Lebih Murah dari CBR600RR, Kawasaki Rilis Moge ZX6R 2024 di Indonesia

Warungasep.net – Setelah muncul teaser dan bahkan sudah dipajang di website resmi mereka. Akhirnya tepat hari ini PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi merilis Kawasaki ZX6R 2024 di Indonesia. Moge supersport dengan tampang gahar bin sangar ini hadir dengan desain baru yang lebih fresh juga dijejali beragam macam fitur canggih dan kekinian. Yang menarik harganya pun lebih murah bahkan bisa dibilang setengah dari banderol harga pesaingnya.

Bicara soal desain, ZX-6R 2024 secara desain sekilas memang masih mempertahankan desain lawas, yang paling kentara perubahannya ada pada bagian wajah, dimana jika versi sebelumnya menggunakan dua buah headlamp yang memiliki desain yang sama dengan klan Ninja series lainnya, tapi kali ini dibuat berbeda.

Enggak mirip dengan ZX-10R yang aneh itu sih untungnya, hehe… Lubang air scoopynya masih berada di atas berbentuk segitiga. Walaupun begitu, tampang ZX-6R versi teranyar ini justru lebih terlihat proporsional, gak terlalu monyong seperti gen sebelumnya dan justru terlihat sederhana tapi menampilkan sisi misterius yang menyimpan potensi performa yang siap mengintimidasi lawannya.

Perubahan lainnya, terdapat pada silinser knalpot yang kini tak lagi dibalut warna chrome, melainkan warna hitam, dan bentuknya masih panjang, hehe… Kemudian yang berubah ada bagian side fairing, atau body samping dimana sistem aerodinamisnya katanya lebih ditingkatkan, lekukannya sedikit berubah dan dibagian windshield ternyata juga ada yang berubah, menjadi lebih terlihat sporty sih.

Fitur ZX6R 2024

Dari segi fitur, ZX-6R versi 2024 mendapat update fitur berupa 4 riding mode, lampu sein LED, panel speedometer TFT warna 4,3 inch yang tentu saja sudah bisa terkoneksi dengan smartphone., Tapi sebagain besar masih mempertahankan fitur unggulan pada versi sebelumnya, diantaranya :

  • Selectable power modes combined with Kawasaki TRaction Control (KTRC)
  • Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System (KIBS)
  • Class-leading SHOWA suspension
  • Assist & Slipper clutch
  • Optimized ergonomics with 5-position adjustable clutch lever
  • Multi-function TFT screen
  • Pressed-aluminum perimeter frame

Ditambah lagi dengan KQS (Kawasaki Quick Shifter), Rem ABS KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System), KTRC (Kawasaki TRaction Control), Suspensi depan Upside down dari SHOwa dengan SFF-BP (Separate Function Fork – Big Piston), LED Hedlight dan Tailight, Speedometer kombinasi Analog dan Digital, Assist & Slipper Clutch, Ban Pirelli Diablo Rosso IV dan ada aksesories tambahan berupa Öhlins steering damper juga Frame Slider…

Sedangkan dari segi performa, ZX6R 2024 ini masih mengusung mesin 636cc 4 silinder inline DOHC berpendingn cairan, powernya mencapai power puncak diangka 124 PS dan meningkat hingga 129 PS jika Ram Airnya diaktifkan pada putaran 13,500 rpm dan torsi masksimum berada diangka 69 Nm pada 11,000 rpm. Lengkapnya lihat dibawah ini :

Spesifikasi ZX6R 2024

Power Maksimum 95.2 kW {129 PS} / 13,000 rpm (with Ram Air)
Torsi Maksimum 69.0 Nm {7.0 kgfm} / 11,000 rpm
Jenis Mesin Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four
Volume Silinder 636 cc
Diameter x Langkah 67.0 x 45.1 mm
Perbandingan Kompresi 12.9:1
Sistem Katup DOHC, 16 valves
Sistem Suplai Bahan Bakar Fuel injection: ø38 mm x 4 with oval sub-throttles
Sistem Pengapian Digital
Start Electric
Transmission 6-speed, return
Primary Reduction Ratio 1.900 (76/40)
Final Reduction Ratio 2.867 (43/15)
Kopling Wet multi-disc, manual
System Final Drive Type Chain

Intinya lebih kecil jika dibanding versi sebelumnya, namun yang pasti mesinnya sudah mendukung regulasi Euro5, sebagai pembeda dengan versi sebelumnya, mesin ZX-6R versi teranyar crankcasenya berwarna silver, sedangkan yang lama menggunakan warna hitam. Oh ya, velgnya masih pakai model lama lho, gak mau kalah sama Mio nih, hehe…

Harga ZX6R 2024

Terakhir, harga ZX6R 2024 di Indonesia ini dibanderol Rp. 359.900.000 OTR Jakarta, jika coba bandingkan dengan harga pesaing terdekatnya apalagi kalau bukan Honda CBR600RR di Indonesia yang dibanderol Rp. 507jutaan tentunya harga ZX6R ini hanya separuhnya saja, hehe… Dan motor ini untuk saat ini sepertinya hanya tersedia satu varian warna saja yaitu warna lime green dengan livery team KRT.

Kira-kira mau pilih CBR60RR atau ZX6R?

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!