Hasil Motogp Prancis 2023, Bezzecchi Juara! Marc dan Pecco Jatuh

Marc bermain pasir

Warungasep.net – Marco Bezzecchi berhasil memenangkan Motogp Prancis 2023 sekaligus peringatan gelaran balap ke-1000 Motogp yang digelar di sirkuit Le Mans, Minggu (14/5). Bezzecchi finish pertama dan naik podium bersama duo Pramac, Jorge Martin yang finish kedua dan sang rider tuan rumah Johann Zarco yang finish ke-3 pasca terjatuhnya Marc Marquez saat menempati urutan ke-3 di lap terakhir. Yang menarik ada3 rider satelit Ducat dari 3 negara berbeda yang mengisi podium. Balapan penuh drama di seri ke-5 musim ini, karena nasib kurang beruntung menimpa Pecco yang terlibat gelut dan tabrakan bersama Vinales di pertengahan balapan juga insiden yang menimpa Alex Marquez dan Marini.

Jalannya balapan, Pecco yang menjadi pole siter langsung disalip Marc Marquez sejak tikungan pertama. Marc memimpin didepan Miller dan Marini. Pecco malah berada di P4. Dibelakang mereka ada Maryin, Bezzecchi, Vinales, Alex dan Augusto Fernandez.

Lap kedua, Miller menantang Marc dan saling salip untuk memperebutkan P1. Pecco naik ke P3 setelah singkirkan Marini. Vinales P5 setelah salip Bezzecchi. Dan memasuki lap ketiga, Miller berhasil memacu KTM singkirkan Honda di tikungan kedua setelah trek lurus sirkuit Le Mans.

Lap 4, Pecco bertahan di P3. Tapi Marc terus menempel Miller untuk merebut P1. Vinales ambil alih P4 dari Marini. Bagaimana dengan para pembalap Tuan Rumah? Fabip P13 dan Zarco P10.

Terjadi insiden ketika Vinales berhasil merebut P3 dari Pecco namun keduanya terlibat tabrakan yang menyebabkan keduanya terjatuh dan terlibat adu mulut saat keduanya berada di Gravel, wuiih gelood nih…

Pecco vs Vinales geluud

Masih di lap yang sama, Marini pun terlibat crash bersama Alex Marquez dan keduanya terjatuh. Posisi depan masih belum berubah, Miller memimpin diikuti Marquez dan Bezzechi. Lap 9, Bezzecchi mecoba menyalip namum menyebabkan Marc melebar ke samping lintasan, memanfaatkan moment Martin ambil alih P2 Bezzecchi 3 dan Marc 4.

Lap 10, Bezzecchi dan Martin berebut P2. Namun justru Marc ambil alih P3 dari Martin. . Pembalap akamsi, Zarco ada di P5 dan Fabio P10. Dan secara mengejutkan Bezzecchi berhasil ambil alih P1 dari Miller. Dan di lap 10, Miller pun kedodoran hingga P2 pun ditempati Marc Marquez.

Lap 13, Bezzecchi makj  ngacir dengan gap 1 detik dari Marc. Martin tempati posisi 3 setelah singkirkan Miller. Dibelakang mereka ada Miller dan rookie Augusto Fernandez dengan raihan terbaik di musim ini di P6. Beban team Repsol udah mah paling buncit eh jatuh, Joan Mir DNF.

Lap 15, Bezzecci memimpin 1,4 detik dari Marc. Augusto lagi on fire naik ke P5 setelah Miller disalipnya dengan mudah. Alex Rins crash! Lap 20, Martin mengincar P2 dari Marc Marquez sedangkan Bezzecchi makin jauh dengan gap 2,4 detik.

Lap 22, Martin masih berebut P2 dengan Marc. Tapi Bezzecchi makin ngacir dengan gap 3,3 detik. 3 lap tersisa, Martin mati-matian mencoba menyalip Marc Marquez namun lagi-lagi gagal, Jack Miller crash dan Marc masih di P2.

2 Lap tersisa, akhirnya Martin berhasil ambil alih P2. Namun sayangnya setelah disalip Marc melihat pemandangan indah diatas pasir sehingga ia mendatangi gravel untuk bermasin pasir dan DNF. Santi Hernandez tampak kecewa…

Last lap, Bezzechi makin ngacir dan dengan gap lebih dari 4 detik, muridnya Velentino Rossi ini berhasil menyentuh garis finish pertama disusul Martin kedua, dan pasca terjatuhnya Marc, Zaro ambil alih P3.

Hasil Motogp Le Mans Prancis 2023

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!