9 Motor Ayago 115 – 125cc Dari Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki Dll

Warungasep.net – Sepeda motor jenis cub atau bebek memang enggak dijual di banyak negara jadi bukan salah satu produk global. Sepeda motor bebek bersifat endemik, dimana hanya dijual di kawasan Asia Tenggara, sebagian Eropa dan juga Amerika Latin. Adapun untuk pasar global biasanya masuk ke dalam jajaran produk premium dan ekslusif, dan masuknya bukan lagi diklasifikasikan sebagai cub melainkan skuter, hehe…

Pada umumnya, motor bebek memiliki karakteristik bodi ramping dengan lekukan dibagian tengah yang menutup rangka backbone yang menggendong mesin kecil dengan konfigurasi memanjang horizontal, seperti motor skutik suspensi depan menggunakan model teleskopik biasa, tapi ada juga yang menggunakan model suspensi full seperti layaknya motor sport.

Dan model tersebut jika di Indonesia kalangan masyarakat menyebutnya dengan model bebek Ayago alias Ayam Jago, dengan desain bodi belakang seperti motor bebek pada umumnya, tapi menggunakan model suspensi depan ala motor sport juga dengan batok headlamp yang terpisah.

Bebek ayago ini ada yang bergaya sporti, adventure dan juga classic atau retro. Dan untuk menambah pengetahuan berikut ini saya akan jabarkan 9 model motor bebek Ayago bermesin kecil, antara 11cc hingga 125cc khusus yang dijual di negara-negara Asean atau Asia Tenggara, Merknya pun beragam, bukan cuma Honda, tapi juga ada dari Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan merk yang mungkin tidak anda kenali, hehe… diantaranya :

1. Honda XRM125

Mengusung konsep motor bebek bergaya motor trail, Basic motor ini mirip seperti Honda Supra Bapack alias Honda Supra X125-R yang ada di Indonesia, bedanya motor ini menggunakan suspensi depan panjang, stang lebar lengkap dengan aksesories hand guard seperti motocross, dan yang menarik desain headlamp dan panel speedometer digitalnya mirip seperti Honda CRF150L.

Kaki-kakinya menggunakan velg jari-jari lengkap dengan ban model patern dual purpose, dan motor yang dijual di Filipina ini juga tersedia versi Supermoto dengan nama yang berbeda yakni XRM125 Motard.

Info lebih detail silakan baca : All New Honda XRM125 2021, CRF Versi “Bebek” Rilis di Filipina

2. Suzuki Raider J Crossover

Info detail motor ini silakan baca di : Suzuki Raider J Crossover 2020, “Satria F115” Versi Adventure di Filipina, Harga Rp 18 Jutaan

Mesin yang diusungnya cuma 115cc, basicnya sama seperti Suzuki Smash FI atau juga Shoter, bedanya motor ini bergaya adventure dengan bentuk motor bebek. Hadir di negara Filipina yang tentunya diposisikan sebagai pesaing Honda XRM.

3. Yamaha PG-1

Inilah motor yang viral kemarin, walaupun saat ini hanya di jual di Thailand dan Vietnam saja, tapi tak menutup kemungkinan karena warganet negeri +62 akan motor ini Yamaha Indonesia juga akan memboyong motor ini kesini. Itu juga kalau Yamaha Jepangnya mengijinkan dan mendengar apa yang dimau konsumen disini, hehe…

Yamaha PG-1 memiliki desain yang unik, perpaduan motor trail bergaya klasik tapi dengan teknologi dan fitur-fitur modern. Menggunakan mesin 115cc yang sama dengan Yamaha Vega Force atau disana punya nama lain Yamaha Finn. Impo lengkapnya silakan korek-korek di : Yamaha PG-1 2024, Potensi Laris Kalau Dijual di Indonesia

 

4. Euro Sport R 125

Wah motor apaan nih? Pasti baru denger kan? Euro Motor merupakan pabrikan lokal asal Filipina, atau lebih tepatnya importir motor-motor kloningan asal negeri Tiongkok.Pabrikan ini seperti hobi bikin motor-motor jiplakan, sebelumnya mereka telah mengkloning Honda Sonic dan Supra GTR, dan untuk model ayago 125cc mereka mengkloning produk motor bebek Honda tapi dipadukan dengan headlamp Suzuki Satria F150, hmmm ada ada saja ya, hehe…

 

5. Honda RS125

Masih ingat dengan Honda Sonic 125? Nah, mengusung nama yang sama yakni Honda RS125, model ini menggunakan basic motor bebek 125cc yang sama seperti Honda Wave 125 aka Supra Bapack 125R, bedanya dibagian depannya menggunakan suspensi depan full ala motor sport dan juga batok headlamp terpisah.

Saya sudah jabarkan lebih lengkap di artikel : Honda RS125 2021 Rilis di Filipina, Sonic Bermesin ‘Supra Bapack’

6. Suzuki Satria F115 YoungStar

Motor bebek ayago cilik dari Suzuki yang pernah mengaspal di Indonesia, secara konsep sebenarnya motor ini potensial dimana mengusung motor bebek super irit 115cc dengan desain ala motor ayago, apalagi mengusung nama”Satria” yang legendaris, kesalahan motor ini adalah lahir di waktu yang tidak tepat, karena di periode tahun 2015 kesini pasar motor bebek sudah mulai menurut tersisihkan dengan dominasi motor skutik.

Motor ini sempat bertahan di negeri Filipina, namun setelah saya cek lagi di tahun ini ternyata motor ini juga sudah ikut didiskontinyu.

7. Kawasaki Fury 125

Motor bebek generasi terakhir dari Kawasaki. Sempat dijual di Indonesia dengan mengusung nama Kawasaki Athlete Pro 125, sedangkan di Filipina motor ini mengusung nama Kawasaki Fury 125. Dan beberapa waktu lalu saya masih melihat motor ini terpajang sebagai line up produk Kawasaki yang dijual di Filipina, tapi tahun ini motor ini sudah tidak lagi dijual.

Selamat tinggal bebek Kawasaki, semoga para pengguna motor ini di Indonesia masih bisa mendapatkan sparepartnya ya…

Baca : Kawasaki Fury 125, Ayago Berkopling dari Kawasaki Philipina

Baca : Spesifikasi Mesin Kawasaki Athlete Pro 125…

8. Honda CT125

Disebut motornya Ariel Noah, karena motor ini sempat viral karena dipakai oleh Ariel vocail Noah untuk melakukan aktivitas mudik dari Jakarta ke Bandung. Warganet tentunya terpikat dengan pesona motor bebek trail jadul dari Honda ini, dan setelah googling dan menyadari isi dompetnya terbatas, mereka mengurungkan niat untuk membelinya, hehe…

Yup, motor ini dibanderol dengan harga Rp. 80jutaan, hehe… Info motor ini silakan cek di ; AHM Rilis Honda CT125 Facelift, Apa Yang Berubah?

9. Aveta Ranger Max Explorer

Sebelum muncul Yamaha PG-1, Pabrikan lokal asal Malaysia meluncurkan lebih dulu motor bebek bergaya adventure dengan nama Aveta Ranger Expolrer, konsepnya sama seperti Honda CT125 dengan mengusung desain motor bebek dengan sok depan full ala motor sport dipadukan dengan desain lampu bulat yang klasik tentunya dengan dijejali fitur-fitur modern.

Nah, itulah pembahasan 9 motor bebek Ayago darii 115cc -125cc yang dijual di Asia Tenggara, barang kali ada yang belum di masukan ke list, silakan tulis di kolom komentar ya….

Baca juga segmen artikel “Serba 9” lainnya di :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!