Kymco RCS Moto 150, Matic Racing Keren dan Canggih dari Taiwan

Warungasep.net – Akhir September kemarin, Kymco Taiwan merilis 4 model baru secara serentak. Dan yang paling menarik adalah hadirnya produk all new bernama Kymco RCS Moto 150 2024 yang memiliki desain yang sporti dan juga didukung dengan teknologi yang kekinian banget. Dan ternyata diketahui jika motor ini bisa dibilang facelift daripada Kymco Racing S yang memang sudah menjadi matic racing keren yang menjadi idola dari negara asalnya.

Itu terlihat dari labelnya yang merupakan singkatan dari Racing S menjadi RCS namun mereka menambahkan label Moto dibelakangnya. Mengenai desainnya tentunya memiliki perubahan desain yang radikal dibanding versi sebelumnya, yang paling kentara adalah perubahan desain lampu depan dan juga setang kemudi yang kini menggunakan model stang telanjang ala motor sport sehingga kesan sportinya lebih terlihat. Berikut perbandingannya :

Baca : Kymco Racing S150 2020, Motor Yang Dinantikan Netizen di Indonesia?

Bandingkan dengan versi terbarunya :

Kymco RCS Moto 2024

Perubahan meliputi desain lampu depan yang berubah, masing menggunakan dual lampu depan yang sporti namun RCS Moto mengadopsi model lampu depan dual projie led fish eye yang lebih terkesan futuristik. Model ini menjadi trend baru di Taiwan dimana pesaingnya sudah lebih dulu menerapkannya lewat SYM JET SL juga PGO TIG 170 . Walaupun memang Kymco juga sudah punya salah satu line up produk mereka yang menggunakan model lamou seperti ini lewat Kymco X-town 250 .

Sedangkan untuk bagian lainnya sepertinya masih sama dengan model Racing S versi sebelumnya. Diantaranya body belakang yang tajam lengkap dengan footpeg model gantung, dual shock belakang juga lubang tangki didepan yang menjadi ciri khas skutik endemic Taiwan.

Bedanya pihak Kymco menambahkan beberapa fitur canggih diantaranya lampu yang semuanya serba LED, USB socket charger, smart key system dan karena motor ini menggunakan model stang telanjang maka area dasbornya berubah menjadi panel meter LCD digital berukuran 4,5 inch sehingga terlihat lebih futuristik.

Bahkan untuk varian teratasnya, skutik ini sudah dibenamkan pengereman dual dick brake depan belakang dengan AntiLock Braking System (ABS) lengkap dengan fitur Traction Control (TCS) itu karena untuk mengakomodir tenaga motor ini yang semakin kencang dari pendahulunya.

Melihat situs resminya, skutik ini sudah menggunakan mesin baru yaitu 150,1cc 1 silinder 4 klep dengan katup variable yang mereka namai Variable Valve-Lift Control System atau VVCS. Ya mirip VVA-nya Yamaha gitu deh, hehe… Power puncaknya pun mengalami peningkatan dari semula hanya 13PS menjadi 14PS. Detail lainnya skutik ini memiliki berat 112 kg, tinggi jok 760mm dan ukuran ban 110/70-12 inch dibagian depan dan 120/70-12 inch dibagian belakang.

Terakhir, untuk harga Kymco RCS Moto ini dibandrol 101.000 TWD atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 48 jutaan untuk tipe standar alias varian termurah karena untuk yang pakai TCS dibanderol lebih mahal mencapai 107.000 TWD atau setara Rp. 51jutaan. Buset mahal banget ya, hehe… Ya karena motor-motor Taiwan enggak ada yang murah, makanya lucu kalau kalian mau Suzuki Saluto diboyong kemari karena pasti harganya gila-gilaan.

Oh ya, Kymco Taiwan juga menjual TCS Moto versi 125cc dengan model yang sama tapi dengan beberapa fitur dan mesin yang berbeda. Sedangkan untuk pilihan warnanya terdapat 5 pilihan warna yang menarik.

FYI, Taiwan beda dengan China. Walaupun sama-sama mengusung nama yang sama Gwangyang alias Kymco tapi untuk model mereka punya desain yang berbeda satu sama lain, untuk varian Kymco Racing misalnya jika TCS Moto mengusung model yang sporti futuristik, maka di China Rcaing S punya desain yang sama sekali berbeda. Penasaran? Begini penampakannya :

Baca : Kymco Racing 150 2022, Inilah Racing King Facelift Yang Lebih Ganteng!

Bahkan di China Kymco Racing series tersedia varian adventurenya lho!

Baca : Kenalan Dengan KYMCO Racing X 150, Lebih Adventure Dari ADV150 ?

Sedangkan untuk Indonesia dulu sempat ada varian Kymco yang diberi nama Kymco Racing King, namun ya gitu modelnya super jadul dan teknologi yang tentunya sudah ketinggalan jaman. Jadi, kira-kira yang mana ya yang cocok dijual di Indonesia? Silakan komentarnya…

1 Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!