Matic Pertama Pakai Radar, VOGE SR4 MAX Smart Edition

Warungasep.net – Pabrikan otomotif saat ini berlomba-lomba melakukan inovasi untuk memanjakan konsumen. Di segmen maxi skutik misalnya, teknologi Traction Control, Speedometer TFT dan koneksi smartphone saat ini menjadi fitur standar dan sangat umum digunakan. Lalu apa saja yang belum? Ya mungkin yang pasti belum ada fitur terbang atau antigravitasi saja sih, hehe…

Tapi ada satu pabrikan yang bisa dibilang cukup radikal. Di pameran Beijing Motor Show 2023, Voge, yang merupakan brand premium dari pabrikan Loncin asal Tiongkok yang merilis produk baru di segmen maxi skutik yang diberi nama Voge SR4 Max Smart Edition. Bayangkan saja, bagaikan pesawat tempur, pesaing Honda Forza 350 dan XMax 300 ini menjadi skutik pertama yang menerapkan teknologi radar.

Sebenarnya motor yang menggunakan radar memang sudah ada, sebut saja Ducati Multitsrada V4, kemudian BMW R1250RT dan Kawasaki lewat Ninja H2SX dan yang paling baru ada Yamaha Tracer 9 GT plus. Tapi itu semua digunakan pada moge touring atau adventure, sedangkan untuk skutik sepertinya baru si Voge ini yang menggunakannya.

Fitur radar yang memungkinkan memiliki beragam macam kotrol elektronik ini hanya tersedia untuk versi tertinggi yakni varian Smart Edition, sedangkan untuk 2 varian lainnya seperti tipe standar dan Race edition tidak ada.

Karena ada label “smart”nya, tentunya bukan cuma radar, skutik Voge ini pun sudah dijejali beragam fitur lainnya, mirip seperti HSVCS-nya Honda, control elektronik motor ini juga bisa dikendalikan menggunakan perintah sudara. Dan fitur radarnya pun memiliki banyak sensor, seperti peringatan potensi tabrakan, peringatan titik buta dan peringatan untuk berpindah jalur. Ya, fitur yang sangat umum pada kendaraan dengan fitur cruise control. Selain itu, SR4 dari Voge ini pun sebelumnya menjadi salah satu pelopor skutik berkamera.

Tak hanya upgrade fitur, Voge SR4 Max series ini pun mengalami peningkatan performa. FYI, buat yang belum tahu, SR4 ini menggunakan basis mesin yang sama dengan maxi skutik BMW C400GT, tapi jika sebelumnya powernya dibuat sedikit lebih rendah untuk diferensiasi, tapi sekarang performanya dianggap sama.

Mengusung mesin  349cc 1 silinder SOHC 4 klep berpendingin cairan. power maksimum mencapai 25 Kw dan torsi maksimum 30 Nm. Bahkan jika kalian lihat desain knalpot dan juga crankcase mesin dan kaki-kakinya terlihat identik dengan skutik BMW.

Baca : BMW C400X Rilis di Indonesia, Maxi Skutik Jerman Harganya Setara 10 Unit Yamaha Nmax

Sedangkan untuk desainnya, tidak ada perubahan. SR4 Max ini memiliki desain yang sporty dan futuristik yang mantap buat diajak touring alias matic GT atau Grand Touring yang nyaman dan ergonomis, jok-nya dibuat rendah dan tebal, sedangkan untuk untuk bagian lampu depan memiliki identitas tersendiri, dan tak kalah dengan Forza, skutik ini juga bisa mengendalikan ketinggian layar atau windshiled secara elektrik, bahkan diberi tambahan fitur pemanas di bagian stang dan jok, cocok untuk berkendara di daerah dingin.

Terakhir, untuk harga pihak Voge membanderol Voge SR4 Max Smart Edition ini dengan harga 41.766 Yuan atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 88,5 jutaan. Dan versi terendahnya dijual lebih murah hanya 40ribu Yuan. Oh ya, brand Voge ini juga cukup dikenal di benua Eropa bahkan market share-nya pun sudah bisa kompetitif dengan produk Eropa bahkan Jepang.

Kalau ke Indonesia, bakal laku gak ya? Keren nih matic pertama pakai fitur radar…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!