Honda TRANSALP Rilis di Indonesia, Moge SOHC 750cc Twin Seharga 10 Kali Lipat CB150X

Warungasep.net – Bertepatan dengan digelarnya Jakarta Fair Kemayoran, Rabu (14/6). PT. AStra Honda Motor (AHM) resmi merilis moge baru yaitu Honda Transalp 750 versi 2023. Moge ini sebenarnya sudah melakukan debutnya di Eropa akhir tahun lalu, dan kali ini Indonesia secara ekslusif termasuk pasar yang potensial bagi motor bergaya adventure bermesin 750cc 2 silinder SOHC ini. Hmm, mosok moge kok SOHC? Ada dong, hehe… Untuk lebih detailnya yuk kita simak lebih detail.

AHM menjual Transalp 750 versi 2023 ini dengan harga yang setara 10 kali lipat Honda CB150X. Yupz, lebih tepatnya Rp. 330.500.000 untuk on the road DKI Jakarta dan dijual dalam tiga varian warna yakni Honda Tricolor (Putih merah biru), kemudian warna hitam Matte Ballistic Black Metallic serta Matte Iridium Gray Metallic.

Kalian tentu penasaran? Kenapa namanya Transalp? Kenapa bukan CB750X atau CRF750L saja gitu? Sebenanrnya nama resmi motor ini adalah Honda XL750 Transalp. Dan Ternyata nama “Transalp” merupakan nama produk legendarisnya Honda yang artinya nama tersebut telah lahir sejak pengembangan model pertama yakni XL600V pada tahun 1986. “TRANSALP” memiliki arti melintasi pegunungan yang tinggi seperti pegunungan Alpen di Eropa. Dengan mengusung semangat “All-Rounder Adventure Touring Bike”.

Nama ini juga memiliki arti model ini memberikan kenyamanan saat dikendarai, tidak hanya saat melintasi jalan raya namun dalam menghadapi beragam situasi seperti jalur pegunungan hingga jalanan tidak beraspal. Untuk mewujudkan pengalaman berkendara tersebut, motor Honda Dual-Purpose pertama ini dikembangkan dengan daya jelajah yang berskala besar serta disematkan bodi fairing dengan gaya desain bodi tangguh yang menyuguhkan aura petualangan sejati.

Honda XL750 Transalp versi full accessories

Tak hanya itu, limpahan fitur berteknologi tinggi dan gaya desain motor Big Bike menjadikan model ini sebagai sepeda motor sport adventure impian bagi para pecinta petualang selama 30 tahun. Kini, AHM hadirkan New XL750 TRANSALP yang siap menemani penjelajahan ke penjuru Indonesia.

Untuk spesifikasinya, Honda Transalp ini dibekali mesin 750cc, New XL750 TRANSALP mampu menghasilkan tenaga yang berlimpah dan mudah dikendalikan guna memberi kenyamanan mengeksplorasi Indonesia. New XL750 TRANSALP dilengkapi dengan mesin bertenaga serta sasis dinamis yang mempuni untuk menaklukan medan on-road maupun semi off-road. Berbekal mesin 755cc SOHC berpendingin carian dengan 4 katup unicam head mampu menghasilkan tenaga maksimal 67,5 kW @9,500 rpm dan torsi puncak mencapai 75 Nm @7,250rpm. Untuk lebih detailnya lihat dibawah ini :

Spesifikasi Honda XL750 Transalp MY 2023

 

ENGINE
Engine Type Liquid-cooled OHC 4-stroke 8-valve parallel twin with 270° crank and Unicam
Engine Displacement 755cc
Bore x Stroke (mm) 87mm x 63.5mm
Compression Ratio 11.0:1
Max. Power Output 67.5kW @ 9,500rpm
Max. Torque 75Nm @ 7,250rpm
Noise Level (dB)  Lwot – 81.5; Lurban – 77.5
Oil Capacity  3.9L
Starter Electric
FUEL SYSTEM
Carburation PGM-FI electronic injection
Fuel Tank Capacity 16.9L
CO2 Emissions WMTC 103g/km
Fuel Consumption 23km/l
ELECTRICAL SYSTEM
Battery Capacity 12v 8.6Ah
DRIVETRAIN
Clutch Type Wet multiple, assist slipper clutch
Transmission Type 6 speed Manual Transmission
Final Drive Chain
FRAME
Frame Type Steel diamond
CHASSIS
Dimensions (L´W´H) 2,325mm x 838mm x 1,450mm
Wheelbase 1560mm
Caster Angle 27°
Trail 111mm
Seat Height 850mm
Ground Clearance 210mm
Kerb Weight 208kg
Turning radius 2.6m
SUSPENSION
Suspension Front Showa 43mm SFF-CA – 200mm travel
Suspension Rear Monoshock damper, Pro-Link swingarm, 190mm travel
WHEELS
Wheels Front 21in (stainless steel) spoked wheels
Wheels Rear 18in (stainless steel) spoked wheels
Tyres Front 90/90-R21 M/C 54H
Tyres Rear 150/70-R18 M/C 70H
BRAKES
ABS Type 2 channel
Brakes Front Dual 310mm x 4.5mm ‘wave’ discs with axial mounted

2 piston calipers

Brakes Rear Single 256mm x 6.0mm ‘wave’ disc is operated by a single-piston caliper
INSTRUMENTS & ELECTRICS
Instruments TFT
Headlight LED
Taillight LED
Connectivity Honda Smartphone Voice Control
USB Type C (under the pillion seat)
12V Socket Optional
Auto Winker Cancel Yes
Quickshifter Optional
Security System HISS

Detail lainnya, Pada bagian sasis, New XL750 TRANSALP telah dibekali dengan Inverted Telescopic Front Suspension dan Pro-Link Rear Monoshock yang dapat diatur ketinggiannya serta Swing Arm berbahan alumunium memungkinan pengendara untuk bermanuver lebih leluasa saat melalui medan semi off-road dengan bobot sepeda motor yang lebih ringan. Dalam mendukung keamanan saat berkendara, produk ini telah disematkan ban bertipe Dual Purpose dan dilengkapi dengan Front Double Wavy Disc Brake serta ABS 2-Channel pada sistem pengereman depan.

