Suzuki S-Presso, Pilihan Tepat Untuk Yang Baru Pertama Beli Mobil Baru

Di pameran GIIAS 2022 kemarin, Suzuki Indonesia memperkenalkan produk baru bernama Suzuki S-Presso. Mobil baru ini cukup fenomenal karena hadir dengan beberapa kontroversi namun nyatanya justru sangat diterima oleh konsumen, terbukti dengan larisnya mobil ini saat pertama kali debutnya di Indonesia. Apa yang menyebabkan mobil bergaya unik dari Suzuki ini disukai konsumen? Yuk, kita ulas…

Pertama kita bahas dari segi desain. Suzuki S-Presso ini merupakan mobil yang masuk kedalam segmen city car dengan dimensi yang compact juga dengan mesin dan fitur yang cukup memenuhi kebutuhan akomodasi kendaraan keluarga.

Desain Suzuki S-Presso ini terbilang unik. Konsep mobil ini memiliki bentuk yang menyerupai mobil SUV dengan detail yang sporty, gagah dan terkesan tangguh. Namun dimensinya terbilang kecil dan compact dengan bentuk belakang ala sedan hatcback yang mampu memuat sebanyak 4 penumpang.

Yang paling disukai dari desain Suzuki S-Presso ini adalah bagian eksteriornya, terutama bagian tampilan depan. Dengan detail bagian grill dan bampernya yang unik yang terkesan tangguh dan sporty. Desain lampunya pun dibuat seirama dengan bentuk mobil dengan nyala lampu yang terlihat futuristik dengan DRL dan semua lampunya sudah serba LED.

Dari samping, walaupun dimensinya kecil tapi terkesan bold dan tangguh dengan groud clearance yang tinggi. Kaki-kakinya sudah menggunakan velg cast wheel berdesain edgy serta untuk menambah kesan tampilan SUV-nya, diberi tambahan list body samping berwarna chrome silver dan skid plate dibagian depan dan belakang seperti mobil crossover.

Bisa dibilang bahwa Suzuki S-Presso ini merupakan mobil crossover antara hatchback dengan SUV. Anda dapat menyebutnya sebagai urban SUV.

Di  bagian interior, Suzuki S-Presso ini memiliki ruang kabin yang cukup luas. Pengemudi dan penumpang bisa duduk dengan lebih nyaman. Bagian bagasi mobil juga cukup luas. terdapat tambahan tempat untuk menyimpan barang di sebelah atas bagasi atau tepatnya di belakang bagian kepala jok penumpang. Lebih praktis, karena jok penumpang belakang dapat dilipat. Sehingga Anda mudah membawa barang apa saja.

Tak hanya bagian luarnya saja, kesan unik juga terlihat dibagian interiornya. Tidak seperti mobil pada umumnya, Suzuki S-presso memiliki desain dashboard dengan model digital meter cluster yang ditaruh di tengah kabin tepat berada di atas head unit. Komponen ini memberikan bentuk lengkungan setengah lingkaran di bagian tengah dashboard.

Posisi speedometer di tengah membuat tampilan mobil jadi tidak membosankan dan desain dashboard terlihat lebih presisi.  Hal unik lainnya di bagian tengah dashboard antara head unit dan AC control terdapat power window switch. Pengemudi dan penumpang depan bisa membuka kaca jendela mobil dengan mudah.

Suzuki S-Presso memiliki beberapa kelebihan dari segi fitur, diantaranya.

  • Terdapat head unit dengan layar touch screen berukuran 7 inch yang bisa menampilkan fitur multimedia, Untuk pengaturannya pun cukup mudah, pengemudi bisa melakukannya dengan menggunakan steering switch control yang ada di roda kemudi.
  • Pengemudi bisa menikmati musik dengan suara jernih, karena front door speaker yang ditempatkan di bagian bawah pintu pengemudi.
  • Pada dashboard Suzuki S-Presso juga sudah dilengkapi dengan control A/C with heater. Anda bisa mengatur suhu di dalam kabin dengan mudah. Jika hujan turun cukup lebat, Anda bisa menyalakan defogger untuk menghilangkan embun di kaca belakang.
  • Tersedia juga usb pocket front console untuk mengisi daya baterai gadget selama perjalanan.
  • Dari segi keamanan, Suzuki S-Presso sudah dilengkapi fitur hill hold control. Mobil tidak akan mundur ke belakang saat mulai melaju lagi di jalanan yang menanjak.dengan catatan fitur ini hanya tersedia pada Suzuki S-Presso dengan transmisi AGS.
  • Saat menemui jalan dengan tikungan tajam, fitur Electronic Stability Program (ESP) dapat menjaga mobil tetap stabil.
  • Suzuki S-Presso juga dilengkapi dengan dual SRS airbag untuk meminimalisir benturan di jok pengemudi dan penumpang. Pengemudi juga akan merasa aman dengan adanya fitur Anti Locking Brake System (ABS), membuat pengereman lebih halus dan responsif.
  • Dalam mobil sudah disediakan juga mini fire extinguisher atau pemadam api ringan, untuk kendaraan darurat. Kemudian saat Anda hendak memarkirkan mobil rear parking sensor akan mencegah mobil menabrak kendaraan atau objek lain.

Kelebihan lain dari mobil Suzuki S-Presso adalah kapasitas mesin yang membuat penggunaan BBM lebih irit. Mobil compact ini dilengkapi mesin K10B dengan konfigurasi tiga silinder 988 cc yang mempu menghasilkan outpun power maksimum diangka 45 kW  5500 RPM dan torsi hingga 89 Nm atau 3500 RPM. Ditambah bobot mobil yang lebih ringan yaitu hanya 1.170 kg saja. Selain itu penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien karena adanya fitur Engine Auto Start Stop. Maka dipastikan Suzuki S-presso ini menjadi salah satu mobil teririt di kelasnya.

Suzuki S-Presso yang dipasarkan di Indonesia dijual dalam dua tipe berdasarkan jenis transmisi, diantaranya :

  • Suzuki S-Presso tipe manual dibanderol Rp. 168.300.000 OTR Jakarta
  • Suzuki S-presso tipe AGS dengan Automated Manual Transmission dibanderol Rp. 178.300.000 OTR Jakarta.

Untuk pilihan warnanya tersedia dalam 6 jenis warna. Ada putih, silky silver, abu-abu, biru, merah, dan oranye. Sedangkan bagian kabin mobil berwarna hitam dengan akses ornamen silver.

Itulah beberapa keunggulan Suzuki S-Presso yang membuat konsumen terpikat dan ingin segera memilikinya. Selain karena keunikannya baik itu dari segi desain, fitur dan keiritannya juga karena Suzuki S-presso ini menjadi salah satu mobil yang affordable atau terjangkau oleh semua kalangan, terutama bagi kalian yang baru pertama beli mobil baru.

Buat yang tertarik dan penasaran dan ingin mencoba bisa melakukan test drive yang sudah pihak Suzuki sediakan di dealer-dealer Suzuki terdekat.

 

 

 

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!