dijual di pasar domestik saja, Lifan juga melakukan ekspansi bisnisnya ke beberapa negara di Asia termasuk Thailand, dan bahkan di Malaysia produk ini direbadge oleh Mforce Malaysia sehingga namanya menjadi WMoto Extreme 150.

Walaupun memang memiliki tampang yang Adventure banget, ternyata Lifan KPV150 ini masih kalah dalam segi penjualan. Maka untuk meningkatkan persaingan, pabrikan ini terus berinovasi dan mengupgrade model ini dengan mengusung nama baru yaitu Lifan KPV150 Pro 2023, seperti ini penampakannya.

Sekilas memang tidak nampak berbedaan jika dibandingkan versi sebelumnya. Tapi jika dilihat lebih detail maka akan terlihat motor ini mengalami upgrade salah satunya dari model desain body samping yang lebih tajam sehingga terkesan sporty.

Dan yang paling kentara adalah model headlampnya yang kini tidak lagi menggunakan mono headlight tapi mengusung konsep lampu asimetris. Media Tiongkok menyebutkan jika versi sebelumnya justru lebih terasa lebih original, karena model seperti ini malah dibuat mengikuti model motor-motor uniknya BMW seperti BMW R1250GS dan BMW C400X. Jadi malah niru kesannya, hehe…

Ya memang harus diakui jika model lampu seperti ini memang menjadi lebih berasa motor adventurenya sih ya… Dan satu lagi yang menarik adalah tambahan fitur kamera depan yang letaknya tepat berada di tengah duck fender.

Walaupun memang bukan yang pertama, karena sebelumnya ada Dayang Vorei atau yang baru rilis kemarin di Malaysia yakni Aveta VADV150 yang juga menggunakan fitur yang sama. Yang tentunya lebih canggih dan lebih kekinian dibanding ADV150 ataupun ADV160-nya Honda.

Didukung juga dengan panel meter baru yang lebih modern, smartkey system, USB charger, rem ABS dual channel serta fitur unggulan yang tentunya enggak dimiliki para pesaingnya yaitu suspensi depan Upside down dan sok belakang monoshock.

Tak hanya dari tampilan dan fitur saja yang diupgrade, KPV150 Pro juga mendapat perubahan signifikan di sektor mesin. Masih mengusung mesin 150cc tapi kini menggunakan profile 4 klep sehingga powernya pun meningkat dari semula hanya 10,2 Kw menjadi 12 Kw pada 8500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6500 rpm.

Motor skutik adventure Lifan ini pun punya kapasitas tangki yang cukup besar hingga muat 11 liter BBM sehingga dalam keadaan full tank bisa menjangkau jarak 400 km lebih, kemudian beratnya juga cukup ringan hanya 152 kg dan ukuran ban menggunakan ban 14 inch di bagian depan dengan ukuran 100/80 dan 120/70 dibagian belakang.

Terakhir, di China sana Lifan menjual 2 tipe KPV150 ini yakni tipe ABS standar dan ABS pro dengan fitur yang lebih lengkap termasuk kamera yang bisa merekam. Harga termurahnya mencapai 13.680 Yuan atau setara Rp. 30jutaan dan termahal 14.580 Yuan. Dan dijual dalam 4 pilihan warna diantaranya warna biru, grey, kuning dan putih.

Kira-kira kapan ya ADV160 pakai fitur kamera? hehe…

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!