Malaguti Drakon, Satu Lagi Motor Sport 125cc Asal Italia

Warungasep.net – Malaguti adalah pabrikan legendaris asal Italia yang kembali bangkit di masa sekarang dengan merilis banyak produk baru, salah satunya adalah Malaguti Drakon 125 versi 2023. Motor bergenre naked bike bermesin 125cc ini memiliki desain yang ekstrim, unik dan dijejali fitur-fitur modern.

Pertama kita bahas desainnya, sebenarnya motor ini tampak simple dan sederhana, itu terlihat dari desain body belakang yang minimalis tanpa spakbor digantikan dengan mud guard dibelakang ban, jok-nya pun pakai model tandem tak terpisah, dan walaupun pakai mesin kecil tapi tampak padat diberi cover undercowl yang membungkus knalpot model underbelly.

Area shroud dibuat kekar dan sedikit memanjang kedepan dengan garis yang menyatu dengan sisi samping cover headlamp. Area lampu utama juga dibuat unik dengan dua reflektor projie LED yang ditempatkan menumpuk, sekilas mirip desain headlampnya Suzuki GSX-8S.

Fitur menjadi keunggulan motor ini, diantaranya suspensi depan Upside down, swing arm belakang model banana, rem cakram depan besar yang dilengkapi ABS dual channel. Dari sistem elektronik, motor ini sudah dilengkapi lampu serba LED, USB Charger dan yang menarik adalah panel meter yang sudah full TFT warna super besar dengan tampilan yang futuristik.

Dari sektor mesin, motor ini mengusung mesin 124,8 cc 1 silinder DOHC berpendingin cairan. Power maksimumnya mencapai angka 13.5hp pada 9,500rpm dengan torsi 11.4Nm pada 7,500rpm. Motor ini memiliki jok yang memang dibuat untuk biker di Eropa sana karena mencapai tinggi 805mm, kapasitas tangki yang muat 10,5 liter BBM, Beratnya menapai 145 kg dan ukuran ban 100/70-17 inch dibagian depan dan 130/70-17 inch dibagian belakang.

Di Italia sana, motor ini dijual dalam 2 pilihan warna, diantaranya warna  Neve White dan Spirito Grey.

Sebenarnya walaupun mengusung label pabrikan Malaguti yang asli Italia, tapi sejatinya motor ini merebadge produk asal China Zongshen. Dengan nama yang sama yakni Drakon, di negeri aslnya di Tiongkok sana, Drakon juga tersedia versi mesin 250cc-nya.

Tak hanya Malagutti, pabrikan asal Italia lainnya seperti FB Mondial juga banyak yang merebadge produk Mocin, seperti contoh FB MondiaPagani 150 dan FB Mondial Imola yang merebranding produk Taro.

Dan bisa dibilang, sepertinya Malaguti Drakon ini menjadi pesaing FB Mondial Piega 125, bahkan konsep desainnya yang unik serta desainnya yang modern bisa dibilang mirip-mirip.

Baca ; FB Mondial PIEGA 125 2022, Motor Keren Rancangan Desainer Suzuki ?!

Oh ya, Malaguti cukup banyak memiliki line up produk mereka yang saat ini didominasi skutik, beberapa diantaranya sudah pernah saya bahas, cekidot :

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!