Cuma Rp. 60jutaan, Suzuki V-Strom 250SX Buatan India Resmi Dijual di Indonesia

Warungasep.net – Sempat diperkenalkan di pameran IMOS tahun lalu, akhirnya Suzuki Indonesia resmi merilis sekaligus mengungkapkan harga resmi Suzuki V-strom 250SX versi 2023 untuk pasar Indonesia. Motor sport adventure bermesin 250cc 1 silinder ini merupakan produk impor asal negeri Vrindapan, walaupun begitu berbeda dengan motor produk India yang punya desain yang kurang menarik, V-Strom 250SX ini punya desain yang lebih ganteng. Terlepas dari fiturnya yang terbilang sederhana, kalian juga pasti akan langsung suka dengan desain yang ditawarkan, apalagi jika kalian adalah pecinta sejati produk Suzuki. Lalu berapa harganya?

Menurut info dari website resminya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menawarkan V-STROM 250SX dengan harga Rp59.500.000,- (harga rekomendasi on the road DKI Jakarta, terdapat perbedaan harga pada wilayah lain). Ya kalau dibulatkan mungkin sekitar Rp. 60jutaan lain dan harga di daerah lainnya seperti Bandung, Surabaya dll pasti akan berbeda.

Untuk kalian yang berminat. sudah sejak tanggal 18 April 2023, SIS akan memenuhi permintaan dan pemesanan pelanggan secara bertahap ke seluruh jaringan Suzuki di Indonesia, dimulai dengan pemenuhan konsumen di wilayah Jabodetabek.

Motor yang menjadi pesaing CRF250Rally dan KTMAdventure 250 ini dijual dalam 3 pilihan warna, diantaranya hitam, orange dan satu lagi jadi warna khas V-strom series yakni warna kuning.

Vstrom SX ini menawarkan desain yang adventure banget, sporty dan beraura kental Moge Vstrom series yang macho, gagah dan temtunya ganteng banget.

Pertama kita bahas desainnya, Suzuki V-strome series memiliki beberapa ciri khas diantaranya tentu Duck fender atau moncong depan ala paruh bebek yang dipadukan dengan model half fairing yang tajam dan sporty, shroud yang kekar kemudian lampu depan single headlight dengan windshield tinggi, tak ketinggalan stang tinggi yang ergonomis yang dilengkapi hand guard atau knuckle cover, dan itu semua terdapat pada V-Strom SX Suzuki-nya India ini.

Dilihat dari samping juga motor ini terlihat punya postur yang jangkung, bahkan jok pengendaranya lumayan tinggi yakni 835mm, jok belakang terpisah dan dilengkapi dengan brakcet rear grip untuk tambahan side box atau top box yang mengakomodasi keperluan touring. Kaki-kakinya juga sudah syarat seperti motor adventure, yakni ukuran ban yang simetris yakni 100/90-19 inch dibagian depan dan 140/70-17 inch dibagian belakang dengan ban model dual purpose tyre yang siap diajak blusukan, sayangnya suspensi depannya masih teleskopik biasa dan juga velgnya bukan model alumunium spoke wheel, malaikan masih pakai castwheel.

Karena motor ini basicnya adalah Gixxer 250cc, maka spek mesinnya juga kurang lebih sama, itu terlihat dari model dua lubang muffler model midship yang kekar banget. Mengusung mesin 249cc 1 silinder SOHC berpendingin oli, power puncaknya berada diangka 26.5ps@9300rpm dan torsi 22.2Nm@7300rpm dan punya 6 percepatan. Ini berarti powernya lebih besar dari V-strom 250cc 2 silinder yang ada di Jepang yang hanya memiliki power 25 Ps (Baca :  (Baca lengkapnya : Spesifikasi Suzuki V-Strom 250 ), motor ini punya bobot 167mm dan kapasitas tangki yang muat 12 liter BBM. Oh ya ini berarti label V-strom kini gak terpaku pada konfigurasi mesin V-twin lagi, karena kini yang satu silinder aja mengusung nama V-strom yang sepertinya kini menjadi identitas motor sport adventure-nya Suzuki.

Dan yang membuat motor ini punya nilai jual adalah dari segi fiturnya, pertama dari lampunya yang sudah full LED berbentuk hexagonal yang unik dan terlihat modern, kemudian punya fitur USB socket charger, rem yang sudah pakai Antilock Braking System atau ABS dan yang menarik motor ini punya fitur panel speedometer full digital tapi sudah dilengkapi dengan konektivitas bluetooth yang bisa terhubung lewat aplikasi Suzuki Ride Connect di smartphone, wuuih mantap juga Suzuki soal ginian mah ya, hehe…

Tapi fitur tersebut hanya berlaku di India, karena untuk versi Indonesia, sepertinya yang dijual adalah model panel speedometer digital biasa tanpa ada fitur connected smartphone. Nah, jika disektor harga V-Strom ini terbilang paling murah jika dibanding pesaingnya seperti CRF250Rally, KTM ADV250 atau bahkan Versys 250. Bagiama dengan spek dan fiturnya? Akan saya bahas diartikel khusus komparasinya ya…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!