Braking News! Rilis di USA, Rem Honda ADV160 2024 Masih Teromol

Warungasep.net – Hot! Braking News! Berita pengereman kali ini kita akan membahas salah satu produk skutik yang baru saja rilis di Amerika Serikat (USA) yaitu Honda ADV160 versi 2024. Yupz, skutik adventure bermesin baru eSP+ ini telah resmi hadir di negeri Paman Sam. Namun ada sedikit perbedaan antara ADV160 di kita dengan yang dijual disana, salah satunya adalah tentang sistem pengereman. Walaupun sudah sama-sama pakai teknologi Antilock Braking System(ABS) tapi ternyata model pengereman belakang ADV160 versi USA justru masih pakai teknologi jadul, yakni rem tromol.

Sebenarnya bukan berita baru, karena sebelumnya Honda ADV150 USA version juga sudah ada disana sejak 3 tahun lalu, dan entah karena regulasi atau peraturan, skutik kelas kecil disana rata-rata menggunakan sistem pengereman belakang drum brake a.k.a tromol.

Selain AD160, Honda PCX160 versi Amerika serikat juga menggunakan rem teromol lho! Kebayang disaat mereka sudah bisa menerbangkan Roman Pierce dan Tej Parker menggunakan mobil ke luar angkasa, eh rem skutik disana masih pakai teknologi old, hehe…

Walaupun begitu, dari segi desain, fitur dan spesifikasi ADV160 sepertinya sama. Selain rem belakang tromol, fitur-fitur unggulan ADV160 seperti Two Step Adjustable Windscreen, Subtank suspension dari Showa masih dipertahankan.

Begitu juga panel speedometer full digital, smartkey system, ESS dan rem ABS sudah disematkan, namun belum tahu apakai fitu baru HSTC atau Honda Selectable Torque System ada atau tidak karena tidak tercantum di website resmi mereka, tapi untuk detail lainnya, ADV160 disana desainnya sama seperti ADV160 yang dijual di negara lainnya seperti Jepang dan semua negara di Asean.

Begitu juga mesinnya, jika melihat spesifikasi ADV160 ini mengusung mesin baru eSP+ 157cc dengan bore x stroke 60,0 mm x 55,5 mm, namun entah karena salah editing atau apa, pada tabel spesifikasi di situs Honda USA, skutik ini masih memiliki 2 klep per silinder, hehe.. Untuk power dan torsinya tidak dicantumkan, tapi kemungkinan besar, mesinnya sama seperti ADV160 yang ada di Indonesia, itu terlihat dari platform mesin generasi baru yang memiliki engine mounting yang letaknya berada di atas mesin.

Terakhir, harga ADV160 versi 2024 di negeri Hollywood ini dibanderol $4,499 atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 67,1 jutaan, wuiiih jadi dua kali lihat harga ADV160 di Indonesia yang versi ABS dibanderol p. 38jutaan. Skutik pesaing Yamaha Zuma ini dijual dalam 2 pilihan warna diantaranya warna abu yang mereka namai Smokey Grey dan merah Red Metallic.

Wah, ADV160 ini buatan AHM atau mana ya? Menarik nih, kalau dijadiin versi “pahe” atau ADV160 paket murah, hehe…

3 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!