23YM XL750 Transalp

President Director AHM Susumu Mitsuishi mengatakan New XL750 TRANSALP hadir sebagai motor adventure dengan performa dan teknologi mesin terbaik yang cocok menemani berkendara jarak jauh. Big bike adventure Honda ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk melintasi jalanan di berbagai medan. Model ini juga ditunjang dengan ground clearance yang tinggi, memberi kenyamanan optimal saat dikendarai di jalanan berkontur tanah dan bebatuan, turing jarak jauh serta jalan berliku.

“New XL750 Translap didukung mesin bertenaga yang melimpah, beragam fitur dan teknologi akan memberikan kesenangan berkendara di berbagai medan yang dilalui,” ujar Mitsuishi.

Executive Vice President Director AHM Thomas Wijaya mengatakan New XL750 TRANSALP hadir untuk menjawab kebutuhan serta menemani gaya hidup dengan sensasi petualang para pecinta motor sport Adventure.

“New XL750 TRANSALP menjadi salah satu pilihan terbaik dan berkelas bagi para pecinta sepeda motor sport terutama segmen adventure untuk menemani berpetualang ke berbagai wilayah di Indonesia. Dengan layanan purna jual sepeda motor Big Bike berkualitas tinggi, kami pun siap memberikan layanan premium melalui jaringan penjualan 11 Honda Big Wing di Indonesia,” ujar Thomas.

Mendapatkan penerimaan yang baik dari para pecinta motor adventure, pada tahun 2000 TRANSALP hadir melalui XL650V dan penyegaran lebih menarik dihadirkan pada tahun 2008 melalui XL700V TRANSALP. Sejak awal kehadirannya, model ini konsisten menawarkan kenyamanan dan kemudahan dalam pengedalian saat menghadapi berbagai kondisi jalan melalui penggunaan Spoke Wheel serta desain berkarakter tangguh melalui penyematan fairing yang besar.

Fitur Honda XL750 Transalp

23YM XL750 Transalp

Untuk fiturnya, New XL750 TRANSALP menjadi sepeda motor Adventure touring impian para penjelajah dengan fitur canggih. New XL750 TRANSALP dilengkapi dengan fitur New XL750 TRANSALP juga disematkannya TFT Full Digital Panelmeter berpenampilan canggih dan menyediakan berbagai informasi penting mulai dari speedometertachometerriding mode, gear position, tripmeter, rata-rata konsumsi bahan bakar, sisa bahan bakar, serta temperatur suhu mesin. Dari sisi keamanan, model ini juga telah disematkan Honda Ignition Security System pada bagian sistem penguncian sepeda motor.

Dalam mendukung kenyamanan saat berkendara di malam hari, seluruh sistem penerangan pada New XL750 TRANSALP hadir dengan All LED Lighting System yang memberikan kemudahan bagi pengendara untuk melihat jalanan yang lebih jelas. Model ini juga memiliki windshield tinggi guna memberi perlindungan lebih maksimal pengendara dari terpaan angin. Kapasitas tangki bahan bakar yang besar yakni 16,9 liter dan menggunakan sistem PGM-FI sebagai supply pembakaran memberikan dukungan pengalaman untuk berkendara dengan jarak lebih jauh.

Motor Big Bike Honda ini menghadirkan sensasi kenyamanan berkendara jarak jauh dengan 5 pilihan riding mode yang mudah dioperasikan sesuai kondisi jalan.  Dukungan teknologi Throttle by Wire untuk mengatur tingkat kepresisian tenaga yang dikeluarkan serta 5 pilihan riding mode yakni mode Gravel, mode Sport, mode Rain, Mode Standard, Mode User untuk dapat disesuaikan dengan keinginan pengendaranya saat menghadapi berbagai jalanan yang dilintasi.

Guna mendukung berkendara di berbagai situasi perjalanan seperti saat semi off-road, kenyamanan saat turing, dan kelincahan ketika berkendara harian, New XL750 TRANSALP hadir dengan sistem suspensi yang berkelas. Mengunakan suspensi depan SHOWA 43mm Adjustable Inverted Telescopic serta dukungan suspensi belakang dengan Pro-link adjustbale monoshock memberikan kenyamanan melintasi berbagai kondisi seperti jalanan beraspal hingga jalanan semi off-road dan berbatu. Memiliki jarak ground clearance yang tinggi yakni 210mm dengan Curb mass 208kg memberikan kenyamanan dan kemudahan pengendalain sepeda motor.

23YM XL750 Transalp

Pada sistem pengereman, model ini hadir dengan Front Double Wavy Disc Brake yang berdiameter ukuran 310mm dan Rear Disc Brake 256mm serta ABS 2-Channel yang memberikan keamanan saat pengereman dengan cengkraman maksimal. Sistem elektronik New XL750 TRANSALP ditunjang dengan teknologi Honda Selectable Torque Control (HSTC) system yang sudah terintegrasi dengan Wheelie Control.

Pada bagian Roda, New XL750 TRANSALP hadir dengan velg Spoke Wheel berukuran 21 inci dan belakang 18 inci. Melengkapi berkendara jarak jauh yang menyuguhkan kenyamanan, balutan ban berukuran 90/90-21 dan 150/70-18 siap hadapi jalanan aspal dan berpasir maupun semi Off-Road.

Mantap…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!