Moge 800cc 4 Silinder, QJMotor GSR800RR… Mau Nyaingin Apa ya?!

Warungasep.net – Perkembangan dunia otomotif dari negeri China begitu pesat, pasar mereka juga begitu luas bahkan mencakup benua Eropa. Pada ajang EICMA MIlan 2023 kemarin, salah satu brand asal China QJMotor memperkenalkan moge baru yang bernama QJMotor GSR800RR 2024, Pendatang baru motor sport bermesin 800cc 4 silinder dengan keunggulan desain, fitur dan pastinya harga yang lebih affordable. Nah, kira-kira moge ini buat nyaingin apa ya?

Sepertinya jangan dulu fokus tentang akan menjadi pesaing apa dan siapa, tapi yang menarik moge QJMotor ini ternyata mengadopsi desain moge-nya Honda. Yupz, Moge baru QJmotor ini menggunakan platform mesin dan sasis yang mirip dengan Honda CBR650RR, entah mereka itu membeli patent-nya Honda atau bagaimana tentunya kita belum tahu, yang jelas sebelum QJMotor, ada produk mocin lainnya yang juga mengadopsi desain patentnya Honda yaitu Jiajue Viselike VSK800, Moge 800cc 4 Silinder Yang Copas CB650R Banget! .

Jika benar, maka bisa dibilang GS800RR ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari mesin CBR. Dimana jika mesin moge-nya Honda hanya 649cc dengan power maksimum diangka 93,8 HP, sedangkan moge QJmotor ini kubikasi mesinnya diperbesar menjadi 778cc 4 silinder segaris yang mampu mencapai tenaga puncak di angka 108 Hp, bahkan pihak QJMotor mengklaim dengan bobot yang mencapai 205 kg, motor ini bisa mencapai kecepatan puncak hingga 220 km per jam. walaahh, mirip dengan topspeed ZX25R dong ya, hehe…

Bukan hanya mesin dan rangka, bahkan dimensinya pun enggak jauh beda dengan CBR650RR, yang beda tentunya desain yang dibuat lebih sporti, kompak dan lebih aerodinamis dengan tambahan winglet dan juga air scoop dibagian tengah front cowl diantara dual headlight LED yang terlihat agresif, sekilas tampang depannya ini mirip seperti BMW S1000RR ya.

Fiturnya pun terbilang lumayan, walaupun belum memiliki sensor elektronik seperti moge kekinian, tapi GS800RR juga sudah memiliki panel meter TFT warna yang bisa terkoneksi dengan smartphone, lampu serba LED, smartkey system, Cornering ABS dengan paket pengereman dari Brembo dan suspensi depan Upside down dari brand Marzochi.

Moge yang memang belum ada nama resmi, dimana media Eropa sana menyebutnya dengan nama QJmotor GSR800RR ada juga yang menyebut GS800RR dan QJmotor SRK800, tapi melihat literasinya varian motor sport QJMotor biasanya diawali dengan nama “Sai”, dan ada kemungkinan nama motor ini di negara asalnya adalah QJmotor Sai 800RR.

Dan yang menarik, QJ GSR800RR ini ternyata masuk ke dalam homologasi untuk diikut sertakan dalam gelaran balap WSSP600 untuk bersaing dengan Ducati Panigale V2, Ninja ZX636, Yamaha R6 dan juga Triumph Street Triple. Motor ini akan ditunggangi pembalap Italia, Raffaele De Rossa dari team QJ Motor Factory Racing, wuiih mantap nih…

QJMotor menjadi pabrikan yang punya line up produk motor sport yang super lengkap. Bahkan sepertinya mau ngalahin Kawasaki nih, hehe… Bayangkan saja, dari mulai 150cc sampai moge 1000cc mereka punya. Buat yang belum tahu, berikut diantaranya.

Line up produk motor sport QJMotor

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!