Pakai Mesin Verza, Honda XR150LEK 2023 Rilis di Mexico

Warungasep.net – Jika di Indonesia ada CRF150L, Di negara Amerika Latin seperti Mexico, motor trail bermesin 150cc Honda punya nama dan model yang berbeda. Namanya adalah Honda XR150LEK 2023 yang untuk model tahun ini memiliki perubahan desain dan fitur baru yang lebih memikat konsumen. Hmm, apakah pakai mesin Verza seperti CRF150L? Yuk kita lihat lebih detail…

Oke, sebenarnya motor Honda di segmen light off road ini bukanlah produk baru. Karena sebelumnya sudah ada, bahkan di Asia Tenggara motor ini hadir di negara Filipina dengan nama Honda XR150L. Sedangkan untuk pasar Mexico memiliki nama berbeda dengan tambahan “EK” dibelakangnya. Tapi belum diketahui apa kepanjangan dari akronim tersebut.

Yang jelas antara XR150LEK dengan CRF150L versi Indonesia tentu saja banyak banget perbedaannya. Pertama dari segi desain, walaupun keduanya mengusung konsep yang sama, yakni motor off road yang bisa juga dikendaraan secara on road atau di lintasan aspal, sehingga motor ini bisa dikendarai secara tandem dan nyaman dipakai boncengan.

Motor ini juga memiliki postur yang jangkung dengan spakbor depan yang letaknya diatas ala motor trail pada umumnya, kemudian lampu depan menggunakan cover, knalpot belakang undertail yang letaknya disamping kanan, dan juga kaki-kaki yang menggunakan ban dual purpose lengkap dengan velg jari-jari yang siap dipakai blusukan.

Bedanya jika CRF15OL sudah pakai suspensi depan Upside down, sedangkan XR150LEK masih pakai teleskopik biasa, cuma ditambahin karet spiral pelindung sokbreker. Rem belakangnya juga masih pakai teknologi purbakala, alias masih pakai drum brake aka teromol, hehe… Dan yang paling keliatan bedanya adalah model joknya yang lebih tebal, dengan shroud yang agak membulat.

Lalu bagaimana dengan mesinnya? Netizen sini ketika membahas CRF150L selalu mengidentikan mesinnya dengan punyanya Honda Verza. Walaupun tidak sepenuhnya benar, mesin CRF150L dengan Verza tentunya memiliki banyak perbedaa. Lalu bagaimana dengan mesin XR150LEK ini? Jika melihat crankcasenya pasti akan bilang mesinnya mirip Verza. Tapi harus ingat, jika Verza dan CRF sudah pakai pengabut bahan bakar injeksi, sedangk XR150L mapun XR150LEK masih pakai pengabut karburatos. Bahkan untuk versi yang dijual di Amerika Serikat pun ternyata masih pakai karbu lho, hehe… Wah, saingan Kawasaki KLX150L nih…

Mengusung mesin 149cc 1 silinder SOHC berpendingin udara, melihat di situs web resmi Honda Mexico, power maksimum XR150LEK ini mencapai angka 12,3 Hp / 7.750rpm dan torsi 13,0Nm / 6.000rpm. Motor ini memiliki 5 percepatan, kapasitas tangki 12 liter ditambah 3,5 liter cadangan untuk jarak jauh, tinggi jok 825mm, beratnya hanya 129 kg dan ukuran ban 90/90-19 inch dibagian depan dan 110/90-17 inch dibagian belakang.

Untuk fiturnya pun jauh dibandingkan CRF, panel speedometernya masih analog, beda denga CRF yang sudah full digital. XR150LEX hanya mengandalkan keunggulan dua jenis starter yang menggunakan elektrik dan kick start. Ya walaupun sama-sama masih pakai lampu bohlam biasa, hehe…

Pihak Honda Mexico membanderol motor ini dengan harga Mxs$ 48,990 atau jika dirupiahkan setara Rp. 41jutaan. Sangat jauh berbeda dari harga XR150L di Filipina yang dibanderol Rp. 26 jutaan atau disana dihargai 96,900 Peso. Lho, kok murah ya? Gak jauh beda dari Verza dong ya…

Terakhir, baik di Philippine maupun di Mexico, Versi 2023 dari Honda XR150L dan EX ini dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya hitam merah, putih merah dan merah dengan strip putih yang jadi warna khas CRF series.

Kira-kira kapan ya CRF150L mau facelift? Jadi lampu LED githu?

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!