Warungasep.net – Pasar motor sport sekarang makin banyak pemainnya, Bukan hanya di kelas 250cc-300cc tapi juga di kelas 400cc. Setelah Kawasaki yang bikin heboh dengan menelurkan sport fenomenal ZX4R, Kini giliran Benelli yang meluncurkan motor sport fairing dikelas 400cc yang diberi nama Benelli Tornado 402R 2023. Seperti ini penampakannya.

Tapi, jika yang dibahas adalah konfigurasi mesin. Mungkin saat ini hanya Kove 400 yang mampu menyaingi ZX4R yang bermesin 4 silinder. Karena Benelli Tornado 402R ini mesinnya masih menggunakan 2 piston, hehe… Jadi bisa dibilang, motor ini adalah pesaing yang cocok untuk melawan Kawasaki Ninja 400, CBR400R, Zongshen RC400 dan CFMoto RC450  di kelas yang sama.

Baca ; Inilah 9 Motor Sport Fairing 400cc 2 Silinder, Mana Yang Paling Kentjang…?!

Tornado 402R ini mengusung mesin 399cc 2 silinder DOHC 8 klep berpendingin cairan. Power maksimum motor ini mencapai angka 35 KW atau setara 46.9hp pada kitiran 10,000rpm dan torsi 38Nm pada 8,000rpm. Dari platform mesin, rangka dan terlihat dari desian knalpotnya cukup identik dengan Ninja 400. Hmmm, apakah jiplak ya? hehe…

Detail lainnya dari motor ini memiliki bobot yang cukup berat mencapai 172 kg, kapasitas tangkinya muat 14,2 liter BBM, tinggi kursi 785 mm dan ukuran ban 110/70 – 17 inch dibagian depan dan ban belakang tapak lebar berukuran 150/60 – 17 inch.

Dari segi fitur jelas yang paling diunggulkan, diantaranya suspensi depan Upside down dari brand ternama Marzocchi yang dipadukan dengan rem cakram depan ganda dengan kaliper radial dari Nissin. dan yang menarik jika kalian melihat kaki-kakinya motor ini terlihat eksotik ala moge Itlia karena menggunakan single atau pro arm. Sepertinya fitur ini menjadi fitur wajib mocin saat ini.

Begitu juga dengan fitur elektroniknya. Motor ini sudah dilengkapi kamera depan dashcam dibagian depan tepat dibagian atas headlamp yang bisa menampilkan proyeksi rekaman pada layar TFT warna. Tak hanya itu, fitur konektifitas smartphone dan USB charger juga tak ketinggalan. Motor ini dilengkapi juga dengan Traction Control dan rem ABS dual channel sebagai fitur standar.

Bicara soal desain, wajah bagian depan motor ini banyak yang bilang karakternya mirip dengan Suzuki GSX-R series yakni menggunakan model single healight projie LED bertumpuk. Padahal Benelli yang merupakan brand asal Italia yang kini diakuisisi oleh pabrikan asal China Qianjing motorcycle ini sudah sejak lama menggunakan konsep desain lampu depan seperti ini.

Tak hanya Tornadi 402R, Benelli juga sebelumnya sudah menghadirkan motor sport serupa dengan varian mesin yang lebih kecil, diantaranya :

Terakhir, Benelli China menjual motor ini dengan harga CNY 31.800 Yuan atau jika dikonversikan kedalam rupiah setara Rp. 69 jutaan. Cukup murah dong ya, tapi biasanya harga segitu masih dalam kondisi off the road. Mengintip website resminya, sepertinya Benelli saat ini hanya menyediakan 1 varian warna saja, yakni kombinasi warna hijau tua dan silver yang menjadi warna corporate Benelli.

Kira-kira bakal masuk Indonesia enggak ya?

Comments

  1. Headlamp bukan jiplak gsx series. Desain headlamp murni seperti leluhurnya, yaitu tornado 900/1130. Mungkin karna orang indonesia terbatas pengetahuannya ttg motor produksi global. Jadi tau nya cuma itu2 aja. Dan kedua, kaliper depan masih tipe axial bukan radial. Coba di perhatikan dgn jelas.

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!