Kawasaki W175 Velg Racing Hadir di India

Warungasep.net – Bukan hanya di Indonesia, sport retro Kawasaki W175 juga dijual di negeri Vrindapan, India. Disana, W175 hadir dengan banyak perubahan signifikan, diantaranya pengabut bahan bakar yang bukan lagi pakai karbu tapi sudah injeksi, panel speedometer kombinasi analog dan digital serta rem canggih ABS. Dan bahkan yang terbaru mereka merilis produk baru yang diberi nama Kawasaki W175 Street versi 2024 yang dimana selain memiliki tampilan retro yang dikombinasikan dengan warna-warna yang modern, W series satu ini juga tampil beda karena menggunakan velg racing atau velg tipe cast wheel berbahan alumunium alloy, sebagai pembeda dari W175 versi standar yang menggunakan velg jari-jari yang juga di jual disana.

Jika di Indonesia biasanya Kawasaki tampil sebagai pelopor dan enggak mau ikut-ikutan yang lain, di India sana justru sebaliknya. Kawasaki datang belakangan dibanding brand Jepang lainnya. Karena  Yamaha sudah duluan mengeluarkan Yamaha FZX 150, kemudian Honda dengan CB350 H’ness-nya, dan begitu banyaknya persaingan produk lokal disana di segmen motor classic.

Dan bukan hal sulit tentunya bagi Kawasaki karena W175 sudah duluan hadir di Asia Tenggara. Tapi, kabar dari India sih motor ini dirakit sendiri oleh Kawasaki India, makanya ada beberapa detail bagian yang beda dengan W175 versi Indonesia.

Jika W175 versi Indonesia masih pakai karburator, maka W175 versi India sudah pakai FI, makanya ada jika dilihat dari bagian mesinnya akan pangling, terutama model knalpotnya yang menggembung besar karena ada catalitic converternya untuk menyesuiakan regulasi gas buang BS6 yang semakin ketat disana.

Perubahan juga terdapat pada panel speedometer dengan tambahan beberapa indicator tapi masih mempertahan model speedo analog dan juga lampu depan bulat, spion bulat, lampu sein dan rem-nya juga serba bulat dengan lampu bohlam yang jadul.

Untuk memperkuat citarasa klasiknya, W175 India juga pakai suspensi belakang ganda, suspensi depan teleskopik pakai pelindung. Dan ada juga perbedaan dari model rear grip yang lebih panjang, ada juga tambahan sari guard dan yang menarik ada tambahan fitur rem Antilock Braking System atau ABS dbagian depan saja, karena rem belakang masih teromol, hehe…

Bagaimana dengan mesinnya? Walaupun pakai Fuel injection tapi ternyata pwerformanya gak terlalu beda signifikan, masih mengusung mesin 177cc 1 silinder SOHC 5 speed berpendingin udara, power maksimumnya hanya didapat di angka9.6 kW {13 PS} / 7,500 rpm dan Torsi Maksimum 13.2 N•m {1.3 kgƒ•m} / 6,000 rpm.

Terakhir, harga Kawasaki W175 Street 2024 pihak Kawasaki India menjualnya dengan harga 135.000 Rupee, atau 12ribu Rupee lebih murah dari versi velg jari-jari yang dibanderol 147.000 Rupee atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 30jutaan. Cukup heran juga, kenapa versi CW atau versi velg racing justru lebih murah ya? hehe… Tapi tentunya  Terbilang lebih murah jika dibandingkan harga Kawasaki W175 2023 di Indonesia, dan perlu diketahui jika arga yang tertera masih dalam kondisi off the road.

Dan W175 2024 Street versi India ini dijual dalam 2 pilihan warna diantaranya warna Candy Emerald Green yang didominasi warna hijau metallic yang unik, dan satu lagi warna abu-abu retro Metallic Moondust Grey.

Kira-kira kapan ya, W175 di Indonesia pakai injeksi dan rem ABS? hehe…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!