Arbi dan Aldi Raih Juara di Ajang Balap Eropa JuniorGP dan R3 bLU cRU

Warungasep.net – Luar Biasa…! Prestasi membanggakan diraih oleh dua talenta muda Indonesia di ajang balap kelas dunia, tak tanggung-tanggung mereka menorehkan tinta emas dengan mencetak sejarah dengan meraih gelar juara sehingga bender merah putih berkibar dan lagu Indonesia Raya bekumandang di sirkuit Eropa. Mereka adalah Arbi Aditama yang untuk pertama kalinya menjuarai ajang balap JuniorGP Catalunya dan Aldi Satya Mahendra meraih double podium diajang Yamaha R3 bLU cRU di sirkuit Imola yang bersamaan dengan gelaran WSBK Italia 2023.

Fadilah Arbi Aditama merupakan satu-satunya wakil Indonesia di ajang balap FIM JuniorGP (dulunya bernama FIM CEV Moto3) yang digelar di sirkuit Catalunya Barcelona Spoanyol digelar Minggu (16/7/2023). Melakukan start dari posisi ke-16 pada balapan kedua, dia mampu bangkit dari lap pertama yang sulit dan mencatat perjuangan luar biasa.

Pada balapan pertama, Arbi harus melakukan start dari posisi ke-26 karena masalah pada saat kualifikasi, dan ditambah penalti. Meski begitu, dia sudah bisa berada di posisi ke-16 pada akhir lap pertama. Meskipun kecepatannya pada setengah balapan pertama sama dengan pebalap di grup depan, wakil Indonesia tersebut tidak bisa mengejar mereka dan akhirnya finis di posisi ke-18.

Pada balapan kedua, pebalap Astra Honda tersebut menunjukkan potensinya dan meraih kemenangan pertamanya di ajang balap dunia junior ini.

Selepas start, Arbi berhasil naik beberapa posisi, dan dengan cepat masuk top 10. Saat tujuh lap tersisa, dia bisa memimpin balapan. Namun, senggolan dengan pebalap lain membuatnya terdorong ke posisi ke-15. Ketika balapan menyisakan enam lap, dia berhasil maju dan masuk posisi podium. Meski akhirnya finis di posisi kedua, 0,005 detik dari posisi pertama, penalti yang didapatkan pebalap lain menjadikan Arbi sebagai pemenang. Dia kini mengoleksi 33 poin dan berada di peringkat ke-16.

“Salah satu hari paling membahagiakan dalam hidup saya. Saya merasa percaya diri dan kuat, sehingga bisa bersaing dengan grup depan dan menjaga konsentrasi tanpa kehilangan ketenangan. Meskipun sempat terdorong ke belakang lagi setelah sempat bersenggolan dengan pebalap lain, saya bisa kembali dan mencatat kemenangan perdana di level profesional. Hasil yang luar biasa. Terima kasih atas dukungannya.”ungkap Arbi.

FIM JuniorGP akan jeda selama hampir tiga bulan dan kembali pada 8 Oktober di MotorLand Aragon yang merupakan putaran keenam atau kedua terakhir musim ini. Arbi akan kembali ke Indonesia untuk beristirahat dan merayakan kemenangannya bersama keluarga.

Sedangkan Aldi Satya Mahendra menunjukkan konsistensinya dalam meraih prestasi signifikan. Pejuang Semakin Di Depan Yamaha ini berhasil meraih double podium atau dua kali podium terbaik dalam 2 race dari gelaran R3 bLU cRU European Championship 2023 yang berlangsung di Sirkuit Imola, Italia pada 15 Juli 2023.

Selama musim  balap 2023 ini, adik dari pembalap Galang Hendra ini sudah meraih 4 kali podium juara, yaitu dua kali podium di Imola, kemudian di Donington Park dan Misano. Selain itu juga pernah podium runner-up di Barcelona dan podium ke-3 Misano. Untuk posisi pole positon pernah diperoleh 2 kali di Donington Park dan Imola.

Selamat untuk Arbi dan Aldi semoga selalu konsisten dan terus berpretasi dan semoga bisa lanjut ke jenjang balap yang lebih tinggi lagi, aamiin… Jayalah Indonesia!

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!