MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro, Superbike 4 Silinder Bergaya Jadul

Warungasep.net – Dengan berakhirnya era Superbike MV Agusta F4 yang legendaris, alih-alih untuk mengembangkan dan membuat produk baru, pabrikan asal Italia ini malah bikin motor aneh, nyentrik dan bergaya jadul. Yupz, MV Agusta hadir di EICMA Milan 2023 dengan menghadirkan beberapa line up produk yang akan dijual di tahun 2024 nanti, salah satu yang menarik adalah sosok moge Superbike bergaya jadul yang mereka beri nama MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro.

Moge baru MV-Agusta ini hadir untuk menemani Superveloce 800 yang sudah ada sebelumnya. Bedanya jika yang 800cc menggunakan mesin 3 silinder dari MV-Agusta F3, sedangkan untuk yang 1000cc ini tentunya kita bisa menebaknya dari moge apa. Yupz, basicnya adalah MV-Agusta F4 yang memang sudah ada versi terbarunya lagi.

Secara konsep, Superveloce 1000 ini mirip dengan yang 800cc yakni mengusung tema yang dibuat mirip dengan MV 500 GP yang merupakan motor balap jadul mereka yang sempat berjaya di tahun 70an, kombinasi warna merah dan silver mendominasi disemua sektor bodi yang katanya memiliki 43 elemen yang terbuat dari serat karbon.

Bagian serba tajam pada sosok F4 sama sekali dihilangkan, diganti dengan bentuk fairing yang serba bulat termasuk bentuk headlamp utama yang juga bulat berada di tengah front cowl yang dipermanis dengan air scoop atau lubang udara dikedua sisinya.

Walaupun bergaya motor balap jadul, moge baru MV-Agusta yang diproduksi di Schiranna Italia ini tetap mengikuti trend dengan menambahkan beberapa aerowinglet di beberapa bagian, seperti dibagian side fairing, undercowl dan juga bodi belakang untuk meningkatkan downforce hingga 39,2kg pada kecepatan 199mph.

Yang unik dari moge ini adalah desain pelek berbentuk bintang, namun dibuat mirip seperti velg jari-jari, bahkan untuk membuatnya semakin mirip dengan motor balap jadul, area rem depan juga tertutup dop sehingga terlihat menyerupai rem teromol, tapi tentunya memiliki fungsi utama untuk mendinginkan perangkat pengereman.

Beberapa fitur canggih pun tersemat pada motor ini, termasuk diantaranya panel meter TFT warna yang sudah mendukung konektifitas smartphone. Perangkat eksotis khas produk MV juga terdapat pada moge ini, seperti suspensi depan dan belakang dari Ohlins dan pengereman dari Brembo.

Sedangkan untuk mesinnya sama dengan Brutale 1000 atau Rush 1000 yakni mesin empat silinder 998cc yang memiliki tenaga maksimum hingga 209,1 hp dan berpotensi bisa ditingkatkan dengan perangkat racing kit.

Untuk harganya diperkirakan mencapai 50ribuan Euro dan akan mulai dijual di tahun 2024 mendatang.Apakah akan juga dijual di Indonesia? Wah siap-siap nih para sultan, hehe…

Oh ya, melihat konsep desainnya sepertinya moge ini cocok sebagai pesaing Triumph Speed Triple 1200 RR 2022, Sport Retro Inggris Yang Eksotis dan Radikal nih…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!