Hasil Race dan Klasemen ARRC Zhuhai China 2023, AHRT Kunci Juara Asia

Warungasep.net – Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2023 kini memasuki seri ke-5. Diglar di sirkuit Zhuhai China, banyak pembalap Indonesia yang berprestasi dan berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak podium dengan diiringi lagu Indonesia raya. Bahkan Astra Honda Racing Team (AHRT) berhasil mengunci gelar juara Asia sebagai team terbaik musim ini.

Di kelas UB150, Sayangnya tidak ada pembalap Indonesia yang meraih podium. Guphita Kresna adalah pembalap Indonesia yang finisg paling depan di urutan ke-4. Dan barulah di race kedua, Murobil Vitoni berhasil meraih podium kedua bersama Wawan Wello yang melengkapi podium dengan finish di posisi 4.

Yang paling seru adalah balapan di kelas AP250, dimana pembalap Indonesia selalu menjadi langganan juara. Di race pertama di hari Sabtu kemarin, pembalap AHRT Veda langsung mendominasi balapan AP250 sejak start dilakukan. Konsisten di posisi depan, pemuda asal Gunung Kidul, Yogyakarta ini unggul lebih dari lima detik pada pertengahan balapan. Namun, jelang dua lap terakhir ia harus menjalani ride through penalty, sebagai sanksi atas insiden pada lap terakhir putaran ketiga di Sugo International Racing Course, Jepang. Saat kembali ke lintasan, dia berada di urutan ke-8 dan akhirnya finis di posisi ke-6. Rheza sempat memimpin pada awal lap ke-10. Namun, setelah melakoni pertarungan ketat, dia akhirnya finis di urutan kedua. Herjun tidak bisa menyelesaikan balapan karena terjatuh pada lap kedua.

Dan di race kedua, Veda kembali memukau pada balapan kedua AP250. Start dari pole position, dia tak terhentikan. Pada pertengahan balapan, Veda sudah unggul dua detik lebih dari pebalap lain. Terus melaju, pebalap 14 tahun tersebut akhirnya finis sembilan detik lebih di depan pebalap lain. Ini merupakan kemenangan kedua Veda di persaingan ARRC 2023. Sementara Herjun, yang gagal finis pada balapan pertama, kali ini bisa membalap dengan baik. Bersaing ketat dengan beberapa pebalap hingga akhir, hingga akhirnya ia finis di posisi ketiga, sekaligus menjaga perluangnya dalam perebutan gelar juara Asia. Rheza pun menyusul dengan finis di posisi keempat.

Sedangkan di kelas SS600, diwarnai insiden jatuhnya pebalap pada lap pertama. Pada pertengahan balapan, red flag bahkan sempat keluar. Saat balapan kembali dimulai, Adenanta start dari posisi kelima dan akhirnya finis di urutan kedelapan. Begitupun di race kedua pada hari Minggu juga menghadirkan persaingan sengit para pebalap. Adenanta berhasil menyelesaikan 12 lap balapan dengan finis di posisi kelima, tiga posisi lebih baik dari hasil balapan pertama.

Di balapan kelas ASB1000, pembalap Indonesia berhasil menuntaskan balapan dan finish di urutan ke-4 baik di race pertama maupun kedua. Di kelas ini, Markus Reiterberger berhasil meraih double winner sekaligus mengunci gelar juara Asia musim ini.

Dengan hasil tersebut, Rheza masih memimpin klasemen AP250 dengan 188 poin. Herjun menjaga persaingan menjadi juara umum dengan berada di posisi kedua klasemen hasil raihan 165 poin atau 23 angka tertinggal dari Rheza. Veda berada di urutan ketiga dengan 135 poin. Posisi tiga besar klasemen yang diisi oleh pebalap-pebalap Astra Honda membuat tim balap besutan PT Astra Honda Motor (AHM) ini mengunci gelar juara. Namun siapa yang menjadi juara musim ini, tentu masih ditentukan pada balapan putaran final mendatang di Buriram, Thailand.

Sementara pada kelas SS600, Adenanta berada di posisi ke-7 hasil koleksi 79 poin dan Gerry salim mengkoleksi 25 poin dengan mengisi posisi 13. Bagaimana dengan Andi Gilang? Kalian bisa lihat hasilnya dibawah ini :

Klasemen ARRC 2023 kelas UB150

Klasemen ARRC 2023 kelas AP250

Klasemen ARRC 2023 kelas SS600

Klasemen ARRC 2023 kelas ASB1000

Dan selanjutnya, para pebalap memiliki waktu sekitar satu bulan untuk beristirahat dan mempersiapkan diri sebelum menjalani putaran terakhir di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, pada 1-3 Dessember 2023 mendatang.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!