Skutik Ganteng 200cc? KYMCO KRV200 2023 Rilis di Italia

Warungasep.net – Baru-baru ini jagat dunia maya dihebohkan dengan dirilisnya skutik ganteng 200cc yang diberi nama Kymco KRV200 di daratan Eropa, lebih tepatnya di negeri Pizza, Italia. Tentunya kalian bakalan familiar, karena sejatinya skutik asal Taiwan ini identik dengan Kymco KRV180 yang memang sudah ada sebelumnya. Lalu, apakah KRV200 ini upgrade mesin jadi 200cc, atau gimana? Yuk kita ulas…

Eropa tentunya menjadi pasar yang potensial bagi Kymco, bahkan bersama saudaranya SYM mereka bisa kompetitif dan di beberapa negara justru menjadi pemimpin pasar. Seperti contoh di Spanyol Kymco bahkan menjadi yang nomor wahid dalam penjualan sepeda motor (Baca : 10 Motor Terlaris di Spanyol Tahun 2020, Kymco Jawaranya! ). Dan tentunya, Eropa selalu mereka prioritaskan dan tak jarang produk-produk baru mereka melakukan debut peluncuran disana.

Dan untuk KRV200 ini sebenarnya kembaran KRV180, dimana hanya label atau namanya saja yang berbeda sebagai diferensiasi produk global mereka. Ya, mirip seperti Nmax 155 ketika dijual di Brazil namanya berubah menjadi NMax 160, hehe…. Sehingga secara desain, spek dan fitur baik KRV200 maupun KRV180 bisa dipastikan sama.

Kita lihat desainnya, Skutik Kymco ini ini tidak seperti maxi skutik pada umumnya yang menggunakan rangka backbone, KRV 180 justru memiliki model ala-ala skutik khas Taiwan, yaitu maxi skutik dek rata, dengan body dan kaki-kaki gambot, pakai windshield didepan stang kemudi telanjang, posisi lubang tanki didepan dan bagasi yang luas didalam jok.

Dan karena skutik ini ditujukan sebagai pesaing di kelas maxi skutik sporty yang sudah ada sebelumnya seperti SYM DRG BT, SYM MMBCU , Yamaha Force 155 dan PGO Tigra, motor ini menggunakan model suspensi belakang horizontal backlink suspension yang menjadi ciri khas skutik endemik Taiwan.

Karena persaingan begitu ketat, tentunya sebagai pabrikan yang punya pangsa pabrikan terbesar di Taiwan (Baca : Penjualan Suzuki Saluto di Taiwan Cuma Segini ?! ) Kymco memberikan banyak keunggulan pada produk terbaru mereka ini dalam segi fitur electronic canggih, diantaranya sbb ;

Fitur Kymco KRV200 2023

  • Traction Control
  • Lampu depan, belakang, lampu sein dan DRL serba LED
  • Panel speedometer full digital
  • Electric Socket Charger
  • Keyless ignition
  • Rem cakram depan dan belakang dengan Antilock Braking System (ABS)
  • System transmisi penggerak drive belt PTM

Kymco begitu all out dalam men-developt mesin baru dengan melakukan inovasi bentuk transmisi yang tidak umum. Bagaimana tidak, jika pada skutik biasanya menggunakan CVT dibagian samping kiri motor, sedangkan KRV200 ini bagian CVT-nya disembunyikan dibagian tengah, menonjol kesebelah kanan, sedangkan posisi radiator berpindah, bukan disamping kanan melainkan disamping kiri.

Walaupun bernama KRV200 tapi mesin skutik ini ini tidak sesuai labelnya… Ssama seperti KRV180, skutik ini memiliki kubikasi mesin 175cc 1 silinder 4 klep berpendingin cairan. tenaga maksimum berada di angka 17 Hp pada putaran 7500 rpm dan torsi 15, 6 Nm pada 6000 rpm. Untuk lebih detailnya pemirsa lihat dibawah ini :

Kymco KRV200 2023 Spesification

Engine type: water-cooled four-stroke OHC 4V single cylinder
Displacement: 175.1cc
Maximum horsepower: 17 Hp @7 ,500rpm
Maximum torque: 15.68Nm@6 , 000rpm
Curb weight: 133.5kg
Seat height: 795mm
Wheelbase: 1,400mm
Fuel tank capacity: 7.2L
Tire size: front wheel 110/70-13,
Rear wheel 130/70-13
Front shock: periscope type front fork
Rear shock: horizontal single-gun shock absorber
Front brake: one-way double-piston caliper single disc
Rear brake: single disc

Terakhir, Kymco Italia membanderol KRV200 ini dengan harga €4,890 atau jika dikonversikan kedalam Rupiah sekitar Rp. 78,5 Jutaan. waaw mahal juga ya, hehe…

Kira-kira kapan ya skutik Ganteng Kymco ini dijual di Indonesia? Ayo dong Kymco Indonesia, pasti berpotensi laris nih, walaupun mahal asal ganteng dan unik sih pasti banyak sultan yang kepincut buat koleksi nih…

Woco juga : Inilah 9 Motor Sport Fairing 200cc Di Dunia

4 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!