Beberapa Tips Aman Touring Akhir Tahun Pakai Motor

Touring Honda Bikers Day 2019

Warungasep.net – Sepeda motor bukan hanya digunakan untuk aktivitas berkendara sehari-hari tapi juga bisa juga mendukung kegiatan berkendara jarak jauh keluar kota seperti touring. Dan kegiatan tersebut bisanya dilakukan oleh para bikers untuk mengisi acara libur akhir tahun seperti sekarang ini.

Kegiatan touring dengan melakukan perjalanan jarak jauh biasanya dilakukan sendirian atau solo riding, bersama teman atau keluarga dengan berboncengan tapi akan lebih seru jika dilakukan bersama teman secara berkelompok.

Berbeda dengan kegiatan touring jarak jauh ketika momen mudik Lebaran, touring di akhir tahun biasanya destinasi para bikers adalah ke tempat-tempat wisata seperti pegunungan, pantau atau tempat yang sedang viral sehingga menarik untuk dikunjungi.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang harus dipersiapkan untuk melakukan perjalanan jarak jauh touring libur akhir tahun.

1. Persiapan kendaraan

Melakukan perjalanan atau touring jarak jauh tentunya diharuskan kendaraan yang digunakan harus dalam kondisi baik dan prima, beberapa hal penting yang harus diperhatikan diantaranya :

  • Lakukan pemeriksaan dan service terlebih dahulu

baik motor lawas atau pun sepeda motor dalam kondisi baru disarankan untuk melakukan service dan perbaikan terlebih dahulu, bisa juga melakukan ganti oli atau memeriksa kondisi kelistrikan sepeda motor seperti lampu-lampu, klakson dan kelistrikan lainnya juga memeriksa kondisi ban dan beberapa bagian sparepart jika ada yang harus di ganti.

  • Membawa tools dan suku cadang

Tentunya sebagai upaya pencegahan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mogok atau mengalami kendala di tengah perjalanan. Sebaiknya pengendara membawa beberapa tools atau perangkat yang biasa digunakan untuk perbaikan ringan seperti obeng, tang dan kunci, dan beberapa suku cadang ringan yang mudah dilakukan penggantian saat kondisi darurat.

  • Membawa surat-surat kendaraan

Jangan lupa untuk mempersiapkan kartu identitas dan kelengkapan surat kendaraan seperti SIM (Surat Ijin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) juga untuk membawa barang bawaan secukupnya saja hanya yang diperlukan saat di perjalanan.

2. Persiapan fisik pengendara

Yang paling penting saat melakukan perjalanan touring jarak jauh adalah kondisi pengendara yang harus dalam keadaan sehat dan prima. Jika keadaan tubuh dirasa melemah atau sakit, disarankan untuk tidak melakukan perjalanan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti  potensi terjadinya kecelakaan akibat kelelahan atau sakit.

Untuk mengantisipasinya adalah dengan cara mendapatkan istrirahat dan tidur yang cukup baik sebelum atau sesudah melakukan perjalanan. Dan jangan lupa untuk selalu membawa obat-obatan pribadi yang dibutuhkan selama perjalanan.

Dan jangan lupa untuk membawa perangkat keselamatan berkendara seperti helm, jaket dan sepatu untuk #Cari-aman dan salah satu upaya mengurangi resiko jika terjadi kecelakaan.

3. Persiapan alat komunikasi

Di era modern saat ini alat komunikasi sangat dibutuhkan untuk melakukan perjalanan, apalagi jika jarak tempuh yang sangat jauh. Komunikasi dengan teman atau bikers lain bisa dilakukan dengan beberapa alat, selain handphone seluler, pengendara juga bisa menggunakan radio atau perangkat interkom.

Untuk menjaga perangkat tersebut tetap dalam kondisi menyala dan selalu aktif tanpa kendala, jangan lupa untuk mengisi ulang pulsa atau paket data serta mempersiapkan baterai cadangan atau power bank. Tapi untuk pengguna sepeda motor Honda terbaru tentunya hal tersebut tidak menjadi masalah karena sudah tersedia fitur USB power charger pada unit sepeda motornya sehingga lebih memudahkan dalam aktifitas berkendara.

4. Persiapkan rute dan estimasi biaya perjalanan

Selain sebagai alat komunikasi, perangkat seluler juga bisa digunakan untuk panduan navigasi untuk mengatur rute perjalanan. Sebelum memulai, disarankan untuk mempersiapkan dan memilih rute tercepat dan yang paling mudah dijangkau untuk mengantisipasi kemacetan atau kendala lainnya.

Apalagi di momen akhir tahun seperti sekarang ini, jalur akses menuju lokasi tempat wisata biasanya akan padat dibanding hari-hari biasa. Menggunakan teknologi seperti GPS pada smartphone biasa membantu untuk mencari dan memilih rute yang aman.

Dan karena perjalanan jarak jauh memerlukan biaya baik untuk biaya makan, penginapan, pembelian bahan bakar dan keperluan lainnya. Untuk itu lakukan perencanaan yang matang sebelum memulai perjalanan, persiapkan uang tunai dan non tunai untuk memudahkan dalam melakukan perjalanan selama di perjalanan

Harus diperhatikan juga karena perjalanan di area pelosok tidak seperti di daerah perkotaan dimana tempat pengisian bahan bakar atau SPBU sangat jarang ditemui, untuk itu jangan lupa untuk selalu memastikan kondisi tangki bahan bakar dalam kondisi penuh.

Yang paling penting saat melakukan perjalanan jarak jauh adalah selalu gunakan perangkat keselamatan berkendara, patuhi rambu-rambu lalu lintas, menjaga kecepatan, lakukan etika berkendara yang baik dan selalu menghormati pengendara yang lain untuk selalu berkendara yang aman dan selamat sampai tujuan.

 

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!