Suzuki GSX-S1000GX 2024, Sport Touring Adventure Baru Bermesin 4 Silinder

Warungasep.net – Banyak warganet berharap jika Suzuki menghadirkan produk baru yang selalu mereka inginkan. Dan tentu saja mereka menepatinya, tapi bukan untuk konsumen di tanah air melainkan bagi konsumen di tanah Eropa sana. Tak tanggung-tanggung mereka merilis 2 produk baru, diantaranya sport fairing Suzuki GSX-8R yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya, dan satu lagi Suzuki GSX-S1000GX 2024 yang merupakan moge baru Suzuki bergenre sport adventure touring.

Moge baru Suzuki ini merupakan diversifikasi daripada produk moge naked baru mereka yaitu Suzuki GSX-S1000 dimana mereka juga punya varian lain yakni Suzuki GSX-S1000GT yang memiliki konsep Grand Touring sedangkan GSX-S1000GX lebih mengarah pada varian sport adventure touring. Jika GSX-S1000GT hadir guna menghadang Kawasaki Ninja 1000SX sedangkan GSX-S1000GX ini terjun pada segmen yang cukup banyak pesaingnya, diantaranya Kawasaki Versys 1000, Yamaha Tracer 9 dan BMW S1000XR.

Berbeda dengan V-STrom 1100SX yang bisa dibawa ke dua alam, sepertinya S1000GX ini hanya buat touring di jalan aspal saja, tapi secara desain motor ini memiliki karakteristik yang kuat jiwa petualangnya, diantaranya postur yang tinggi dengan windshield yang juga tinggi, stang yang ergonomis lengkap dengan hand guard serta jok tandem bertumpuk yang pastinya dibikin nyaman buat perjalanan jauh.

Yang jadi pembeda antara S1000GT dengan S1000GX ada pada bagian wajahnya, dimana si GT punya dual headlight projie kiri kanan segaris horizontal serta desain full fairing yang sporti, sedangkan si GX ini menggunakan model half fairing yang menonjolkan mesin 4 silinder yang kekar, headlampnya pun dibuat berbeda yakni menggunakan model dual headlight projie LED bertumpuk vertikal.

Sedangkan untuk fitur-fiturnya kurang lebih sama canggihnya, diantaranya panel speedometer berlayar TFT 6 inch warna yang bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi yang dikembangkan oleh Suzuki yang bisa menampilkan peta navigasi dan beragam entertainmen juga panggilan telepon. Yang canggih dari motor ini adalah pakai suspensi SFF-CA dari SHowa, Juga beragam perangkat adaptif modern seperti SRAS, SVDC, SFRC, SDDC yang kesemuanya fitur patentnya Suzuki.

Ditambah lagi, fitur throttle by wire yang membuat motor ini punya beragam mode riding, lalu sistem kontrol traksi lima mode dan cruise control. Selain alat tersebut, Anda mendapatkan quickshifter dua arah, bantuan RPM rendah untuk membantu mencegah macet dan tombol starter sekali sentuh. Suspensi depan Upside down dari KYB 43 mm dan remnya menggunakan kaliper Brembo monnobloc yang sudah pakai sistem ABS menikung yang canggih.

Untuk spesifikasi mesin GSX-S1000GX ini sama-sama mengusung mesin 999cc 4 silinder DOHC berpendingin cairan dan sudah patuh emisi Euro-5. Power puncak motor ini mencapai 152PS pada 11.000rpm dan torsi 106 Nm pada 9,250rpm. Kapasitas tanki mencapai 19 liter, tinggi jok 845mm dan Bobot motor ini cukup berat mencapai 232 kg, lebuh berat dari saudaranya GSX-S1000GT yang hanya 227kg saja.

Terakhir, harga moge GSX-S1000GX 2023 ini belum diumumkan dan akan dijual di Eropa dalam 3 pilihan warna diantaranya warna biru silver, hitam dan hijau tua.

Nah, jika konsumen di Eropa begitu dimanjakan dengan produk moge baru, lalu kapan nih konsumen di Indonesia juga ikut dimanjakan ya?

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!