Warungasep.net – Produsen asal China Zongshen kemarin resmi merilis pendatang baru di kelas motor sport 250cc yang mereka beri nama Zongshen Cyclone RC250 2023. Hadir dengan keunggulan desain yang sporty, compact dan aerodinamis juga dengan fitur-fitur canggih yang mereka klaim menjadi bagian dari teknologi masa depan. Hmmm, benarkah? Yuk kita ulas lebih detail…

Zongshen merupakan salah satu produsen otomotif terbesar di China, buat yang belum tahu produk mereka pun banyak yang sudah dijual di Indonesia lewat ATPM PT. MForce Indonesia seperti Zongshen RT3 yang disini punya nama berbeda yakni WMoto Draco 250 untuk segmen maxi skutik, dll.

Nah, untuk segmen motor sport fairing mereka sudah punya beberapa produk diantaranya Zongshen RG3 yang bergenre sport touring dan yang baru rilis tahun kemarin yakni Zongshen RC401.

Baca ; Zongshen RC401 2022, Sport Fairing Ganteng Bermesin 2 Silinder Bertenaga 45 Hp

Dan desain yang diusung RC250 ini pun dibuat mirip sedemikian rupa dengan saudaranya tersebut, coba perhatikan perbedaannya.

Zongshen RC401

Zongshen RC250

Secara keseluruhan memang terlihat sama, tapi jika dilihat lebih dekat ternyata ada detail yang berbeda. Pertama dari desain headlamp. keduanya mengusung dual headlight, tapi RC250 lebih sipit sedangkan kakaknya memiliki lubang samping, keduanya juga memiliki winglet bedanya RC400 berada dibagian depan sedangkan RC250 berada dibagian samping, ikut-ikutan trend Motogp, hehe…

Keduanya memiliki detail yang sama dibagian body samping yang bentuk sirip yang khas seperti Hiu dan rangka model teralis, knalpot underbelly juga body belakang yang memiliki lubang aerodinamis. Perbedaan lainnya terdapat pada rem cakram depan dan untuk RC250 ternyata lebih special karena menggunakan model mono arm yang terlihat eksotis ala-ala moge Italia.

Sayangnya untuk konfigurasi mesin, dimana RC401 menggunakan platform mesin 2 silinder sedangkan RC250 ini hanya 1 silinder saja. Mengusung mesin 250cc 1 silinder DOHC 4 klep bertenaga puncak diangka 21,5 Kw. Melihat crankcase mesinnya sih mirip dengan yang dipakai oleh Aprilia RS250 aka Aprilia GPR250R, bedanya power RC250-nya Zongshen lebih besar(punya Aprilia cuma 20,5 Kw saja).

Walaupun memang bukan mesin yang menjadi prioritas, karena rata-rata kebanyakan Mocin hanya menjual tampang alias desain dan juga fitur. Yupz, fiturnya ini bisa dibilang cukup lengkap, bahkan mereka mengklaim motor ini mengusung beberapa fitur dengan teknologi masa depan.

Sebut saja diantaranya layar proyeksi TFT warna untuk panel speedometer yang bisa terkoneksi dengan smartphone yang bahkan punya perekam kamera dibagian depannya. Wuuih, mantep juga ya. Tak hanya itu, fitur modern lainnya juga diterapkan untuk mendukung gaya berkendara seperti Traction Control, Assist sliper c;lutch, Quick Shiter hingga rem ABS dual channel.

Untuk membuat motor sport fairing ini ramah untuk rider Asia, maka suspensi belakang model monoshocknya bisa disesuaikan dengan mudah, dengan tinggi standarnya hanya 780mm, yang sebenarnya sudah cukup rendah tapi bisa dibuat lebih rendah lagi menjadi 760mm. Padahal dari segi ergonomi riding, motor ini lebih cenderung kepada model sport touring sih walaupun stang kemudi depannya menggunakan model triple clamp underyoke.

Terakhir, harga Zongshen Cyclone RC250 versi 2023 ini dijual dalam 2 tipe, diantaranya 19980 Yuan dan 21980 Yuan untuk tipe termahal atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 48,3 jutaan. Dan motor yang hadir sebagai pesaing CFMoto 250RS, KTM RC250 dan Gixxer 250 ini dijual dalam 6 pilihan warna: Magic Engine White, Era Grey, Interstellar Black, Different Times Red, Dimensional White, dan Phantom Grey.

Coba mesinnya 2 silinder ya…

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!